Maksimalkan Penggunaan Kartu Kredit dengan Fasilitas Point Reward

Kehadiran kartu kredit memang memanjakan para penggunanya. Banyak keuntungan dari kartu kredit yang bisa didapatkan. Pertama, Anda tidak harus membayar secara tunai, dan juga tidak harus membawa uang cash yang banyak di dalam dompet. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas menguntungkan dari transaksi penggunaan kartu kredit.

Kini, bank penerbit kartu kredit gencar menawarkan promo-promo spesial seperti cashback, diskon dan reward yang menguntungkan bagi nasabah saat bertansaksi dengan kartu kredit. Salah satu penawaran tersebut adalah adanya reward.

Pengertian Reward Kartu kredit

Reward pada kartu kredit seperti hadiah dari bank yang tidak memerlukan undian untuk mendapatkannya. Reward dihitung berdasarkan poin, jadi Anda harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya guna ditukarkan dengan berbagai hadiah yang ditawarkan bank.

Cara mendapatkan poin reward ini adalah melakukan transaksi dengan kartu kredit. Contohnya, setiap transaksi sejumlah Rp1.000 akan didapatkan 1 poin reward, jika Anda berbelanja sejumlah Rp500.000, maka Anda akan mendapat 500 poin reward. Jumlah besaran transaksi untuk mendapat 1 poinnya berbeda pada setiap bank.

Sayangnya, masih banyak pengguna kartu kredit yang cuek terhadap poin reward yang mereka miliki. Bagi Anda yang tertarik terhadap program reward kartu kredit dan ingin mendapatkan keuntungannya, simak beberapa tips berikut

Cara memaksimalkan penggunaan reward kartu kredit:

1. Pilih Kartu Kredit yang Tepat

kartu kredit

kartu kredit via shutterstock.com

 

Hal yang pertama dilakukan untuk mendapatkan reward dari kredit tentu saja Anda harus memiliki kartu kredit terlebih dulu. Bagi yang belum memiliki kartu kredit, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu kartu kredit mana yang menawarkan keuntungan sesuai dengan kebutuhan. Artinya Anda harus cermat dalam menentukan pilihan kartu kredit. Caranya lakukan perbandingan antara kartu kredit bank A dengan bank B, baca dan cermati fasilitas kartu kredit yang ditawarkan dan seberapa banyak keuntungan yang dapat dinikmati.

Perlu diketahui, penawaran dari reward kartu kredit bermacam-macam. Ada bank yang menawarkan, potongan diskon untuk berbelanja online dan offline di tempat-tempat tertentu, cashback, barang elektronik, paket travelling dan lain sebagainya. Sebagai contoh, bagi Anda yang memiliki hobi jalan-jalan, maka Anda dapat memilih kartu kredit yang rewardnya menawarkan diskon untuk tiket perjalanan, penginapan, kuliner hingga belanja di berbagai tempat.

Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit Pertama Anda

2. Jangan Terlalu Bernafsu dalam Mengejar Poin Reward

Setelah memiliki kartu kredit, tentu Anda sudah tidak bersabar untuk berburu poin reward. Tapi, tunggu dulu, jangan terlalu berlebihan dalam mengumpulkannya. Dikhawatirkan, bukannya mendapat banyak keuntungan dari poin reward yang terkumpul, justru malah mendapatkan kerugian. Hal ini disebabkan karena semakin banyak poin yang terkumpul, maka semakin banyak juga transaksi yang dilakukan.

Artinya, hindari transaksi-transaksi yang tidak diperlukan demi mengumpulkan poin, walaupun nanti poin reward semakin banyak, namun pengeluaran tidak terkendali. Hal ini bisa menimbulkan perilaku konsumtif pada pengguna kartu kredit yang berdampak merugikan diri sendiri karena banyak cicilan.

3. Segera Tukarkan Point Reward

point reward

bintang via blogspot.com

 

Apabila poin reward sudah terkumpul banyak dan jumlah poin yang ingin ditukarkan sudah cukup, maka segera tukarkan poin reward Anda untuk hadiah yang ditawarkan bank penerbit kartu kredit Anda. Jangan menunda-nunda sampai poin terkumpul lebih banyak lagi. Hal ini penting dilakukan karena setiap poin reward pada kartu kredit mempunyai batas masa kadaluarsa. Jangan sampai Anda belum sempat menikmati reward, poin reward sudah hangus dan harus mengumpulkan poin reward dari awal lagi.

Ketahui, masa kadaluarsa pada kartu kredit beragam tergantung dari kebijakan bank penerbit kartu kredit. Ada poin reward yang berlaku selama 6 bulan dan ada juga yang berlaku selama 1 tahun. Pada umumnya batas kadaluarsa poin reward dapat dilihat dari lembaran laporan tagihan bulanan kartu kredit.

4. Cari yang Menawarkan Cashback

Bagi Anda yang hobi berbelanja, coba datangi merchant-merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit. Biasanya merchant tersebut memberikan promo berupa cashback untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Untuk mengetahui merchant mana saja yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit, dapat langsung mengubungi call centre atau mengirimkan email guna menanyakan perihal daftar merchant yang bekerja sama dengan bank tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memantau merchant mana saja yang sedang memberikan promo cashback dari situs pemberi informasi semisal Cermati.com.

Di Cermati.com Anda bisa menemukan banyak promo cashback. Sepeti pada Bukopin MasterCard Platinum yang memberikan cashback hingga 10% untuk bermacam-macam transaksi. Mulai dari Overseas, E-Commerce, Hotel, Weekend Department Store, Supermarket sampai SPBU. Atau juga Anda dapat menggunakan kartu kredit Citi Cash Back yang menawarkan cashback hingga 5% untuk transaksi ritel ataupun melalui Citibank 1Bill.

Baca Juga: Kartu Kredit Cashback: Ini Untung dan Ruginya

5. Pilih Beberapa Pembayaran Otomatis

tv cable

tv kabel via alluremedia.com

 

Untuk hal ini, Anda tidak perlu repot-repot untuk berbelanja guna mendapatkan poin reward. Berbagai vendor menawarkan pembayaran otomatis yang dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan poin, contohnya pembayaran TV kabel, listrik, asuransi, layanan music streaming dan lain sebagainya. Poin pun akan bertambah setiap bulannya secara otomatis.

Namun, harus diperhatikan juga tidak semua pembayaran otomatis memberikan poin, cek ke bank penerbit kartu kredit, pembayaran otomatis mana saja yang memberikan poin. Caranya sama bisa menghubungi bank via telepon atau mengirim email. Selain itu, pengecekan memang sangat diperlukan untuk menghindari adanya pembayaran ganda yang merugikan.

6. Traktir Teman-teman

Jika sering hangout bersama teman-teman, coba mulai dari sekarang gunakan kartu kredit Anda untuk membayar semua tagihan teman-teman dengan maksud menalangi pembayaran mereka. Contohnya, saat makan bersama teman-teman di sebuah restoran, maka mintalah teman-teman untuk membayar cash ke Anda, kemudian gunakan kartu kredit untuk membayar tagihan mereka.

Dengan begitu poin reward pun akan semakin terkumpul. Apalagi ada kartu kredit yang menawarkan poin reward tambahan untuk pembayaran dalam kategori dining, contohnya Citi Rewards Card yang memberikan tambahan 2 poin untuk transaksi pada weekday dan 3 poin untuk weekend dan BCA MasterCard Platinum yang memberikan promo Buy 3 get 4 Buffet di SATOO (lunch & dinner buffet), Shang Palace, Rosso, dan Lobby Lounge setiap hari Rabu.

7. Hindari Tunggakan

tunggakan kredit

beban tunggakan via shutterstock.com

 

Dari semua hal yang sudah dilakukan untuk mengumpulkan poin reward, sebaiknya Anda menghindari tunggakan pembayaran cicilan. Hal ini dilakukan agar tidak menumpuknya bunga pada tagihan. Sebab, percuma saja jika poin reward terkumpul banyak tapi bunga juga, artinya Anda merugi. Sebagai ilustrasi, Anda mendapat potongan harga Rp500.000 hasil dari penukaran poin reward, namun pada bulan sebelumnya terdapat tunggakan sebesar Rp600.000, bukannya untung malah buntung.

Baca Juga: 10 Keuntungan Utama Memiliki Kartu Kredit

Jangan Abaikan Point Reward Kartu Kredit Anda

Cara mengumpulkan poin reward terbilang mudah, Anda hanya perlu melakukan transaksi menggunakan kartu kredit dan poin pun bertambah. Bijaklah saat bertransaksi dengan kartu kredit,  tentu saja dengan penggunaan dalam batas wajar. Nikmati beragam fasilitas yang ditawarkan dan segala keuntungan poin reward. Masih mau cuek sama poin reward? Pikir dulu dua kali!