Manfaat Kartu Kredit: Bagaimana Cara Memaksimalkannya?

Siapa tidak mengenal kartu kredit? Di zaman modern seperti sekarang ini, kemudahan dalam bertransaksi sudah sangat dipermudah. Cukup dengan sebuah kartu kredit, Anda tidak memerlukan lagi dompet tebal yang berisi banyak uang. Selain lebih praktis, kartu kredit juga terbukti lebih aman. Tentunya jika Anda menggunakannya dengan bijaksana. Tidak hanya kemudahan, kartu kredit juga menawarkan berbagai macam manfaat yang menggiurkan seperti diskon produk, point reward, atau bonus cashback yang dapat Anda peroleh. Namun, meski menggiurkan banyak orang yang masih enggan atau bahkan tidak tahu cara memaksimalkan manfaat kartu kredit yang dimilikinya.

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda ikuti :

1. Pilih Kartu Kredit 

  Kartu Kredit

Kartu Kredit via earlyretirementahead.com

 

Hal pertama untuk memaksimalkan manfaat kartu kredit Anda adalah menentukan kartu kredit yang sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan Anda. Anda perlu memerhatikan batas kartu kredit dan tentu reputasi bank penyedia kartu kredit. Pastikan bank yang Anda pilih mempunyai program point reward dan cashback. Sebelum mengajukan aplikasi kartu kredit, lihat terlebih dahulu fitur utama pada kartu tersebut. Beberapa kartu kredit ada yang mengutamakan poin atau ileage reward dan cashback sebagai daya tarik kartu kredit tersebut

Jika Anda suka travelling, pilih kartu kredit yang menawarkan banyak hadiah sesuai hobi Anda tersebut, misalnya Standard Chartered WordMiles. Selain itu, jika Anda rajin belanja setiap bulan, Anda bisa memilih Permata Hero Card karena memberikan point reward setiap kali belanja. Jika mengincar cashback, pilih produk yang sesuai, seperti Citi Cashback dan Sinarmas Cashback. Dua kartu kredit itu menawarkan cashback besar dan juga bekerja sama dengan banyak merchant. Pemilihan jenis kartu kredit ini penting, karena dengan memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda, secara otomatis Anda bisa memanfaatkan fitur kartu tersebut secara maksimal.

Baca Juga: Apply Kartu Kredit Online: Apa yang Harus Diperhatikan?

2. Cari Yang Memiliki Cashback

CashBack

Cari Yang Memiliki Cash Back via journalthis.danoah.com 

 

Bagi yang memakai kartu kredit cashback, cari merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu itu. Biasanya situs bank memuat daftar merchant yang menawarkan cashback lewat penggunaan kartu kreditnya. Anda juga bisa mengirim e-mail ke agen kartu kredit yang melayani Anda ketika mengajukan aplikasi untuk menanyakan daftar merchant itu. Selain itu, Anda bisa mengecek situs pemberi informasi diskon atau promo kartu kredit yang banyak di internet. Setelah mendapat daftar tersebut, prioritaskan transaksi pakai kartu kredit di merchant-merchant tersebut untuk mendapatkan banyak cashback.

3. Gunakan Kartu Kredit Setiap Kali Belanja

Gunakan Kartu Kredit Saat Belanja

Gunakan Kartu Kredit Saat Belanaja via easiestcreditcard.net

 

Ketika Anda membeli berbagai macam bahan makanan di supermarket, makan malam, membeli gadget, membeli baju, dan lain sebagainya, gunakanlah kartu kredit. Hal itu akan sangat berpengaruh untuk mendapatkan point reward atau cashback. Untuk itu, Anda perlu siap sedia menggunakan kartu kredit sebagai kartu pembayaran belanja Anda. Untuk lebih detailnya, carilah merchant dan toko yang menyediakan promo reward cashback.

Untuk menggunakan cara ini, Anda harus sering mencari informasi tentang program reward kartu kredit yang Anda pakai melalui website. Anda juga bisa menghubungi costumer service untuk lebih mudahnya. Ingat kembali bahwa untuk membeli apa pun, gunakanlah kartu kredit. Namun, jangan berlebihan yaa.

4. Belanja Mengunakan Kartu Kredit Dengan Nilai Besar

  Gunakan Kartu Kredit Dengan Nilai Besar

Gunakan Kartu Kredit Dengan Nilai Besar via teropongbisnis.com

 

Belanja dengan nilai besar, seperti membeli gadget, barang elektronik rumah tangga, atau perkakas rumah tangga. Namun sebelum Anda membelanjakan uang Anda dengan kartu kredit, pastikan bahwa tempat Anda membeli barang memberikan program reward cashback. Biasanya, untuk barang-barang tersebut, banyak program cashback dengan nominal yang cukup besar hingga mencapai 25 persen dari total belanja Anda.

5. Bayar Cicilan Dengan Kartu Kredit

  Bayar Dengan Kartu Kredit

Bayar Cicilan Dengan Kartu Kredit

 

Setiap bulan, Anda tentu punya alokasi pengeluaran untuk membayar cicilan, seperti rumah, mobil, apartemen, dan sebagainya. Gunakan kartu kredit Anda untuk membayar cicilan. Anda akan sangat beruntung jika ada program reward cashback untuk pembayaran cicilan bulanan. Sejumlah vendor menawarkan pembayaran tagihan rutin secara otomatis lewat kartu kredit, seperti fitness center, perusahaan asuransi, dan TV kabel. Kita bisa memanfaatkan penawaran ini untuk mengumpulkan poin reward.

Memang tidak semua pembayaran tagihan itu memberikan poin. Cek ke bank penerbit kartu kredit Anda untuk memastikan tagihan mana saja yang memberikan poin. Namun, setelah mengatur pembayaran otomatis, Anda wajib mengecek tagihan per bulan dengan teliti. Sebab bisa-bisa ada penagihan ganda atau nominal yang salah.

 

6. Tawarkan Teman Untuk Menggunakan Kartu Kredit Anda

  Tawarkan Teman Kartu Kredit

Tawari Teman Untuk Menggunakan Kartu Kredit Anda  via adminblog.pinjam.co.id

 

Jika Anda merencanakan liburan bersama teman-teman, tawarkan diri Anda untuk membayar tiket pesawat, travel, dan hotel dengan kartu kredit Anda. Anda cukup meminta teman Anda bisa membayarnya secara tunai. Hal ini karena salah satu jenis program reward cashback untuk kartu kredit terbanyak adalah untuk jenis belanja tiket pesawat dan hotel. Namun, bukan berarti Anda benar-benar Anda membayar kebutuhan teman-teman Anda. Hal ini berarti Anda sementara memberikan hutang saja. Tujuannya tetap untuk memaksimalkan reward kartu kredit Anda.

Selain itu, Anda juga dapat membayar tagihan makan saat Anda berkumpul makan malam bersama. Biarkan teman Anda membayar dengan uang tunai, daripada harus ribet membayar di kasir. Semaikin banyak Anda melakuan transaksi, semakin banyak pula poin yang Anda peroleh.

 

7. Tukar Poin Segera

  Tukar Poin Anda

Dapat Berbaga Bonus Dari Penukaran Poin via blogspot.com

 

Hati-hati jika Anda memiliki poin. Poin yang terlalu lama menumpuk khawatir hangus atau kedaluwarsa karena berbagai sebab. Beberapa diantaranya, karena tagihan kartu kredit menunggak berbulan-bulan atau memang bank menentukan jangka waktu penukaran poin tersebut. Oleh karena  itu, segera tukarkan poin atau mileage kepada Bank meski sebenarnya ada target hadiah yang kita incar dengan jumlah poin tertentu. Misalnya, Anda mengejar hadiah iPhone terbaru dengan syarat penukaran poin 2000.

Poin yang Anda miliki masih 500, sementara jangka waktu penukaran poin tinggal 2-3 bulan, alangkah lebih baik jika Anda segera menggunakan sebelum batas waktu penukaran poin. Anda bisa menukarkan dengan hadiah lain, jangan terlalu terobsesi mendapatkan hadiah utama. Hal terpenting, poin itu jangan sampai hangus dan jagan sampai terjerat utang kartu kredit hanya karena mengejar poin tersebut. Jadi ingat juga untuk melihat tanggal kedaluarsa penukaran poin dari bank.

8. Hindari Tunggakan

  Tunggakan Kartu Kredit

Hindari Tunggakan Kartu Kredit via mykartukredit.com

 

Dengan alasan apa pun, sebisa mungkin hindari menunggak tagihan kartu kredit. Bahkan membayar tagihan minimal pun tidak direkomendasikan  Hal itu karena ada bunga yang dibebankan kepada Anda jika menunggak. Adanya beban tambahan ini akan membuat reward terbuang sia-sia. Sebab, nilai poin atau cashback yang dikumpulkan mungkin habis untuk menutup bunga tersebut, bahkan bisa jadi malah tidak cukup.

Salah satu contohnya jika Anda menunggak Rp500.000 di bulan ini. Di bulan berikutnya, tunggakan itu akan dibebankan ke tagihan plus bunganya. Jadi, jika misalnya Anda membeli barang dengan cashback Rp500.000, sama saja bohong. Uang cashback itu jadi tidak ada artinya. Malah Anda rugi karena harus membayar bunga tunggakan tersebut.

 

9. Tak Perlu Mengejar Reward Berlebihan

  Kejar Reward

Tidak Perlu Kejar Reward Berlebihan via in.benefits-rewards.sodexo.com

 

Hal ini adalah catatan penting bagi setiap pemegang kartu kredit bahwa tidak perlu mengejar reward secara berlebihan. Walau kita berfokus pada jenis reward kartu tersebut, bukan berarti kita harus mengejar reward itu tanpa memikirkan risiko. Salah satu contohnya, demi mengejar poin untuk ditukarkan dengan iPhone terbaru malah belanja gila-gilaan. Bahkan yang dulunya belanja sekali tiap bulan jadi dua sampai tiga kali sebulan. Santai aja dalam mengejar poin, beli yang sekiranya memang perlu dibeli.

Sebab kalau ambisius ngejar poin, bukannya untung, malah bisa buntung karena pengeluaran bertambah. Ingat, memakai kartu kredit itu berarti Anda berhutang kepada bank. Kalau tidak sanggup melunasi, Anda harus siap-siap kena risikonya, seperti masuk daftar hitam Bank Indonesia. Hal tersebut akan mempersulit Anda untuk melakukan berbagai transaksi ke depannya.

Baca juga: 5 Kartu Kredit Belanja Supermarket Terbaik

Ikuti Aturan Main Yang Berlaku

Ingatlah terus untuk mengikuti aturan main tentang penggunaan kartu kredit, khususnya  syarat dan ketentuan reward yang akan Anda dapatkan. Hal ini perlu agar kita bisa merasakan manfaat kartu kredit secara maksimal.

Nah bagi Anda yang berencana untuk mengajukan kartu kredit. Coba bandingkan dulu di sini. Temukan kartu kredit yang dibutuhkan dan ajukan secara online.

Baca juga: 5 Kartu Kredit Promo Dining Restoran Terbaik