Manfaat Membayar Angsuran Kendaraan Tepat Waktu

Masih banyak orang menganggap sepele masalah pembayaran angsuran kendaraan secara tepat waktu, padahal ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan secara langsung apabila mereka melakukannya. Jika saat ini Anda tengah mengalami masa kredit motor atau mobil, alangkah baiknya untuk tidak mengulur waktu pembayarannya.

Kehadiran perusahaan leasing menghadirkan kemudahan untuk memiliki kendaraan impian secara kredit tanpa harus menabung bertahun-tahun untuk bisa membelinya secara tunai. Seperti slogan salah satu perusahaan pembiayaan “Brings tomorrow today”. Sayangnya beberapa konsumen justru enggan menjalani kewajiban utama mereka untuk melakukan pembayaran angsuran tepat waktu sebagaimana tertulis dalam perjanjian kontrak. Artikel ini akan menguraikan empat manfaat luar biasa membayar angsuran kendaraan tepat waktu. Apa saja manfaatnya?

1. Terhindar dari Penagih Utang

Tidak Terlibat dengan Para Penagih Utang

Tidak Terlibat dengan Para Penagih Utang via cloudfront.net

 

Terlambat membayar angsuran bisa menimbulkan banyak kerugian, salah satunya adalah menjadi target penagih utang atau debt collector. Mereka tak sungkan untuk menelpon berkali-kali, bahkan mendatangi alamat rumah ataupun kantor. Selain teror dan perasaan was-was serta terancam, Anda tentu juga akan merasa malu kalau sampai langsung ditagih di depan orang banyak.

Pada beberapa kasus di mana konsumen telat membayar angsuran selama berbulan-bulan, kolektor tak segan untuk menghadang si pemilik di tengah jalan. Praktek ini dikenal dengan istilah sweeping jalanan. Mereka bakal menyita kendaraan, sehingga pemilik pun terpaksa ke lokasi tujuan tanpa mobil atau motor kesayangan.

Banyak kasus sengketa hukum berawal dari masalah seperti ini. Nasabah telat membayar angsuran dengan berbagai motif, bisa karena memang kondisi keuangan bermasalah atau bisa juga memang karakternya jelek sehingga tidak mau membayar. Kemudian mereka susah dicari sehingga memaksa debt kolektor menggunakan model sweeping dan terjadi aksi jalanan seperti menyita kendaraan di jalan yang berpotensi masuk ranah pidana.

2. Mempermudah Proses Pengajuan Kredit Berikutnya

Perusahaan leasing sangat menyukai konsumen yang menjalani kewajiban utamanya yakni membayar angsuran kendaraan tepat waktu. Riwayat kredit yang bagus tentu berdampak positif sehingga lebih mudah untuk mengajukan kredit berikutnya.

Pada umumnya setiap perusahaan pembiayaan mencatat secara detil tanggal pembayaran angsuran konsumen. Apabila tidak pernah nunggak, maka konsumen memiliki track record bersih dan terpercaya, jadi dipermudah untuk proses pengajuan kredit kendaraan selanjutnya.

Ingat juga bahwa riwayat kredit nasabah akan terhubung dengan data based di Bank Indonesia, sehingga jika terjadi kredit macet maka nasabah akan masuk data blacklist Bank Indonesia.

Baca Juga: 6 Cara Cerdas Lunasi Kartu Kredit

3. Terhindar dari Blacklist Bank Indonesia

Tidak Masuk dalam Daftar Hitam Bank Indonesia

Tidak Masuk dalam Daftar Hitam Bank Indonesia via bukitbaruga.com

 

Masuk dalam daftar blacklist atau daftar hitam Bank Indonesia bisa menimbulkan kerugian mendalam bagi konsumen. Perusahaan leasing tak hanya menulis nama konsumen ke dalam blacklist jika menunggak pembayaran angsuran lebih dari 60 hari, namun berbagai macam denda dan kesulitan lain bisa mengancam nasabah yang macet.

Konsumen yang telah masuk blacklist dijamin kesulitan untuk mengajukan kredit tambahan di perusahaan leasing. Data pribadi seperti nama dan nomer KTP yang sudah terinput, akan secara otomatis ditolak system jika ingin mengajukan kredit kendaraan ataupun barang lainnya.

4. Bebas Ancaman Denda

Jangan pernah menganggap sepele keterlambatan pembayaran angsuran, kalau bisa jangan sampai telat bayar satu hari pun. Mengapa? Biasanya perusahaan leasing memasang denda cukup berat yang dihitung per hari, bahkan ada yang mematok denda 0,5% dari besaran angsuran.

Bayangkan jika jatuh tempo selama 10 hari sedangkan denda 0,5% dari besaran angsuran. Misalkan setiap bulan angsuran Anda sebesar Rp500,000 maka denda per hari sebesar Rp2,500. Jadi, total biaya jatuh tempo yaitu 25,000. Bayangkan jika harus menunggak pembayaran angsuran selama berbulan-bulan.

Membayar angsuran plus denda tentu menimbulkan biaya lebih besar, belum lagi hal seperti ini bisa berdampak negatif pada finansial pribadi dan track record Anda pada perusahaan leasing. Itulah sebabnya pembayaran angsuran harus tepat waktu dan tak boleh ditunda meski sehari saja.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Salah Dalam Mengelola Pendapatan Bulanan

Tips dalam Mengambil Kredit Kendaraan

Perhatikan Beberapa Hal Sebelum Kredit Kendaraan

Perhatikan Beberapa Hal Sebelum Kredit Kendaraan via peerform.com

 

Banyak kasus telat membayar akibat perencanaan keuangan yang tidak baik. Ingat, perencanaan keuangan meliputi perhitungan pendapatan dan pengeluaran yang dikeluarkan setiap bulan. Perencanaan bisa dalam jangka pendek maupun panjang. Kendaraan merupakan jenis kebutuhan konsumtif cenderung menuju kebutuhan akan barang mewah, sehingga untuk membelinya perlu pertimbangan matang.

Membeli kendaraan bisa masuk dalam perencanaan keuangan jangka pendek. Dalam membeli kendaraan pertimbangkan mengenai repayment capacity atau kemampuan bayar Anda. Idealnya, penghasilan Anda setidaknya harus 3x lipat dari total pengeluaran bulanan. Jadi sebelum Anda memutuskan membeli kendaraan, coba total pengeluaran bulanan Anda kemudian tambahkan angsuran kendaraan tersebut.

Jika total nominalnya masuk di bawah 30% dari penghasilan Anda, silahkan Anda membelinya. Batas 30% di atas merupakan nilai aman untuk mengangsur kredit kendaraan. Jangan justru dibalik, angsuran Anda masih dibawah 30% namun kebutuhan hidup lainnya belum Anda masukkan perhitungan. Keinginan untuk tampil mewah dan mengejar prestise seringkali membuat Anda terjebak dalam utang yang dipakasakan. Jujurlah pada diri sendiri, apakah Anda sudah memasukkan perhitungan dengan data yang tepat?

Anda Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

Manfaatkan Kredit dengan Baik

Ada banyak manfaat luar biasa yang bakal dirasakan langsung oleh konsumen jika mau membayar angsuran kendaraan tepat waktu. Terhindar dari kolektor, bahaya blacklist, bebas ancaman denda, hingga kemudahan pengajuan kredit berikutnya.

Lalu, bagaimana cara membayar angsuran kendaraan tepat waktu? Memang bukan hal mudah, tetapi sebenarnya tidak begitu sulit jika mau mempelajari ketentuan serta kemudahan cara pembayaran yang ditawarkan oleh setiap perusahaan leasing. Dengan begitu konsumen tidak akan pernah lupa tanggal tenggat pembayaran alias jatuh tempo.

Kehadiran perusahaan leasing memang bisa memberikan dampak positif. Pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja meningkat pesat. Bahkan seseorang pun bisa kredit kendaraan impian tanpa harus menabung terlalu lama. Seolah impian yang entah kapan bisa terwujud menjadi kenyataan esok paginya. Akan tetapi jangan nekat ambil kredit jika kondisi keuangan Anda tidak memadai. Ketidakmampuan membayar angsuran kendaraan tepat waktu memberi dampak buruk yang justru merugikan nama baik Anda  jika sampai masuk dalam daftar blacklist.

Baca Juga: Kredit Macet: Tips Menghindari dan Mengatasinya