Mau Belanja Murah di Ulang Tahun Jakarta? Ini Event-Eventnya

Besok, 22 Juni 2017, Provinsi DKI Jakarta akan merayakan hari jadinya yang ke-490. Di usia yang mendekat 5 abad ini, Jakarta terus berkembang untuk menjadi kota yang maju. Pembangunan dan perbaikan terus dilakukan agar kota ini bisa terus mengikuti perkembangan zaman yang sangat cepat. Seperti biasa, untuk menyambut ulang tahun Ibu Kota negara ini selalu dilaksanakan event-event tertentu untuk dinikmati oleh masyarakat. Tercatat ada beberapa event yang dilaksanakan dalam rangka menyambut ulang tahun Jakarta.

Sejarah Ulang Tahun Jakarta

Kota Jakarta
Pemandangan Kota Jakarta via was-was.com

Bagi banyak orang, terutama yang tinggal di Jakarta, pasti terkadang kita suka bertanya-tanya, bagaimana sejarah ulang tahun kota Jakarta itu sendiri? Kenapa usia Ibu Kota negara bisa lebih tua dari negaranya sendiri? Jika dirunut, penetapan tanggal hari jadi Kota Jakarta sendiri dilakukan berdasarkan peristiwa perebutan pelabuhan Sunda Kelapa oleh Fatahillah pada tanggal 22 Juni 1527 silam.

Di mana saat itu Fatahillah mengusir Portugis dari pelabuhan Sunda Kelapa, kemudian ia mengubah nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta yang berarti kota kemenangan. Kemenangan inilah yang menjadi dasar penetapan sendiri dilakukan pada tahun 1965 oleh Sudiro, Walikota Jakarta pada saat itu. Ia merasa perlu diadakan peringatan hari jadi Kota Jakarta yang berbeda dengan berdirinya Batavia.

Pada masa penjajahan Belanda, hari ulang tahun Jakarta selalu diperingati setiap akhir Mei. Pemilihan waktu ini didasarkan atas hari penaklukan Jayakarta oleh Jenderal Jan Pieterszoon Coen. Setelah itu, Sudiro kemudian memanggil sejumlah ahi sejarah seperti Mr. Mohammad Yamin dan Mr. Dr. Soekanto, dan Sudardjo Tjokrosiswoyo seorang wartawan senior guna meneliti kapan didirikannya Jakarta oleh Fatahillah.

Saat itu, Sudiro meyakini bahwa perebutan Sunda Kelapa dilakukan pada tahun 1527. Setelah itu, dilangsungkanlah sidang khusus dan berakhir dengan penetapan 22 Juni 1527 sebagai hari ulang tahun Kota Jakarta. Setelah mendapatkan persetujuan pada sidang pleno 1965, maka tanggal 22 Juni resmi ditetapkan sebagai hari jadi Kota Jakarta.

Baca Juga: Rahasia Untung Investasi Apartemen di Jakarta

Event-Event Menarik di Ulang Tahun Jakarta 2017

Jakarta Fair
Suasana Jakarta Fair via pegipegi.com

Ulang tahun Jakarta selalu identik dengan adanya event-event menarik yang sayang untuk dilewatkan, terutama bagi para penyuka belanja karena akan ada berbagai diskon dan promo yang bisa Anda nikmati. Apa saja event-event tersebut? Berikut ini diantaranya:

Baca Juga: 5 Alasan Tidak Datang Ke Jakarta Pasca Lebaran

1. Jakarta Fair Kemayoran

Sebenarnya, acara ini lebih dikenal dengan nama Pekan Raya Jakarta (PRJ). Seperti namanya, acara ini diadakan di Kemayoran, tepatnya di Jakarta International Expo atau JIExpo Kemayoran. Jakarta Fair Kemayoran adalah acara tahunan yang diadakan oleh pihak penyelenggara bersama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk menyambut hari ulang tahun Jakarta dengan mengadakan pesta rakyat serta menyuguhkan berbagai kemeriahan.

Selain pesta rakyat, Pekan Raya Jakarta juga biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk memamerkan produk baru dan promosi-promosi menarik dari ribuan pertokoan yang ikut serta dalam acara ini. Jadi, tak mengherankan jika acara ini menjadi sorotan utama warga Jakarta selama kurang lebih 1 bulan lamanya.

Tahun ini, Jakarta Fair Kemayoran berlangsung selama 39 hari mulai dari 8 Juni sampai 16 Juli 2017. Dalam acara ini, para peserta pameran akan menjual berbagai produk dari berbagai sektor industri, mulai dari otomotif, teknologi, peralatan rumah tangga, garmen, kuliner, hingga industri kreatif.

Jakarta Fair mulai dibuka pukul 15.30-22.00 WIB pada Senin-Kamis, pukul 15.30-23.00 WIB pada Jumat, serta pukul 10.00-23.00 WIB pada Sabtu-Minggu. Jakarta Fair juga akan tetap buka pada hari Lebaran. Tiket masuk Jakarta Fair 2017 pada Senin sebesar Rp20.000 WIB, pada Selasa-Kamis seharga Rp25.000.

Sementara untuk akhir pekan, hari Jumat sampai Minggu dan pada hari-hari libur nasional, tiket masuk dijual seharga Rp 35.000. Pihak penyelenggara menggratiskan tiket masuk untuk lansia di atas 60 tahun.

2. Festival Jakarta Great Sale

Selain Jakarta Fair Kemayoran, ada acara besar lain yang diadakan untuk memeriahkan HUT DKI Jakarta, yaitu Festival Jakarta Great Sale (FJGS). FJGS ini diikuti oleh mal-mal besar yang ada di Jakarta. Dalam acara ini, mal-mal yang ikut memeriahkan akan memberikan banyak promosi dan diskon menarik serta biasanya mengadakan Midnight Sale. Tahun ini, FJGS 2015 akan ikut dimeriahkan oleh 81 mal di Jakarta dengan diskon hingga 70%.

Jumlah mal yang ikut pada tahun ini naik dari tahun lalu yang sebanyak 78 mal. Selain peserta mal, ada pula 40 pasar tradisional dan 12 hotel yang berpartisipasi memberikan potongan harga spesial. Seiring jumlah peserta yang bertambah, maka target penjualan juga naik sebesar 5% menjadi Rp16.54 triliun dari pencapaian sebelumnya yang Rp15.7 triliun. Acara ini akan berakhir pada 24 Juni. Di mana Transmart Cilandak akan menjadi venue terakhir dengan mengadakan midnight sale pada tanggal 23-24 Juni.

3. Jakarta Great Online Sale

Kini Anda bisa menikmati diskon besar-besaran dalam rangka menyambut ulang tahun Jakarta secara online. Di mana sekarang diadakan event Jakarta Online Great Sale (JGOS) 2017 yang diadakan mulai tanggal 15 Juni sampai puncaknya yaitu pada hari ulang tahun Jakarta 22 Juni 2017. Pada JGOS 2017, tercatat ada 150 situs online yang berpartisipasi. Jumlah ini berkembang pesat dari tahun-tahun sebelumnya, tercatat pada tahun 2013 hanya ada 11 situs online yang ikut event ini.

Meskipun hari ini adalah hari terakhir event JGOS, Anda jangan sampai melewatkannya. Karena di hari puncak ini, promo yang diberikan akan lebih besar dari sebelumnya. Tidak hanya situs e-commerce, situs financial technology cermati.com juga ikut memeriahkan event JGOS ini dengan memberikan diskon sebesar 22 persen untuk pembelian produk asuransi mobil khusus hanya pada hari terakhir JGOS.

Tentu ini menjadi kabar baik bagi Anda yang sedang mencari produk asuransi mobil untuk mobil kesayangan. Cermati.com menyediakan produk asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan penawaran premi terbaik dari perusahaan asuransi mobil terkemuka di Indonesia.

Baca Juga: Lokasi Pre-Wedding di Jakarta yang Gratis dan Berbayar

Boleh Manfaatkan Promo, Tapi Kesehatan Keuangan Tetap yang Utama

Ketiga acara besar ini memang sangat sayang dilewatkan, apalagi jika Anda ingin membeli barang yang sudah lama diimpikan. Meskipun begitu, jangan sampai lupa daratan dengan berbelanja terlalu boros. Boleh saja memanfaatkan promo yang sangat menarik, tapi jangan sampai mengganggu kesehatan keuangan. Jadi, selamat merayakan ulang tahun Jakarta!