Masih Mikir Macem-macem Kayak Gini Bisa Bikin Kamu Gagal Sukses

Setiap orang pasti mendambakan kesuksesan dalam hal apapun, termasuk karier. Meraih sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh perjuangan, kerja keras, cucuran keringat, bahkan air mata untuk menggapainya.

Jalan menuju kesuksesan pun berliku-liku, penuh tantangan dan hambatan yang menghadang. Tantangan tersebut bukan saja datang dari luar (eksternal), tapi juga bisa berasal dari dirimu sendiri (internal).

Salah satu tantangan dari dalam diri yang harus kamu lawan adalah pikiran negatif. Orang sukses pasti selalu menancapkan kata-kata, kalimat, atau pikiran positif untuk membangun motivasi maju dalam dirinya. Kalau bukan kamu sendiri, siapa lagi yang akan membantu dirimu.   

Pikiran-pikiran negatif yang bersemayam di benakmu harus disingkirkan. Sebab kalau dibiarkan terus menerus, pikiran negatif tersebut bisa membuatmu gagal dalam mencapai tujuan sukses. Kamu sendiri yang rugi kan.

Setiap pikiran negatif datang, tangkis. Ganti dengan pikiran positif sehingga kamu bisa fokus pada jalan meraih kesuksesan. Berikut adalah beberapa pola pikir yang akan membuatmu gagal meraih kesuksesan:

Baca Juga: Tips Bisa Lolos Wawancara Kerja Jadi Desain Grafis

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Tidak pede dengan kemampuan sendiri

karier
Tidak pede dengan kemampuan sendiri

Sangat penting untuk selalu menumbuhkan kepercayaan diri, sehingga berbagai kesulitan bisa di atasi dengan optimistis. Hal ini menjadi salah satu dasar penting meraih kesuksesan. Kalau kamu saja ragu dan tidak percaya diri dengan kemampuanmu, bagaimana mungkin dapat menghadapi tantangan, hambatan, dan memenangkan persaingan.

Rasa takut yang terlalu berlebihan ketika menghadapi dunia luar atau bahkan terbuai dalam zona nyaman akan selalu membuatmu stagnan, tak berkembang. Jadi berhentilah untuk selalu mengecilkan diri sendiri dan menganggap orang lain selalu lebih baik darimu.

Mulailah untuk membangun rasa percaya diri dan fokus pada kemampuan, serta kelebihan yang kamu miliki, sehingga kamu benar-benar siap menghadapi berbagai tantangan dalam meraih kesuksesan.

2. Terlalu mengkhawatirkan apa kata orang lain

karier
Terlalu mengkhawatirkan apa kata orang lain

Tidak semua orang senang atas apa yang kamu perbuat. Namanya juga manusia, ada yang suka, ada cuek, atau bahkan benci. Semua ini reaksi biasa saja dan tidak perlu ditanggapi terlalu berlebihan.

Berhentilah untuk selalu mengkhawatirkan berbagai pendapat orang lain atas apa yang kamu lakukan, terutama terkait dengan pekerjaan. Bukan hanya membuatmu tidak nyaman, pemikiran seperti ini juga akan membuat dirimu sendiri rugi, sebab kamu selalu memikirkan hal-hal yang tidak perlu.

3. Fokus pada orang lain dan tidak bersyukur

karier
Fokus pada orang lain

Buang-buang waktu untuk memperhatikan orang lain dan pekerjaannya bukanlah hal yang tepat. Barangkali kamu akan menganggap betapa mudah dan bahagianya orang tersebut menjalani hari.

Jika kamu hanya fokus pada hal-hal seperti ini, maka kamu tidak akan pernah menikmati aktivitasmu sendiri dengan bahagia. Kamu tidak bersyukur dengan apa yang kamu miliki. Hanya berpikir tentang kehidupan orang lain saja. Lalu, bagaimana kamu bisa meraih kesuksesan dengan cara yang seperti ini? 

Baca Juga: Jangan Tulis Kata-kata Ini di Resume Kalau Mau Diterima Kerja

4. Merasa sudah terlambat untuk memulai

karier
Merasa sudah terlambat untuk memulai

Kapan usia yang tepat untuk meraih kesuksesan? Tentu tak seorangpun bisa menjawabnya, sebab kesuksesan bisa datang kapan saja, dan pada saat kamu berusia berapapun. Ada yang sukses di usia belasan, namun ada juga yang harus menghabiskan setengah abad umurnya untuk mendapatkan kesuksesan.

Berhenti berpikiran kamu sudah tua dan terlambat untuk mulai belajar, bekerja, dan membangun kesuksesanmu, sebab tidak pernah ada kata terlambat untuk urusan yang satu ini. Jika mau, kamu bisa memulainya saat ini juga.

5. Sudah dilakukan oleh orang lain

karier
Sudah dilakukan orang lain

Tidak harus selalu menjadi yang pertama. Bisnis yang sukses bisa saja berasal dari pengembangan bisnis yang sudah ada sebelumnya. Cara seseorang melakukan inovasi dalam sebuah bisnis dapat membawanya pada keberhasilan dan kesuksesan.

Jangan fokus untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengabaikan peluang yang sudah ada di depan mata, hanya karena seseorang sudah pernah melakukan hal tersebut sebelumnya. 

6. Malu pada kegagalan terdahulu

karier
Malu pada kegagalan terdahulu

Mengalami kegagalan merupakan hal yang lazim terjadi, sebelum akhirnya meraih kesuksesan. Tidak perlu malu pada kegagalan di masa lalu, sebab semua orang sukses juga pernah mengalami hal yang sama.

Bahkan ada yang jatuh sampai berkali-kali, namun mereka bangkit, tak patah arang. Jadikan kegagalan sebuah pembelajaran agar tidak terulang kembali. Ingat, kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda. Jadi tetap semangat meraih sukses.

Ubah pola pikirmu dan raih kesuksesan

Pikiran negatif dapat menyulitkan langkahmu meraih kesuksesan. Singkirkan pikiran-pikiran negatif itu sejauh mungkin, sehingga tidak merugikan dirimu sendiri. Ubah pola pikirmu, ciptakan pikiran positif, dan berjuang keras menghadapi berbagai tantangan yang akan menghadang.

Baca Juga: Mau 'Interview' Pekerjaan? Hati-hati dengan 7 Pertanyaan ini