Mau Belanja Murah? Beli Private Label Aja

Aktivitas belanja adalah aktivitas yang pasti dilakukan semua orang. Untuk memenuhi kebutuhan hariannya, seseorang pasti harus belanja baik itu dalam bentuk belanja bulanan, mingguan atau harian. Biasanya dalam suatu keluarga, yang bertugas untuk belanja adalah sang ibu, karena memang dialah yang mengetahui kebutuhan rumah tangga. Sedangkan tugas sang kepala keluarga adalah menyiapkan uang untuk dibelanjakan si ibu.

Belanja keperluan rumah tangga biasanya dilakukan satu bulan sekali dengan jumlah yang banyak. Tujuannya adalah supaya karena pembelian dalam jumlah banyak, harganya jadi lebih murah, tapi semurah-murahnya belanja bulanan, tetaplah membutuhkan uang yang tidak sedikit. Pengeluaran untuk belanja minimal menghabiskan 40% dari total penghasilan bulanan. Jadi belanja bulanan adalah salah satu sumber pengeluaran terbesar dalam rumah tangga. Karena itulah, ibu-ibu biasanya sangat pemilih pada saat berbelanja. Dan umumnya yang mereka cari adalah yang paling murah dan kualitasnya tidak buruk. Tapi apa ada barang seperti itu? Tentu saja ada.

Buat kamu yang sering belanja di supermarket, pasti kamu sudah sering lihat private label baik kamu sadari atau tidak. Yang pasti, biasanya barang private label itu lebih murah daripada barang merk biasa. Jadi kalo mau belanja murah, beli aja private label.

Apa Sih Private Label?

Private Label Adalah via soneriinternational.com

Private Label Adalah via soneriinternational.com

 

Private label adalah barang-barang yang memiliki merk dagang sesuai dengan tokonya. Produk private label di supply oleh toko swalayan itu sendiri makanya merk dagangnya juga menggunakan nama tokonya. Barang jenis private label ini sangat banyak dijumpai di berbagai supermarket, karena hampir semua supermarket memiliki private labelnya sendiri. Produk private label ini biasanya diletakkan sejajar dengan produk serupa dari merk dagang lainnya, namun private label akan lebih menonjol karena berbeda sendiri dengan merk dagang lainnya.

Apa Bedanya Sama Produk Lain?

Sejajar Dengan Merk Lain via instoretrends.com

Sejajar Dengan Merk Lain via instoretrends.com

 

Jadi kamu sudah tau apa itu private label. Lalu, apa bedanya sih dengan produk merk lain? Tentunya perbedaannya terletak dari merknya. Selain itu, produk private label tidak dipasarkan diluar toko. Proses pemasarannya hanya terjadi di dalam toko, jadi jangan harap kamu bisa melihat iklan di tv atau di pinggir jalan tentang barang-barang private label ini. Karena pemasaran hanya terjadi di dalam toko, maka yang tahu tentang merk ini hanya orang-orang yang belanja ke supermarket tersebut.

Tidak hanya itu, harga yang dipatok private label biasanya lebih murah daripada produk serupa dengan merk lain. Inilah yang menarik masyarakat untuk membeli produk private label. Lalu kenapa harganya bisa lebih murah ya? Jawabannya tak lain dan tak bukan karena mereka tidak melakukan pemasaran kepada publik di luar supermarket. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa biaya pemasaran merupakan sumber pengeluaran yang besar dalam sebuah perusahaan dan karena private label tidak melakukan ini, makanya harganya bisa ditekan jadi lebih murah.

Baca Juga: 5 Kartu Kredit Belanja Supermarket Terbaik

Bagaimana Dengan Kualitas Produk Private Label?

Meski Murah Tetap Berkualitas via wordpress.com

Meski Murah Tetap Berkualitas via wordpress.com

 

Banyak orang yang beranggapan, “Ada harga, ada barang”. Anggapan ini bukanlah hal yang sama, mengingat memang biasanya barang berkualitas tinggi diikuti dengan harga yang tidak murah. Oleh karena anggapan ini, banyak orang yang menganggap bahwa produk private label ini memiliki kualitas yang buruk karena harganya yang lebih murah daripada barang dari merk lain. Namun dalam hal kualitas produk, setiap orang memiliki kriterianya masing-masing, jadi bisa saja dengan harga yang murah sekalipun kriteria kamu tentang barang berkualitas cukup baik sudah tercukupi.

Jika kamu ingin mengetahui bagaimana kualitas dari produk private label, baik atau buruknya, maka hanya ada satu cara untuk mengetahuinya, yaitu dengan cara membeli dan mencobanya. Meskipun kualitasnya umumnya lebih rendah daripada produk merk lain, tapi perbedaannya tidak jauh kok. Jadi tetap bisa digunakan dan layak pakai pastinya. Sekali lagi, persoalan tentang kualitas tergantung pada kriteria pribadi kamu.

Belanja Murah Dengan Belanja Pintar

Seringkali yang membuat biaya belanja kamu jadi membengkak adalah karena kamu kurang pintar dalam berbelanja. Definisi pintar disini bukanlah tentang IQ ya, tapi tentang kejelian kamu melihat barang promo atau barang dengan harga yang murah. Nah, supaya kamu bisa belanja dengan pintar, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli barang private label loh. Selain harganya yang biasanya lebih murah dari merk lain, kualitasnya pun bisa saja sesuai dengan kriteriamu. Ayo mulai belanja murah dengan belanja pintar.  

Baca Juga: 6 Cara hemat Dengan Belanja Pintar