Manfaat Ekonomis Kartu Kredit Bagi Generasi Millenial

Sejak smartphone begitu masif penggunaannya, gaya hidup perlahan-lahan mengalami perubahan. Yang jelas tampak adalah gaya hidup yang ditampilkan generasi millenial. Generasi yang rata-rata berusia 20-30-an ini dalam kesehariannya tak jauh-jauh dari pemakaian smartphone. Mulai dari urusan komunikasi, belanja, update informasi, hingga mendapatkan transportasi.

Berbeda dengan pendahulunya, generasi millenial memang dikenal sebagai generasi yang penuh rasa percaya diri, optimistis, ekspresif, bebas, dan menyukai tantangan. Mereka terbuka terhadap hal-hal baru (open to change), cenderung ingin tampil beda (fashionable), dan fasih dalam pemakaian teknologi (tech savvy). Generasi ini selalu mengejar efisiensi dalam hal-hal yang dilakukannya.

Termasuk dalam urusan transaksi, generasi millenial betul-betul memanfaatkan inovasi pembayaran tanpa uang tunai (cashless). Penggunaan debit, uang elektronik (e-money), terutama kartu kredit makin meningkat jumlahnya belakangan ini. Sebagai gambaran, jumlah kartu kredit yang beredar tahun 2009 menurut Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) sebanyak 12.259.295 kartu. Pada April 2016, jumlahnya melonjak menjadi 16.896.126 kartu.

Itu artinya ada pertambahan yang cukup signifikan dari penggunaan kartu kredit. Bertambahnya angka pengguna kartu kredit, salah satunya disumbang generasi millenial. Sebenarnya, apa saja manfaat ekonomis yang didapat generasi millenial dari penggunaan kartu kredit?

Baca Juga: 6 Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

1. Dengan Kartu Kredit, Belanja Online Bisa Dilakukan lewat Cicilan

Belanja Online

Transaksi Pembayaran Belanja Online dengan Kartu Kredit via shutterstock.com

 

Sudah umum kiranya kalau generasi millenial lebih suka belanja secara online ketimbang datang langsung ke toko atau pasar. Wajar jika generasi ini memiliki kecenderungan seperti itu. Selain efisiensi, toko online atau e-commerce biasanya memberikan banyak penawaran yang menarik.

Dari harga, diskon, ongkos kirim (tak jarang gratis ongkos kirim), hingga promo sering ditawarkan. Tentu saja hal tersebut mustahil ditemukan di toko offline. Selain keuntungan-keuntungan tersebut, khusus yang suka belanja dengan kartu kredit akan menerima tambahan keuntungan, yaitu bisa memanfaatkan fitur cicilan.

Nah, disediakannya fitur cicilan ini dilihat sebagai peluang. Tak usah pusing-pusing lagi memikirkan bagaimana mendapatkan uang dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang singkat. Cukup gunakan kartu kredit maka membayar dengan mencicil segera bisa dilakukan. Bagi generasi millenilal, ini benar-benar membantu mereka untuk memiliki barang-barang terkini yang mereka mau.

2. Kartu Kredit Memberi Banyak Keuntungan bagi yang Suka Travelling

Jalan-Jalan Hemat

Ada Promo dari Kartu Kredit bagi Yang Suka Travelling via shutterstock.com

 

Keberadaan media sosial di samping sebagai ajang narsistik juga menjadi tempat saling sharing informasi. Rata-rata yang ingin ditunjukkan generasi millenial ini dibagikan dalam bentuk foto atau gambar. Makanya dari banyaknya media sosial yang ada, Facebook dan Instagram yang paling ramai penggunanya.

Kebanyakan foto yang mereka posting adalah cantiknya panorama atau pengalaman menarik selama travelling. Di sinilah kemudian posting-an dari satu orang memotivasi yang lainnya untuk travelling dan kemudian di-posting di media sosial masing-masing. Kini kegiatan travelling sepertinya sudah menjadi salah satu tren yang tak lepas dari generasi millenial.

Di balik nikmatnya travelling, ternyata ada biaya yang mesti dikeluarkan dan jumlahnya cukup besar. Tapi tenang, biaya-biaya pengeluaran travelling bisa diminimalkan kok. Kalau Anda mempunyai kartu kredit BCA, Anda berkesempatan mendapat diskon hingga 12% dengan memesan hotel di pegipegi.com. Penawaran yang menguntungkan, bukan?

3. Nonton Konser Musik Lebih Untung dengan Kartu Kredit

generasi millenial

Hemat Beli Tiket Konser Musik dengan Kartu Kredit via shutterstock.com

 

Salah satu yang digemari generasi millenial adalah musik. Menurut hasil studi yang dilakukan, generasi millenial mendengarkan musik lebih sering daripada generasi sebelumnya. Saking favoritnya dengan musik, topik pembicaraan mereka pun tak jauh-jauh dari musik. Bahkan, ada yang tiap pekan waktunya dihabiskan untuk menonton konser musik.

Padahal, tiket konser musik umumnya jarang ada yang dijual dengan harga murah. Untungnya kartu kredit suka memberikan promo dan ini tak dilewatkan begitu saja oleh generasi millenial. Bagi yang menggunakan kartu kredit BCA, Anda dapat menikmati live music di Motion Blue dengan menghemat 10% untuk tiket yang dibeli.

4. Minum Kopi Lebih Hemat dengan Kartu Kredit

Generasi Millenial Minum Kopi

Bayar Kopi dengan Kartu Kredit Banyak Untungnya via shutterstock.com

 

Tak Cuma suka travelling dan musik, generasi millenial juga dikenal suka sekali menyeruput kopi. Bahkan, generasi ini terbilang tinggi tingkat konsumsinya terhadap kopi. Karena itu, bukan tanpa sebab kalau banyak gerai kopi yang bermunculan dan menjadi tempat berkumpul generasi millenial.

Karena sukanya generasi ini pada kopi, sampai-sampai biaya yang mereka keluarkan lebih banyak untuk kopi. Nah, bagi Anda generasi millenial yang cinta dengan kopi, tawaran dari Bank BNI patut dicoba. Hanya dengan menggunakan kartu kredit BNI, menyeruput hangatnya kopi di Excelso Cafe bisa hemat 30%.

5. Belanja Perlengkapan Olahraga dengan Kartu Kredit Dapat Diskon

Perlengkapan Olahraga Murah

Belanja Perlengkapan Olahraga via shutterstock.com

 

Belakangan ini generasi millenial makin aktif dalam berolahraga. Hal ini tentunya merupakan nilai yang positif karena generasi ini sadar akan pentingnya kesehatan. Fenomena ini kemudian menjadi tren kekinian yang diikuti tak hanya oleh generasi millenial, tapi banyak orang.

Bukan sekadar ingin sehat, kegiatan olahraga dimanfaatkan sebagai momen untuk menunjukkan perlengkapan olahraga terkini yang mereka pakai. Bagi Anda yang menginginkan produk-produk terkenal dari Nike dengan harga terjangkau, menggunakan kartu kredit Bank Mega merupakan pilihan yang tepat. Diskon 70% +20% berhak Anda dapatkan dari kartu kredit Bank Mega untuk pembelanjaan produk-produk Nike.

6. Membayar di Gerai Makanan dengan Kartu Kredit Dapat Potongan Harga

Promo Pizza

Membayar Pizza via shutterstock.com

 

Siapakah yang paling sering dan banyak memakan makanan cepat saji di gerai makanan? Jawabannya adalah generasi millenial. Generasi ini tidak hanya menghabiskan waktu di gerai kopi, tetapi juga di gerai makanan. Sajian semisal pizza, cake, atau burger merupakan sajian favorit generasi ini. Bagi Anda generasi millenial yang menyukai pizza, promo kartu kredit BRI sangat pas untuk Anda. Rasakan kelezatan Super Supreme Beef dan Meat Lovers ukuran large dari Pizza Hut dengan potongan harga 15%.

Baca Juga: Manfaat Kartu Kredit: Bagaimana Cara Memaksimalkannya?

Segera Dapatkan dan Nikmati Keuntungannya

Sudah tahukan sekarang kenapa kartu kredit memberi manfaat ekonomis bagi generasi millenial? Memenuhi gaya hidup terkadang menghabiskan banyak biaya. Tapi, lewat penggunaan kartu kredit, ternyata biaya-biaya tersebut bisa ditekan. Penyedia kartu kredit tak pernah absen dalam memberikan promo, bonus, diskon, reward, ataupun cashback bagi penggunannya. Jadi, segera dapatkan kartu kredit pilihan Anda dan nikmati keuntungannya.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Kartu Kredit Bagi Pemula