Mau Ajukan Pinjaman KTA? Riset Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Kredit Tanpa Agunan (KTA) akan menjadi solusi bagi anda yang membutuhkan sejumlah dana dalam waktu yang singkat dan mendesak. Hal ini menjadi mungkin, karena dalam proses pengajuannya KTA hanya membutuhkan waktu yang tergolong sangat singkat dan persyaratan yang dibutuhkan juga cukup mudah. Penggunaan dana KTA sangat fleksibel, sehingga anda akan leluasa dalam mengalokasikan dana yang anda peroleh melalui pengajuan KTA. Berbeda dengan kredit lainnya, yang pada umumnya pengalokasian dananya khusus atau tertentu bagi kebutuhan yang telah ditetapkan di dalam aturan perbankan.

Meskipun demikian, bukan berarti anda dapat dengan mudah mengajukan dan mendapatkan sejumlah dana pinjaman KTA, karena sebagaimana jenis pinjaman lainnya, KTA juga merupakan pinjaman dalam bentuk utang yang artinya akan membutuhkan pelunasan pada waktu yang telah ditentukan. Pikirkan dengan matang penggunaan dana KTA yang akan anda dapatkan dan jangan lupa untuk selalu memikirkan bagaimana nantinya anda akan mengembalikan / melunasi dana pinjaman tersebut dengan tepat waktu.

Jangan pernah terburu-buru untuk mengajukan pinjaman KTA, sebelum melakukannya anda harus telah terlebih dahulu memiliki sebuah rencana yang matang tentang pengalokasian dana tersebut. Hal ini akan sangat dibutuhkan, agar anda dapat terhindar dari kejadian gagal bayar dan menunggak cicilan utang. Bila ternyata anda mengalaminya, maka anda harus siap-siap dengan berbagai macam konsekuensi yang diterapkan pihak bank, mulai dari pengenaan bunga tambahan, hingga denda keterlambatan yang jumlahnya lumayan besar.

Mengajukan KTA

Mengajukan KTA

Mengajukan KTA via seattleplaza.com

 

Ada banyak lembaga pendanaan yang menyediakan produk KTA di dalam layanan mereka, namun selalu pilih lembaga yang paling dipercaya dan telah memiliki kredibilitas yang baik di dalam dunia usaha dan dalam hal ini bank merupakan lembaga yang paling bisa diandalkan. Pada umumnya hampir semua bank di Indonesia telah memiliki layanan KTA dan anda sebagai calon nasabah hanya perlu memilihnya saja.

Pastikan anda memilih bank dengan layanan KTA terbaik dan sesuai dengan kebutuhan yang anda miliki, dan jangan pernah terburu-buru dalam menentukan pilihan anda. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari informasi mengenai KTA dari beberapa bank sekaligus dan melakukan perbandingan antara satu bank dengan bank yang lainnya.

Hal tersebut akan membantu anda membuat keputusan yang tepat, karena di dalam memilih KTA ada banyak faktor yang patut dipertimbangkan, seperti:

  • Suku bunga yang dikenakan.
  • Jangka waktu cicilan.
  • Berbagai macam biaya yang akan anda tanggung di dalam penggunaan KTA.
  • Kebijakan-kebijakan lainnya, seperti asuransi dan hal lainnya.

Pada dasarnya setiap bank akan memiliki kebijakan masing-masing di dalam produk KTA yang mereka terbitkan, maka anda sebagai calon nasabah harus jeli dan benar-benar paham atas semua ketentuan yang ditetapkan oleh pihak bank. Jangan sepelekan masalah ini, karena banyak kasus yang terjadi di mana nasabah dan pihak bank berselisih karena adanya pemahaman yang keliru di dalam aturan yang ditetapkan.

Cara Mengajukan KTA

Menyesuaikan jumlah pinjaman dengan kebutuhan

Menyesuaikan jumlah pinjaman via fabelio.com

 

KTA adalah salah satu produk perbankan yang memiliki proses dan persyaratan yang mudah di dalam pengajuannya. Anda hanya perlu melengkapi formulir dan persyaratan pengajuan dan dengan segera aplikasi tersebut akan diproses dengan cepat oleh pihak bank. Berikut ini adalah persyaratan umum dalam pengajuan KTA:

  • KTP & KK
  • NPWP / SPT
  • Rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Slip gaji / Surat Keterangan Penghasilan (bagi yang berprofesi sebagai karyawan)

Siapkan semua dokumen tersebut dalam bentuk fotokopi, khusus untuk slip gaji / SPT, pihak bank akan meminta anda melampirkan dokumen aslinya. Pastikan anda mengisi aplikasi dengan data diri yang benar dan sesuai dengan aslinya, agar pihak bank tidak kesulitan saat melakukan proses terhadap aplikasi yang anda ajukan.

Selain hak tersebut, beberapa poin di bawah ini juga patut untuk anda cermati sebagai tips di dalam pengajuan KTA:

1. Bersikap Positif dan Tidak Memaksa

Beberapa orang akan merasa sedikit tertekan dan terbebani saat dihadapkan pada kondisi yang terdesak masalah keuangan, maka tak jarang orang tersebut akan menunjukkan reaksi berlebihan dalam mencari sumber dana tersebut di waktu yang mungkin sangat sempit, sehingga bersikap sedikit memaksa agar pengajuan pinjaman KTA nya bisa dikabulkan.

Ini adalah sebuah bentuk sikap yang negatif dan tidak direkomendasikan. Cobalah untuk bersikap positif dan tenang saat melakukan pengajuan pinjaman hingga masa proses berakhir. Jangan memaksa dan melakukan berbagai upaya yang pada akhirnya hanya akan mengakibatkan penolakan pada pinjaman yang sedang anda ajukan.

Baca Juga: Panduan Mengajukan Aplikasi KTA Melalui Cermati.com

2. Sesuaikan Jumlah Pinjaman

Setiap bank memiliki kebijakan tersendiri dalam menentukan batas pinjaman yang akan mereka berikan dan rata-rata bank menentukan batas maksimal pinjaman hingga Rp. 200 juta. Namun anda tidak disarankan untuk meminjam hingga batas maksimal karena bank juga memiliki kebijakan dalam menentukan batas kredit peminjamanya, mereka akan menyesuaikannya dengan kemampuan bayar kita yang mengacu pada penghasilan kita per bulannya. Hal ini tentu saja sangat beralasan, karena KTA merupakan sebuah bentuk pinjaman yang dikucurkan oleh bank tanpa adanya sebuah agunan atau jaminan yang diberikan oleh pihak peminjam. Maka berdasarkan hal tersebut, pihak bank juga perlu sangat berhati-hati dalam menentukan batas kredit bagi nasabahnya.

3. Handphone Harus Selalu Aktif

Dalam masa proses pengajuan KTA, bank sewaktu-waktu akan menghubungi anda setelah menerima aplikasi pengajuan pinjaman anda, mereka akan melakukan verifikasi untuk mencocokkan sejumlah data yang telah anda kirimkan. Pastikan handphone anda selalu aktif selama masa tersebut, agar proses verifikasi dengan pihak bank dapat berjalan dengan lancar dan pinjaman anda segera dapat disetujui.

Baca Juga: Cara Agar KTA Cepat Disetujui dan Cara Menghitung Cicilannya

4. Riwayat Kredit Bersih / Tak Bermasalah

Bank punya kewenangan untuk memeriksa riwayat kredit dan aktivitas perbankan lainnya yang pernah anda lakukan sebelum pengajuan pinjaman KTA yang anda ajukan. Semua riwayat kredit anda akan terekam dengan baik di Bank Indonesia, sehingga bank bisa dengan mudah melihat dan mengevaluasinya sebagai salah satu bahan pertimbangan di dalam pengajuan KTA yang anda lakukan.

Pastikan anda tidak memiliki masalah dengan perbankan ataupun lembaga keuangan lainnya, karena hal ini akan sangat berpengaruh untuk persetujuan aplikasi KTA yang sedang anda ajukan. Bila ternyata anda memiliki sejumlah tagihan / tunggakan, maka sebaiknya anda melunasi dan membayarkan utang tersebut dengan segera, sebelum mengajukan aplikasi KTA ke bank.

Kelebihan dan kekurangan Kredit tanpa Agunan

Kredit Macet

 Jangan sampai kredit macet via www.tommcifle.com

 

Sebagai seorang calon nasabah pengguna KTA, maka ada baiknya anda mengetahui segala informasi terkait dengan pinjaman tersebut. Hal ini akan sangat penting bagi anda, agar anda bisa mempertimbangkan dengan matang keputusan peminjaman yang akan anda ambil nantinya. Cermati beberapa info mengenai kelebihan dan kekurangan KTA berikut ini:

Kelebihan

  1. Persyaratan yang mudah
    Di dalam pengajuannya, KTA tergolong sebagai produk perbankan yang memiliki persyaratan yang mudah karena anda tidak perlu mengajukan aset / harta anda sebagai bentuk jaminan di dalam pengajuannya.
  2. Proses yang cepat
    Selain persyaratan yang mudah, KTA juga memiliki proses pengajuan yang sangat cepat. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 3 hari saja dalam proses pencairan pinjaman ini, sehingga pinjaman ini sangat cocok bagi anda yang butuh sejumlah dana dalam keadaan mendesak.
  3. Mudah diakses
    Layanan KTA hampir tersedia di semua bank di Indonesia, sehingga anda tidak akan menemukan kesulitan saat akan mengajukan

Kekurangan

  1. Suku bunga tinggi
    Bila dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya, maka suku bunga yang ditawarkan oleh KTA tergolong tinggi, karena itu anda perlu untuk selalu memperhatikan kemampuan bayar anda sebelum mengajukannya.
  2. Limit kredit kecil
    KTA juga memiliki limit kredit yang tergolong kecil bila dibandingkan dengan jenis kredit lainnya yang menggunakan agunan di dalam pengajuannya. Hal ini dimaksudkan agar para nasabah tidak kesulitan dalam melunasi pinjamannya, mengingat KTA memiliki suku bunga yang terbilang cukup tinggi.
  3. Masa pinjaman pendek
    Batas maksimal masa peminjaman KTA hanya 5 tahun saja.

Jadikan KTA Sebagai Solusi Pendanaan Anda

KTA bisa menjadi solusi bagi anda yang butuh dana segar dalam kondisi mendadak, karena KTA hanya membutuhkan proses yang singkat dalam pencairannya. Namun selalu ingat bahwa KTA juga memiliki suku bunga yang cukup tinggi, karena itu pertimbangkan dengan matang sebelum anda mengajukannya ke bank.

Baca Juga: Mengenal KTA, Apa Keunggulan dan Kekurangannya?