Manfaat Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Mobil baru dan bekas tentu memiliki perbedaan yang mencolok. Entah itu dari segi harga, performa, dan kenyamanan yang ditawarkan saat berkendara. Meskipun berbeda, minat masyarakat untuk membeli mobil bekas tetap tinggi. 

Agar berkendara semakin aman, masyarakat tak lupa untuk mengasuransikan mobil miliknya kepada perusahaan asuransi kepercayaan. Salah satu produk asuransi pilihan masyarakat, yaitu Total Loss Only (TLO). 

Apa itu TLO dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi ini? Berikut penjelasannya.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

Apa Itu Asuransi TLO?

Seperti namanya, tipe asuransi ini dapat diklaim apabila mobil yang diasuransikan hilang total. Bukan hanya hilang karena dicuri, tapi juga karena kerusakan parah yang persentasenya mencapai 75%. 

Sebab pada presentasi ini, mobil bisa dikatakan tidak dapat digunakan lagi meskipun sudah diperbaiki. Selain itu, biaya perbaikan mobilnya juga mahal karena banyaknya sparepart yang harus diganti.

Daripada diperbaiki, rata-rata pemilik kendaraan memilih untuk membeli mobil baru. Apabila mobilnya masih dalam tahap cicilan, maka biaya ganti rugi kerusakan yang diberikan pihak asuransi biasanya dimanfaatkan untuk melunasi sisa cicilan. Sedangkan sisanya untuk bayar DP mobil baru.

Manfaat Asuransi TLO

Seperti produk asuransi pada umumnya, asuransi mobil TLO memiliki beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh para pemilik kendaraan yang menggunakan produk asuransi jenis TLO. Berikut beberapa diantaranya:

1. Ada proteksi apabila mobil dicuri

loader

Tidak ada satu orang pun yang ingin mobil kesayangannya dicuri meskipun akan digantikan dengan mobil baru. Tapi namanya kemalangan, dapat terjadi kapan saja tanpa memandang orangnya. Dengan asuransi TLO sendiri, Anda tidak perlu takut apabila sewaktu-waktu mobil raib dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk pengajuan klaim hilang, perlu dilampirkan beberapa bukti pendukung, seperti rekaman adegan melalui CCTV. Bukti ini juga yang bisa dibawa ke kantor polisi agar kasus pencurian dapat diselesaikan lewat jalur hukum. 

Rekaman tersebut membantu pihak kepolisian untuk menemukan pelaku pencurian. Kalau berhasil tertangkap, maka pencuri akan mendapat ganjaran yang setimpal.

Baca Juga:  Pilih Asuransi Kendaraan Online dengan 4 Tips Ini agar Tak Kecewa

2. Pengeluaran untuk perbaikan berkurang

loader

Biaya perbaikan mobil berkali-kali lipat lebih mahal dibandingkan sepeda motor. Dompet bisa terkuras dalam waktu singkat hanya untuk memperbaiki bagian yang rusak. Namun dengan asuransi, beban pengeluaran yang ditanggung setidaknya lebih murah. 

Maka dari itu, asuransikan kendaraan Anda sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Sebagai bentuk jaga-jaga saja. Kalaupun tidak ada kecelakaan atau kerusakaan dalam waktu 1-2 tahun, setidaknya asuransi membuat Anda merasa lebih nyaman.

3. Jumlah premi lebih murah

loader

Premi asuransi mobil yang dibayarkan sekitar 0,8% sampai 1,02%. Jauh lebih murah dibandingkan asuransi all risk yang biayanya mencapai 2,25% dari harga jual mobil di pasaran. Asuransi TLO memungkinkan Anda untuk berhemat sekitar 1,23% per tahun.

Sebagai contoh, anggaplah harga mobil Rp 150 juta dengan premi asuransi 1%. Berarti Anda perlu membayar sebesar Rp 150.000 per tahun. 

Bukan jumlah yang terlalu material untuk melindungi mobil Anda, bukan? Sedangkan besarnya biaya yang di-cover oleh pihak asuransi biasanya lebih besar dari premi tahunannya.

Baca Juga: Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia dan Tips Memilihnya

4. Manfaatnya dapat diperluas

loader

Ingin menambahkan perlindungan pada mobil kesayangan? Tenang, asuransi TLO memungkinkan Anda untuk menambah perluasan, seperti perlindungan untuk bencana bencana alam, huru-hara, dan lain sebagainya. Tentunya dengan biaya yang terjangkau, yaitu 0,05% sampai 0,13& per tahun.

Bahkan Anda diperbolehkan mengganti tipe asuransi mobil menjadi all risk kalau memang dibutuhkan. Cukup isi formulir dan lengkapi berkas yang diberikan, sehingga manfaat perlindungan untuk mobil menjadi lebih luas.

Sebelum memperluas manfaatnya, sebaiknya cermati syarat dan ketentuan dari pihak asuransi. Kalau ada yang ingin ditanyakan, langsung tanya kepada petugas asuransi agar informasi yang diterima tidak bersalahan.

5. Memberi rasa lega dan aman saat berkendara

loader

Memfasilitasi mobil dengan asuransi pastinya memberikan rasa lega dan kenyamanan ekstra saat berkendara. Anda tidak perlu takut kalau sewaktu-waktu kendaraan rusak akibat ditabrak pengendara lain. Sebab, biaya perbaikannya akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Memang tidak semua di-cover, tapi setidaknya sejumlah uang yang diberikan pihak asuransi cukup membantu. Apalagi kalau ditambah biaya ganti rugi dari pengendara yang menabrak kendaraan.

6. Perencanaan keuangan semakin teratur

loader

Dengan asuransi TLO, keuangan dipastikan jauh lebih tertata rapi dibandingkan sebelum mengasuransikan mobil. Pasalnya kini pengeluaran yang berkaitan dengan mobil bukan sepenuhnya menjadi beban pribadi, tapi juga perusahaan asuransi.

Uang yang seharusnya digunakan untuk memperbaiki mobil dapat dialihkan pada kebutuhan lain. Alhasil, semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik di waktu yang tepat.

Cermati Syarat dan Ketentuan Asuransi Mobil

Asuransi pada umumnya memberikan sejumlah manfaat pada barang yang diasuransikan. Namun, alangkah baiknya agar Anda tetap cermat memilih produk asuransi yang dibutuhkan oleh kendaraan. Cermat juga dalam memahami syarat dan ketentuan klaim asuransi agar proses pengajuan nantinya dapat berjalan lancar.

Baca Juga:  Tertarik Memindahkan Nama Asuransi Mobil? Cek 6 Hal Ini Dulu Ya!