Mau Ambil Jurusan IT? Bersiaplah 8 Pekerjaan Gaji Tinggi Ini Menanti

Peranan teknologi sangat besar bagi masyarakat zaman sekarang. Terlebih lagi dalam hal inovasi. Hampir seluruh sektor usaha membutuhkan orang-orang yang berkecimpung di bidang Information Technology (IT). Secara otomatis, banyak lowongan pekerjaan yang tersedia di bidang IT. Sebab pada dasarnya, mereka sangat dibutuhkan.

Nah, buat mahasiswa yang akan ambil jurusan IT, ada banyak sekali peluang Anda untuk berkarier. Berikut ini adalah pekerjaan-pekerjaan bergaji tinggi bagi yang ambil jurusan IT.

Baca Juga: Perempuan Berkarir di Bidang IT, Kenapa Tidak?

1. Web Designer

Web Designer Gaji Besar
Ilustrasi Web Designer

Pekerjaan seorang Web Designer adalah mendesain sebuah web yang dibutuhkan pelanggan. Pelanggan akan memberikan kebutuhan ataupun keluhannya. Kemudian seorang Web Designer mendesainnya, tapi belum mengimplementasikannya.

Akan tetapi, Web Designer juga harus mendapatkan izin dan persetujuan dari pelanggan atas hasil kerjanya sebelum akhirnya diberikan kepada Web Programmer. Jika belum sesuai, harus dilakukan perbaikan hingga sesuai dengan yang diinginkan pelanggan.

2. Web Programmer

Web Programmer Gaji Besar
Ilustrasi Web Programmer

Aktivitas mengimplementasikan hasil kerja Web Designer adalah pekerjaan seorang Web Programmer. Pekerjaan ini sangat memerlukan pengetahuan berbasis IT yang kuat. Sebab Anda akan berurusan dengan bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman memang sangat rumit dan melatih kesabaran karena tidak semua yang diterjemahkan bisa dijalankan. Akan ada saat di mana eror akan muncul.

3. System Analyst

System Analyst Gaji Besar
Ilustrasi System Analyst

Sesuai dengan namanya, seorang System Analyst bertugas untuk menganalisis sistem yang nantinya akan dikerjakan Programmer. System Analyst tersebut akan membandingkan kelebihan dan kelemahan sistem yang akan dibangun.

Selain itu, juga akan membandingkannya dengan kebutuhan pelanggan. Apakah memang sudah valid atau masih kurang. Atau bahkan biaya yang tidak sesuai. Jika memang dikatakan tidak layak, Programmer tidak memiliki alasan untuk merealisasikannya.

4. Programmer

Programmer Gaji Besar
Ilustrasi Programmer

Jika Anda menyukai bahasa pemrograman, cobalah pekerjaan ini. Menjadi seorang Programmer harus memiliki tingkat kesabaran dan ketelitian tinggi karena harus membuat sistem yang sesuai dengan hasil analisis dari System Analyst.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

5. Teknisi

Teknisi Gaji Besar
Ilustrasi Teknisi

Tidak semua orang yang memiliki komputer memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan pada perangkatnya. Di sinilah diperlukan jasa seorang teknisi untuk memperbaikinya dan menyediakan jasa perawatan setelahnya. Hal tersebut karena pertimbangan harga komputer baru yang lebih mahal daripada harga memperbaikinya.

Anda bisa bekerja pada sebuah institusi yang menyediakan jasa perbaikan komputer atau malah bekerja sendiri di mana Anda menawarkan jasa terhadap orang yang membutuhkan kemampuan Anda tersebut.

6. Teknisi Jaringan Komputer

Teknisi Jaringan Komputer Gaji Besar
Ilustrasi Teknisi Jaringan Komputer

Jasa maintenance akan menjadi alasan mengapa seorang teknisi jaringan sangat diperlukan. Karena itulah, banyak Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK mengadakan jurusan ini. Seorang teknisi jaringan komputer juga harus memiliki kemampuan menyelesaikan masalah.

7. Operator of Entry Data Processing (EDP)

Operator EDP Gaji Besar
Ilustrasi Operator EDP

Tugas seorang operator EDP adalah mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan operasional sistem semisal administrasi, yaitu input dan output dalam sistem. Seorang EDP juga memiliki hak akses sistem yang dikelolanya.

8. MIS Director

MIS Director Gaji Besar
Ilustrasi MIS Director

Mirip dengan EDP, Management Information System atau MIS Director memiliki jangkauan lebih luas. Seseorang yang bekerja sebagai MIS Director memiliki hak penuh atas perangkat lunak, perangkat keras, bahkan orang yang dipekerjakan dalam sistem yang dikelolanya.

Dengan begitu, secara otomatis akan mengemban tanggung jawab yang sangat besar pula. Karena itu, tidak sembarangan orang bisa menjadi MIS Director karena pada dasarnya harus yang kompeten dan bertanggung jawab akan tugasnya.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Terbaru 10 Pekerjaan dengan Gaji Besar di atas Rp15 Juta!

Bersyukurlah Buat Anda yang Ambil Jurusan IT

Jika Anda adalah seorang mahasiswa yang ambil jurusan IT, giatlah dalam mendalami jurusan Anda tersebut. Ada banyak pekerjaan di bidang IT yang sudah menanti untuk Anda. Bersyukurlah Anda bahwa pekerjaan tersebut hanya bisa dilakukan orang yang memang benar-benar berkemampuan di bidang IT.

Di luar sana ada banyak perusahaan yang menanti Anda untuk bergabung bersama mereka untuk menciptakan inovasi-inovasi terkait web dan sejenisnya. Pekerjaan di bidang IT termasuk pekerjaan yang akan dibutuhkan dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga: 8 Pekerjaan Bergengsi yang Bisa Diambil Sejak Masih Mahasiswa