Masukkan Taman-Taman Cantik Ini Ke Daftar Destinasi Liburan Anda

Menikmati liburan dan meninggalkan sejenak segala rutinitas kerja menjadi hal yang penting dan banyak diinginkan oleh sebagian besar orang. Liburan membuat kita menjadi lebih fresh dan tidak jenuh menghadapi berbagai tantangan di dalam pekerjaan kita sehari-hari. Kita bisa menjadi lebih bersemangat dan memiliki banyak energi positif ketika kembali menjalani berbagai rutinitas harian kita.

Saat ini, Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa dijadikan sebagai tujuan liburan anda, bahkan tempat-tempat tersebut tidak kalah indahnya dengan berbagai destinasi wisata di luar negeri. Jadi bukan sebuah alasan lagi untuk selalu berlibur ke luar negeri, sebab negeri ini juga memiliki potensi wisata yang sangat indah dan wajib untuk anda kunjungi dan nikmati.

Berlibur tidak selalu identik dengan bepergian jauh selama berhari-hari, sebab hal seperti ini akan sulit dan jarang bisa diwujudkan dengan segera, terutama bagi anda yang memiliki segudang aktivitas yang sangat padat. Jika masa liburan cukup pendek atau hanya sekedar di akhir pekan saja, maka tidak ada salahnya anda mempertimbangkan untuk menikmati tempat wisata terdekat saja. Beberapa kota di Indonesia memiliki taman yang indah dan patut untuk dijadikan tempat wisata, jadi tidak ada salahnya mendatangi taman-taman ini dan menikmati liburan anda di sana. Di bawah ini adalah beberapa taman cantik yang bisa anda jadikan destinasi liburan anda:

1. Taman Kota Batu

Alun-Alun Kota Batu

Taman Kota Batu via anekatempatwisata.com

 

Indah dan nyaman, begitu kira-kira gambaran yang tepat mengenai landmark baru Kota Batu ini. Taman yang terletak di pusat Kota Batu ini telah menjadi sebuah destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Bukan hanya siang hari saja, suasana malam hari di taman ini juga menjadi lebih romantis dengan kehadiran lampion-lampion cantik yang membuatnya menjadi lebih indah.

Taman ini juga menjadi satu-satunya taman kota di Indonesia yang memiliki bianglala, dan tentu saja ini menjadi nilai lebih yang membuat taman ini berbeda dari taman kota lainnya. Jika anda menikmati liburan anda di Kota Batu, maka akan terasa semakin menyenangkan dengan kehadiran taman yang indah ini.

2. Taman Bungkul Surabaya

Taman Bungkul

Taman Bungkul via yukpiknik.com

 

Taman kota yang meraih gelar sebagai The 2013 Asian Townscape Sector Award dari PBB ini, bisa anda jadikan sebagai destinasi liburan. Taman ini memiliki berbagai fasilitas di dalamnya, bahkan fasilitas free wi-fi juga ada. Taman ini menjadi kebanggaan bagi warga Surabaya, sebab taman ini begitu asri dan terjaga kebersihannya sepanjang waktu. Banyak wisatawan yang berkunjung ke taman ini, bahkan beberapa di antaranya menjadikan teman ini sebagai tempat untuk piknik. Areanya cukup luas dan sangat nyaman bagi anak-anak dan juga semua anggota keluarga.

3. Bukit Bougenvil Singkawang

Bukit Bougenvil Singkawang

Bukit Bougenvil Singkawang via wisatapontianak.com

 

Punya rencana untuk mengunjungi Kalimantan Barat? Jangan lupa untuk mampir di taman bunga yang indah ini. Bukit bougenvil terletak di Kota Singkawang, aneka warna bunga-bunga bougenvil dari berbagai jenis akan menyambut kedatangan anda di taman ini.

Taman yang indah dan penuh warna-warni bougenvil ini terletak di kawasan hutan homogen yang ditumbuhi oleh pepohonan gaharu, bisa dibayangkan bagaimana sejuk dan nyamannya lokasi taman ini berada. Udara yang bersih dan segar di taman ini akan membuat anda nyaman dan betah berlama-lama di sana untuk menikmati keindahan bunga-bunga bougenvil yang berwarna-warni.

4. Kota Bunga Tomohon

Kota Bunga Tomohon

Kota Bunga Tomohon via ksmtour.com

 

Kota yang terletak 22 kilometer ke arah Timur Kota Manado ini, memiliki sebuah gelaran acara yang bisa anda jadikan sebagai agenda wisata anda. Kota Bunga Tomohon mengadakan festival bunga setiap tahunnya, digelar secara rutin sepanjang bulan Juni-Juli.

Festival ini menjadi sebuah ajang untuk memamerkan aneka bunga yang beragam dan terdiri dari warna-warni yang menarik. Kota ini memiliki sebuah taman kota yang dipenuhi dengan bermacam-macam jenis bunga yang indah, bahkan beberapa di antaranya mungkin tidak anda temukan di wilayah lain di Indonesia.

Baca Juga: 7 Aturan Belanja Saat Liburan Agar Tidak Boros

5. Taman Kota Pecangakan Bali

Taman Kota Pecangakan

Taman Kota Pecangakan Bali via blogspot.com

 

Taman yang unik ini memiliki beberapa patung yang menjadi tokoh dalam pewayangan Mahabarata, diantaranya: Drupadi, Bima, Kresna, Sengkuni, Arjuna, dan yang lainnya. Bukan hanya itu saja, taman yang terletak di jalan Jenderal Sudirman, Jembrana, Bali ini juga berada di kawasan perkantoran, hal ini tentu membuatnya menjadi lebih menarik dan terlihat unik.

Taman yang sejuk dan memiliki pepohonan yang rindang ini, bisa anda jadikan sebagai destinasi wisata ketika anda mengunjungi Bali. Selain mudah dijangkau, lokasinya yang bersih dan sejuk juga menjadi daya tarik taman ini. Di taman ini anda bisa menemukan sebuah air mancur cantik yang mengelilingi patung Dewa Ruci.

6. Taman Kota Giri Menang

Taman Kota Giri Menang

Taman Kota Giri Menang via lombokexploring.files.wordpress.com

 

Lombok tidak hanya memiliki jajaran pantai yang indah dan cantik saja, di sini anda juga bisa menemukan taman yang sejuk dan indah yang akan melengkapi perjalanan wisata anda di kota ini. Taman Kota Giri Menang terdapat di Kecamatan Gerung, dari taman ini anda bisa menikmati suasana Kota Lombok bagian Barat.

Taman kota ini juga memiliki berbagai fasilitas pendukung yang cukup lengkap, seperti lapangan voli, lapangan basket, dan yang lainnya. Bukan hanya itu saja, di kawasan taman ini anda juga bisa menemukan aneka kuliner khas Lombok yang lezat dan akan melengkapi perjalanan wisata kuliner anda. Sebuah tugu berwarna-warni akan menyambut anda di taman ini, juga keindahan air mancur dan kesejukan pepohonan juga.

7. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini via staticflickr.com

 

Berencana ke Myanmar untuk melihat secara langsung keindahan Pagoda Shwedagon? Sebaiknya batalkan saja, sebab Indonesia juga memiliki replika pagoda cantik itu.

Taman Alam Lumbini yang terletak di desa Tongkoh, Karo, Sumatra Utara, memiliki replika dari Pagoda Shwedagon yang terdapat di Myanmar itu. Taman indah yang terletak di dataran tinggi Karo ini akan memberi anda keindahan dan juga pesona pagoda termegah dan terbesar di Indonesia. Bukan hanya itu saja, taman ini memiliki keindahan taman yang luar biasa karena dihiasi aneka bunga warna-warni yang menjadi ciri khas wilayah Karo. Anda akan disuguhi dengan udara pegunungan dan juga suasana yang nyaman dan tenang saat berkunjung ke Taman Alam Lumbini.

Baca Juga: 8 Cara Memanfaatkan Hari Minggu dengan Produktif

8. Taman Hutan Raya Ir. Juanda Bandung

Taman Hutan Raya Ir. Juanda Bandung

Taman Hutan Raya Ir. Juanda Bandung via pariwisatabandung.info

 

Berwisata ke Bandung tidak selalu identik dengan belanja dan kuliner saja. Di kota ini anda juga bisa menikmati keindahan alam dengan mengunjungi Taman Hutan Raya Ir. Juanda.

Taman yang terletak di jalan Dago Atas ini, memiliki pesona yang berbeda dari taman lainnya. Di sini anda bisa menemukan aneka pepohonan yang rindang dan membuat udara menjadi terasa sangat sejuk. Taman ini memiliki koleksi lebih dari 2500 aneka flora dan fauna, ini membuatnya begitu kaya akan berbagai tanaman dan binatang serta burung-burung lainnya.

Taman ini juga menyimpan jejak sejarah, di sini terdapat Gua Belanda dan juga Gua Jepang yang menjadi daya tarik tersendiri, sebab kita bisa memasukinya. Sebuah sungai mengalir di tengah-tengah taman ini, membuat suasana menjadi sangat nyaman dan tenang, cocok bagi anda yang ingin melepas kepenatan.

9. Taman Bunga Begonia Bandung

Taman Bunga Begonia Bandung

Taman Bunga Begonia Bandung via pariwisatabandung.info

 

Satu lagi taman bunga nan cantik di Indonesia, Taman Bunga Begonia yang terletak di dataran tinggi Lembang. Taman yang indah ini memiliki koleksi berbagai jenis bunga yang terdiri dari aneka warna-warni menarik. Sebagaimana kawasan Lembang lainnya, taman ini akan memberikan anda kesejukan dan juga udara yang bersih yang akan membuat anda nyaman dan ingin berlama-lama di sana. Taman ini patut untuk anda pertimbangkan sebagai destinasi wisata ketika anda berkunjung ke wilayah Kota Bandung, sebab jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Bandung tentu tidak akan menyulitkan anda untuk menemukannya.

Nikmati Ketenangan dan Keindahannya

Wisata seringkali kita lakukan dengan tujuan untuk menemukan ketenangan dan juga suasana lain dari keseharian kita. Tidak harus selalu bepergian ke tempat yang jauh, sekedar mengunjungi taman kota juga bisa anda pertimbangkan. Indonesia memiliki banyak taman kota yang indah dan bahkan mungkin tidak anda bayangkan sebelumnya. Mulai wisata bunga dan taman kota anda sekarang, pilih taman yang paling sesuai dan ingin anda kunjungi dengan segera, sehingga anda bisa menemukan suasana liburan yang unik dan berbeda dari sebelumnya.

Baca Juga: Mau Bulan Madu Ala Backpacker Makin Berkesan? Ikuti Cara Ini!