Mau Ajukan Kartu Kredit? Ini Cara Mudahnya

Kebutuhan masyarakat akan kartu kredit sudah semakin meningkat. Peningkatan jumlah masyarakat kelas menengah mengakibatkan peminat nasabah kartu kredit semakin banyak. Seakan-akan kartu kredit merupakan sesuatu yang mutlak harus dimiliki setiap orang untuk menjalani hidup. Sisi yang menguntungkan dari kartu kredit membuat orang-orang tergiur untuk memilikinya. Terlebih lagi dengan banyaknya stan kartu kredit di mal yang menawarkan cara mudah untuk ajukan kartu kredit. Hal ini semakin membuat Anda dimanjakan karena Anda tidak harus lagi pergi ke bank.

Namun, ternyata tidak semua orang bisa memiliki kartu kredit. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kartu ajaib yang serba bisa ini. Berikut ini adalah cara mudah yang harus dilakukan untuk mengajukan kartu kredit.

1. Miliki Pendapatan Tetap

Miliki Pendapatan tetap via blog.jiji.ng

Miliki Pendapatan tetap via blog.jiji.ng

 

Memiliki pendapatan bulanan yang tetap akan memudahkan Anda dalam proses apply kartu kredit. Bank akan lebih mudah memperhitungkan kemampuan keuangan Anda jika memiliki pendapatan tetap. Jika Anda adalah karyawan, proses mengajukan kartu kredit akan lebih mudah karena selain Anda memiliki pendapatan tetap, alamat Anda jelas tertera di slip gaji dan pihak bank bisa dengan mudah melakukan survey.

2. Isi Form Pengajuan Dengan Jelas dan Jujur

Jelas dan Jujur via huffpost.com

Jelas dan Jujur via huffpost.com

 

Langkah yang harus dilakukan untuk meng-apply kartu kredit adalah mengisi form pengajuan. Formulir ini berisikan data informasi diri dan keuangan Anda. Semua ini harus diisi dengan jelas, lengkap dan jujur karena jika formulir tidak terisi sesuai dengan kemauan bank, maka kemungkinan pengajuan Anda akan diterima kecil. Jangan pernah bohong dalam mengisi formulir, karena jika ketahuan Anda akan semakin sulit untuk apply lagi.

Baca Juga: Apply Kartu Kredit Online: Apa yang Harus Diperhatikan?

3. Apply Di Mal

Lakukan Pengajuan di Mal via remote-agency.com

Lakukan Pengajuan di Mal via remote-agency.com

 

Proses apply kartu kredit akan menjadi lebih mudah jika dilakukan di stan mal karena masing-masing marketing akan mendapatkan komisi untuk setiap nasabah baru. Oleh karena itu mereka akan dengan senang hati membimbing Anda sehingga kemungkinan Anda salah langkah semakin kecil.

 

Setelah tahu caranya, Anda juga harus tahu apa saja sih yang harus diperhatikan saat Anda mau mulai proses apply kartu kredit. Inilah beberapa hal yang perlu diketahui.

Dokumen yang perlu dipenuhi untuk melakukan apply kartu kredit, yaitu

1. Fotocopy identitas diri (KTP/SIM/Paspor)

2. Fotocopy NPWP

3. Fotocopy kartu keluarga

4. Slip gaji asli

Baca Juga: 12 Biaya Kartu Kredit Yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-Jenis Kartu Kredit

Hal lain yang perlu Anda ketahui sebelum meng-apply kartu kredit adalah jenis-jenis dari kartu kredit. Ada beberapa jenis dari kartu kredit yang dibagi berdasarkan limitnya, yakni

Jenis Kartu Kredit via jurinnov.com

 

 

1. Silver/Reguler

Kartu kredit silver atau regular ini adalah jenis yang paling basic. Penggunanya adalah mereka yang memiliki pendapatan di bawah 5 juta rupiah per bulan. Jenis kartu kredit ini memiliki limit maksimal sekitar 5 juta rupiah. Target dari jenis kartu kredit ini adalah karyawan, PNS, profesional pemula, dan pengusaha muda. Kartu silver memiliki iuran yang paling murah.

2. Gold

Kartu kredit berwarna emas ini merupakan jenis kartu yang satu tingkat lebih tinggi dari kartu silver atau regular. Pemilik kartu jenis silver yang memiliki transaksi dan pembayaran yang baik biasanya akan mendapatkan tawaran upgrade ke kartu gold secara otomatis. Kartu jenis ini memiliki limit berkisar lebih dari 5 juta rupiah. Dan pemilik kartu ini harus memiliki pendapatan kira-kira 5 – 10 juta rupiah per bulan. Kartu jenis gold memiliki iuran yang lebih tinggi dari silver.

3. Platinum

Kartu platinum merupakan kasta paling atas dari kartu kredit. Target dari kartu jenis ini adalah segmen menengah atas, seperti bos, PNS kelas kepala dinas, pengusaha, profesional. Banyak kelebihan yang diberikan oleh kartu platinum yang tidak dimiliki oleh jenis kartu lainnya, seperti airport lounge, dll. Pemilik dari kartu jenis ini umumnya memiliki pendapatan lebih dari 10 juta rupiah. Limitnya pun paling besar dibandingkan yang lain, yaitu berkisar ratusan juta rupiah dan iurannya juga paling mahal.

4. Spesial

Kartu kredit yang mengadakan kerjasama dengan merchant dan memproduksi kartu edisi special merchant tersebut. Biasanya kartu ini memiliki promosi dan program spesial pada kartu dengan merchant tertentu. Iuran dari kartu ini beragam, sesuai dengan limit yang ditentukan.

 

Inilah sekilas informasi tentang cara pengajuan, persyaratan umum, dan jenis-jenis kartu kredit. Semoga bisa membantu Anda dalam mengajukan kartu kredit. Selamat mencoba!

Baca Juga: 8 Alasan Mengapa Kamu Harus Punya Kartu Kredit