Masalah Keuangan Tak Akan Datang Tiap Bulan Kalau Punya 4 Kebiasaan Ini

Berusia muda dan telah bekerja pada sebuah perusahaan, Anda mungkin menjadi salah satu di antara banyak karyawan muda yang sedang menikmati masa-masa menyenangkan. Bagaimana tidak? Penghasilan yang Anda miliki saat ini mungkin saja telah bisa memenuhi berbagai kebutuhan hidup dengan baik.

Waktu seperti inilah yang bisa Anda pergunakan untuk melakukan banyak hal, termasuk menikmati hobi dan berbagai hal lainnya yang dianggap menyenangkan. Anda masih muda dan memiliki penghasilan. Tentu penting bagi Anda untuk menikmatinya, bukan?

Namun, di balik kondisi seperti ini, sejumlah rencana keuangan tentulah menjadi hal yang tak kalah pentingnya untuk segera direalisasikan, bahkan meski usia masih sangat muda. Tak bisa dimungkiri kalau sebagian besar karyawan muda justru memiliki kondisi keuangan yang “tidak sehat”, bahkan cenderung bermasalah.

Artinya, kondisi keuangan yang tidak stabil dan tidak berjalan dengan baik setiap saat meskipun penghasilan (gaji) telah didapatkan secara teratur setiap bulannya.

Pada awalnya, hal ini mungkin bukan terlihat sebagai sebuah masalah besar sehingga Anda kerap tidak menyadarinya dan membiarkan berbagai masalah keuangan tersebut berlanjut dalam kurun waktu yang panjang.

Sementara di sisi lain, berbagai masalah keuangan yang Anda anggap sepele ini justru bisa saja menjadi bencana besar dalam keuangan itu sendiri. Ada banyak masalah keuangan yang sering dihadapi karyawan muda. Semua ini tentu harus diatasi dengan langkah dan solusi yang tepat.

Berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang membuat masalah keuangan tak akan datang tiap bulan ke dalam hidup Anda. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut?

Baca Juga: Inilah Pentingnya Punya Perencanaan Keuangan

1. Kelola Keuangan dengan Tepat

Kelola Keuangan
Agar Tidak Melulu Dapat Masalah Keuangan, Kelola Keuangan dengan Tepat

Gaji sudah habis, padahal tanggal gajian masih jauh di depan mata. Kondisi seperti ini menjadi hal yang paling sering dialami sebagian orang bergaji. Barangkali Anda adalah salah satunya. Jika terus dibiarkan, Anda akan hidup dengan siklus gaji ke gaji saja atau besar kemungkinan Anda akan memiliki sejumlah utang.

Berapa pun jumlah gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya, gaji ini haruslah bisa memenuhi semua kebutuhan dengan baik. Bukan hanya saat ini, melainkan sebagian dari gaji ini tentu akan memiliki porsi khusus untuk berbagai kebutuhan pada masa yang akan datang.

Anda harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola keuangan sejak muda. Sebab hal ini juga akan memengaruhi kualitas kehidupan Anda secara keseluruhan di masa yang akan datang.

Pastikan Anda memiliki anggaran keuangan yang tepat sejak awal agar setiap sen uang Anda bisa dialokasikan dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Penting untuk memiliki porsi yang tepat dan seimbang antara pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Sebab selain kebutuhan bulanan ini, ada banyak pos lainnya yang harus dipenuhi di dalam keuangan.

2. Biasakan Menabung dan Lakukan Investasi

Tabungan Investasi
Begitu Gajian, Sisihkan untuk Tabungan dan Investasi

Tidak memiliki sejumlah tabungan dan selalu menunda untuk menyisihkan sejumlah uang sebagai dana tabungan setiap bulannya. Jika menabung saja malas, lalu bagaimana Anda akan melakukan investasi untuk masa depan?

Kedua hal di atas kerap menjadi masalah dalam keuangan, terutama untuk karyawan muda yang sering melupakan dan menganggap hal tersebut tidak penting dalam keuangan. Sementara di sisi lain, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga kondisi keuangan tetap stabil sepanjang waktu di mana Anda memiliki sejumlah dana tabungan serta dana investasi untuk mengamankannya.

Mulailah menyisihkan sebagian gaji Anda sebagai dana tabungan dan investasi supaya bisa mencapai rencana dan tujuan keuangan pada masa yang akan datang. Segera lakukan investasi dalam keuangan dan jangan lupa untuk memilih instrumen investasi yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan.

3. Siapkan Dana Darurat

Dana Darurat
Jangan Lupa Sisihkan untuk Dana Darurat

Melupakan berbagai risiko dalam keuangan dan tidak memiliki dana darurat yang dapat menopang kehidupan serta keuangan pada masa-masa yang sulit. Hal ini juga menjadi salah satu masalah keuangan yang serius di mana kondisi keuangan tidak akan berjalan baik dan lancar sebagaimana mestinya.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kondisi keuangan menjadi tidak sehat. Salah satunya ketika seseorang kehilangan penghasilan tetap akibat kehilangan pekerjaan. Hal seperti ini tentu saja bisa terjadi setiap saat mengingat status Anda adalah seorang pekerja (karyawan).

Bayangkan bagaimana kehidupan Anda jika sewaktu-waktu Anda kehilangan pekerjaan dan panghasilan, sedangkan Anda tidak memiliki sejumlah dana darurat?

Hindari masalah keuangan seperti di atas. Sebab bagaimana pun juga kehidupan akan tetap membutuhkan sejumlah biaya, bahkan meski Anda kehilangan pekerjaan. Untuk itu, milikilah sejumlah dana darurat agar berbagai kebutuhan tetap bisa terpenuhi dengan baik pada masa-masa keuangan sedang sulit sekalipun.

 

4. Belanjakan Uang dengan Bijak

Belanja Bijak
Jangan Belanja Terlampau Sering Begitu Gajian

Pergaulan dan pola hidup yang tidak seimbang sering membuat Anda “kehilangan” banyak uang tanpa alasan yang jelas. Anda membelanjakan banyak uang tanpa perhitungan di mana semua pengeluaran ini hanya bersifat konsumtif dan tidak memberikan manfaat yang maksimal dalam kehidupan Anda.

Sebagian besar karyawan muda akan menghabiskan banyak uang hanya untuk sekadar bersenang-senang semata. Cobalah untuk menata kehidupan pribadi dan pola pikir Anda tentang keuangan.

Anda bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hal ini akan membantu Anda lebih bijak dalam membelanjakan uang dan mengelola setiap uang dengan lebih tepat. Jika dapat mengelola keuangan dengan tepat, berbagai tujuan keuangan Anda tentu dapat dicapai dengan lebih mudah.

Baca Juga: Apa Saja Produk Tabungan dan Investasi yang Paling Menguntungkan?

Miliki Keuangan yang Sehat dan Seimbang

Bagi Anda karyawan muda dan telah memiliki penghasilan, memenuhi semua kebutuhan tentu bukan lagi hal yang sulit. Namun, apabila keuangan Anda tidak diimbangi dengan pengelolaan yang tepat, berbagai masalah bisa saja terjadi.

Mulailah menata dan menjalankan keuangan dengan sehat dan seimbang supaya bisa bebas dari masalah keuangan dan mencapai berbagai tujuan keuangan Anda dengan tepat.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Anda Harus Punya Dana Darurat