Maria Selena, Ini Kisahnya dari Atlet Basket Hingga Jadi Ratu Kecantikan Indonesia

Nama Maria Selena melejit saat dirinya berhasil menyabet gelar Putri Indonesia 2011 dan mewakili Indonesia di Miss Universe 2012 yang berlangsung di Amerika Serikat. Memiliki wajah cantik, fisik sempurna dan pandai berlenggak-lenggok, perempuan 28 tahun ini rupanya seorang atlet basket. Keren banget ya. 

Tapi bagaimana ceritanya dari seorang atlet berubah haluan menjadi artis dan model? Agar rasa penasaran hilang, simak yuk ulasan tim cermati.com yang diolah dari berbagai sumber berikut.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Jago Bermain Basket

View this post on Instagram

A post shared by 🌙 (@mariaselena_) on

Siapa yang bakalan menyangka seorang Maria Selena merupakan atlet basket profesional. Kecintaannya pada dunia basket bahkan bertumbuh sejak dirinya masih duduk di bangku sekolah dasar.

Terlahir dari pasangan Elizabeth Nurdaryati dan Agus Rahmucahyo, Maria terbiasa berpindah tempat tinggal sedari kecil. Hal itu karena sang ayah yang merupakan pegawai BUMN sering mendapatkan tugas berpindah-pindah.

Latar belakang kedua orang tuanya yang menyukai olahraga menurun pada Maria. Dari usianya yang masih belia, Maria sudah terbiasa berlatih basket. Dia memimpikan ketika dewasa akan menjadi seorang atlet profesional dan bisa mewakili Indonesia di pertandingan basket tingkat internasional.

Saat masih berusia belia, pertumbuhan tubuh perempuan bernama lengkap Maria Selena Nurcahya ini begitu pesat. Hal tersebut sempat membuat presenter Piala Dunia FIFA 2014 itu merasa resah. Sebab ukuran kakinya terus bertambah setiap tahun. Hal itu membuatnya kesulitan untuk mencari sepatu dengan ukuran kakinya 44. 

Keinginan Maria sewaktu kecil menjadi pemain basket pun bukan hanya berakhir menjadi mimpi semata. Rajin berlatih di setiap kesempatan membuat dirinya berhasil mewujudkan mimpinya. Dia pernah tercatat menjadi bagian tim dari Surabaya Fever dan tim Merah Putih Predators Jakarta. Perempuan kelahiran 24 September 1990 ini juga sering berlaga di Women National Basket League Indonesia.

Memutuskan untuk berhenti dari dunia basket nasional, Maria mulai mengembangkan karir di bidang lain. Meski begitu, dia turut gabung dengan tim basket Happy Ballers. Tim basket yang berisi artis tanah air dan sering melakoni pertandingan ekshibisi di berbagai wilayah.

Baca Juga: Jago Akting, Intip Karier Laudya Cynthia Bella menjadi Salah Satu Artis Termahal

Berawal dari Abang None Jadi Puteri Indonesia

View this post on Instagram

A post shared by 🌙 (@mariaselena_) on

Banyak menghabiskan waktunya menekuni dunia basket membuat Maria Selena sedikit banyak kehilangan sisi feminim. Tidak pernah terbersit sedikitpun dalam pikirannya untuk mengikuti kontes kecantikan seperti Putri Indonesia.

Wanita yang menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung ini mengambil Sekolah Bisnis dan Manajemen. Pada tahun 2010, salah satu temannya meminta tolong agar gadis tinggi semampai ini menjadi model catwalk untuk pakaian hasil karyanya. Itu menjadi debut pertama Maria di dunia model.

Tidak lama setelah itu, salah satu rekan basketnya mengajak Maria mengikuti ajang sejenis, yakni Abang None Jakarta 2010. Maria hanya bisa mengiyakan saat teman lelakinya itu mendaftarkan namanya menjadi kontestan.

Meski bisa dibilang "terpaksa", rupanya penampilan Maria di kontes tersebut berhasil menarik perhatian. Akhirnya, Maria berhasil masuk ke semifinal dan keluar sebagai None terfavorit. Sedangkan sang teman yang mengajaknya justru gagal. Sejak saat itulah dia mulai tertarik untuk mengikuti berbagai kontes yang serupa.

Tidak puas hanya menjadi None terfavorit, Maria kemudian kembali mengikuti kontes yang lebih besar, yaitu ajang pemilihan Putri Indonesia 2011. Mendapat dukungan penuh dari orang-orang di sekitarnya, Maria semakin mantap melangkahkan kakinya hingga menuju kemenangan.

Apalagi sedari kecil dia juga memiliki keinginan untuk menjadi bagian dari salah satu kontes kecantikan terbesar di Indonesia ini. Ditambah dorongan sang ibu yang memang sedari dulu menginginkan anak perempuan satu-satunya itu menjadi sosok yang feminim.

Bungsu dari tiga bersaudara ini akhirnya mengikuti kontes Putri Indonesia Jawa Tengah, tempat asal kedua orang tuanya. Berhasil memenangkan kontes, Maria kemudian mewakili Jawa Tengah di Putri Indonesia dan berhasil membawa pulang gelar sebagai Putri Indonesia 2011.

Tidak cukup sampai di situ, terpilihnya Maria sebagai Putri Indonesia juga membuatnya berkesempatan mengikuti ajang Miss Universe yang diadakan di Amerika pada 2012. Meski tidak berhasil mengenakan mahkota Miss Universe, Maria pulang dengan menjadi salah satu dari sepuluh kontestan dengan busana terbaik. 

Dari keberhasilannya di kontes kecantikan itu akhirnya berbagai tawaran untuk terjun di dunia hiburan mulai berdatangan. Mulai dari dunia model, news anchor, presenter dan sportcaster. Bahkan, ia juga ditawarkan untuk terjun di dunia akting lewat serial Kesempurnaan Cinta The Series dan film Danau Hitam.

Baca Juga: Sukses di Usia Belia, Kisah Perjalanan Prilly Latuconsina Bisa Jadi Inspirasi

Suka Olahraga Ekstrem

View this post on Instagram

A post shared by 🌙 (@mariaselena_) on

Memiliki sifat tomboy sejak kecil rupanya membuat Maria Selena tidak hanya menggemari basket saja, tapi juga menyukai olahraga ekstrem. Menurutnya, ia merasa begitu enjoy tanpa rasa takut setiap kali melakukan hobi olahraganya tersebut.

Salah satu olahraga ekstrem yang tengah menjadi kegemaran Maria saat ini adalah jetski. Dalam Instagram pribadinya perempuan yang pernah dikabarkan dekat dengan atlet bulutangkis Kevin Sanjaya ini kerap mengunggah aksinya saat ngebut di atas jetski. Bahkan sebelum Asean Games 2018 silam, dara cantik ini sempat dikira atlet jetski karena sering mencoba arena yang digunakan untuk lomba.

Tidak hanya memacu kecepatan dan mengendalikan kendaraan di air, Maria juga senang memacu adrenalin di alam bebas dengan motor cross. Berkendara diantara pepohonan dan jalur tanpa aspal, berkelit diantara terjalnya bebatuan. Selain itu ada, Maria juga disibukan dengan diving atau menyelam. Beberapa kali dirinya pernah mengunggah potret-potret ketika menikmati keindahan bawah laut.

Teranyar, Maria rupanya tengah menjajal off-road dengan menggunakan jeep saat berkunjung di Jeep Lava Tour Merapi. Tidak hanya sekedar duduk menikmati pemandangan, Maria lebih memilih untuk berkendara sendiri dengan ditemani Senk Lotta.

Dalam Insta Story di akun instagram pribadinya yang diabadikan oleh Senk Lotta, terlihat betapa lincahnya Maria mengendarai Jeep. Jalanan berbatu hasil dari lava panas saat Merapi meletus beberapa waktu lalu dilewati dengan begitu mudah. Benar-benar menjadi wanita yang memiliki jiwa petualang tinggi.

Mengoleksi Case Handphone Mewah

View this post on Instagram

A post shared by 🌙 (@mariaselena_) on

Hidup sebagai publik figur membuat penampilan dari Maria sering menjadi sorotan publik. Mulai dari gaya rambut, pakaian hingga aksesoris yang sering dijadikan inspirasi oleh sebagian perempuan dalam berbusana.

Tidak heran jika apa saja yang melekat pada tubuh Maria memiliki harga yang cukup fantastis. Pakaian, sepatu dan tas yang dikenakannya selalu memiliki merk-merk ternama. Tapi rupanya ada hal yang menarik perhatian lagi, Maria juga memiliki koleksi case handphone yang dibandrol dengan harga jutaan. Bagaimana tidak, case tersebut merupakan produk dari brand ternama Gucci. Wajar saja jika untuk satu buah cases memiliki harga lebih dari Rp3 juta.

Melawan Arus dan Kerja Keras untuk Berkarya

Kisahnya dari seorang wanita yang tomboy hingga menjadi ratu kecantikan  ini tentunya bisa menjadi inspirasi sukses banyak perempuan muda yang saat ini masih mencari jati diri. Segala hal yang ingin dicoba bisa dilakukan. Jangan takut untuk menyimpang dari kebiasaan yang selama ini telah dijalani.

Percaya saja dengan mimpi dan keinginan. Jangan lupa imbangi pula dengan kerja keras dan doa. Suatu saat kesuksesan itu pasti akan mendarat dalam kehidupan kita. Tetap semangat untuk berkarya.

Baca Juga: Marion Jola, Penyanyi Pendatang Baru yang Nyabet Banyak Prestasi