Mau Beli Mobil Murah di Pameran Otomotif? Ini Trik Jitunya!

Setiap orang akan mempunyai alasan tertentu untuk dapat segera memiliki sebuah mobil idaman, barangkali Anda juga salah satu di antaranya. Tingginya kebutuhan akan sebuah sarana transportasi yang dapat menunjang segala aktivitas di luar rumah menjadi salah satu alasan paling umum yang banyak dikemukakan oleh seseorang untuk memiliki kendaraan pribadi. Hal ini memang sangat bisa dimaklumi, mengingat di Indonesia moda transportasi umum masih jauh dari kata memadai.

Bila memiliki sebuah mobil telah menjadi sesuatu yang wajib dan harus segera dipenuhi, maka tak ada salahnya jika Anda mendatangi pameran mobil sebagai sebuah langkah untuk mencari dan mendapatkan sejumlah informasi yang lengkap mengenai hal tersebut. Di sana Anda akan dengan leluasa bisa melakukan pengecekan dan perbandingan harga, menggali berbagai macam hal tentang mobil dan memilih jenis mobil yang paling tepat untuk kebutuhan Anda.

Kesempatan ini akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan informasi yang sebaik-baiknya, bahkan untuk Anda yang akan membeli mobil untuk pertama kalinya, karena di sana Anda akan menemukan banyak pilihan dealer yang siap membantu Anda.

Namun sebagaimana halnya dengan pemebelian barang lainnya, membeli mobil pun harus Anda lakukan dengan hati-hati dan penuh pertimbangan. Simak beberapa poin di bawah ini yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan saat akan membeli mobil di pameran.

1. Pilih Waktu yang Tepat

Akhir Tahun Merupakan Waktu yang Tepat untuk Membeli Mobil

Akhir Tahun Merupakan Waktu yang Tepat untuk Membeli Mobil via motonews.ru 

Meski ada gelaran pameran otomotif beberapa kali dalam setahun, namun pada umumnya pameran di akhir tahun akan memberikan penawaran harga yang paling murah daripada di waktu lainnya. Biasanya dalam gelaran pameran akhir tahun, setiap perusahaan akan berlomba-lomba untuk meningkatkan bonus tahunan dan mencapai target penjualan dalam jumlah tertentu dan hal ini bisa Anda jadikan sebagai kesempatan emas untuk mendapatkan sebuah penawaran yang paling menguntungkan.

Bila kebutuhan Anda untuk memiliki sebuah mobil tidak terlalu mendesak, maka Anda bisa menjadikan pameran akhir tahun sebagai waktu yang tepat untuk membeli mobil. Datanglah pada waktu yang tidak terlalu ramai pengunjung, misalnya di waktu hari belum terlalu siang, sehingga Anda dengan leluasa bisa mendapatkan berbagai informasi dari petugas dealer di pameran tersebut.

2. Miliki Pengetahuan yang Cukup

Sebelum mendatangi pameran, pastikan Anda memiliki sejumlah pengetahuan yang memadai mengenai seluk-beluk mobil, hal ini wajib terutama bagi Anda yang akan membeli mobil untuk pertama kalinya. Pelajari berbagai macam fitur yang terdapat di dalam mobil, di mana hal tersebut akan membantu Anda untuk bisa berkomunikasi lancar dengan para sales dan mendapatkan sejumlah informasi yang berguna bagi Anda.

Jangan berfokus hanya pada satu jenis mobil saja, namun ada baiknya Anda memiliki pengetahuan mengenai beberapa jenis mobil sekaligus agar Anda bisa dengan mudah melakukan perbandingan antara satu jenis mobil dengan jenis mobil lainnya.

3. Sesuaikan Target yang Diincar dengan Kebutuhan

Miliki Target dalam Memilih Mobil yang Akan Dibeli

Miliki Target dalam Memilih Mobil yang Akan Dibeli via cdn.com 

Saat datang ke sebuah pameran, sepatutnya Anda telah memiliki sebuah target incaran yang akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan utama dalam membeli mobil. Target ini akan sangat penting karena dapat membantu Anda untuk fokus mencari dan menggali informasi tertentu saja dan tidak menghabiskan banyak waktu dengan mendatangi banyak dealer yang jenis mobilnya jauh dari target yang Anda miliki.

Hindari berlama-lama di dealer yang berada di luar target yang Anda tentukan, hal ini akan membantu Anda terhindar dari bujuk rayu sales yang bisa saja membuat Anda terlena dan membeli sesuatu di luar target Anda.

Dalam menentukan target ini, ada baiknya Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan yang Anda miliki. Jangan sampai Anda membeli sebuah mobil dengan jenis dan fitur yang sebenarnya tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda telah memikirkan jenis mobil incaran Anda sebelum Anda mendatangi sebuah pameran.

4. Aktif di Beberapa Dealer

Ada baiknya Anda mendatangi beberapa dealer yang menjual mobil sesuai dengan jenis yang Anda inginkan. Hal ini akan membantu Anda memiliki sejumlah informasi penawaran harga dan beragam fasilitas lainnya yang mereka berikan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam menentukan pilihan dan mendapatkan penawaran terbaik yang bisa Anda pilih dengan mudah.

Beberapa penawaran menarik ini mungkin akan membuat Anda sedikit kebingungan dalam menentukan pilihan. Untuk itu, ada baiknya Anda meminta pertimbangan/saran dari orang terdekat atau mengambil sedikit waktu sebelum memutuskan pilihan yang akan Anda ambil nantinya.

Baca Juga: Beli Mobil Bekas? Ini Untung dan Ruginya

5. Jangan Terburu-Buru

Jangan Terburu-Buru Mengambil Keputusan

Jangan Terburu-Buru Mengambil Keputusan via jdpower.com

Pada saat mendatangi sebuah pameran otomotif, maka seringkali Anda akan dihadapkan pada sejumlah agen dan sales yang gencar berlomba-lomba untuk memberikan penawaran yang mereka miliki. Bila tidak bijak dan mampu menahan diri, maka besar kemungkinan Anda akan mengambil sebuah keputusan yang bersifat terburu-buru dalam membeli mobil.

Bersikaplah santai dan tenang agar Anda dapat mengambil sebuah keputusan dengan bijak, karena membeli sebuah mobil akan melibatkan uang sebesar puluhan bahkan ratusan juta jumlahnya. Untuk itu, Anda harus memikirkannya dengan sangat matang.

Bila ternyata di hari pertama datang ke pameran Anda belum menemukan pilihan yang tepat, maka tidak ada salahnya Anda menunda dan kembali lagi keesokan harinya. Waktu jeda tersebut bisa Anda gunakan untuk memikirkan kembali keputusan terbaik yang bisa Anda ambil kemudian.

6. Sesuaikan Dana dengan Jenis Pembayaran

Hal lainnya yang tidak boleh luput dari pertimbangan Anda adalah besaran dana yang Anda miliki untuk membeli sebuah mobil. Jumlah ini sangat perlu Anda sesuaikan dengan jenis mobil yang akan Anda beli dan jangan sampai Anda membeli sebuah mobil yang harganya di luar kemampuan bayar yang Anda miliki.

Bila ternyata Anda berpikir untuk membeli sebuah mobil dengan cara mengajukan kredit, maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai segala aturan dan ketentuan yang ditetapkan di dalam pembelian tersebut.

Pilih leasing yang benar-benar memiliki kredibilitas yang baik dan pastikan Anda mendapatkan layanan kredit yang terbaik dan menguntungkan di dalam pembelian mobil tersebut.

7. Pilih Agen Terbaik

Pilih Agen yang Ahli

Pilih Agen yang Ahli via weaverinsurance.com 

Dalam sebuah pameran otomotif, biasanya ada saja agen-agen nakal yang hanya berperan sementara dan kemudian “menghilang” dari dealer dan tidak menyelesaikan berbagai macam urusan dengan pelanggannya terlebih dahulu. Jika Anda berurusan dengan agen yang seperti ini, maka sudah bisa dipastikan Anda akan mengalami kerepotan dan bahkan kerugian dalam pembelian mobil tersebut.

Untuk itu Anda perlu selalu ekstra hati-hati dalam memilih agen pembelian yang paling tepat, jangan sampai Anda tertipu dengan keberadaan agen-agen yang tidak profesional.

8. Dapatkan Diskon Terbaik

Pada umumnya, sebuah pameran otomotif akan sarat dengan penawaran menarik dan diskon serta bonus menggiurkan. Jangan segan-segan untuk melakukan tawar-menawar diskon karena hal tersebut wajar saja dilakukan dalam sebuah pameran.

Dalam sebuah pameran yang besar, pihak dealer akan mendapatkan banyak keuntungan dari jumlah penjualan yang terbilang lumayan besar, karena itu mereka juga tidak akan sungkan-sungkan untuk memberikan berbagai macam diskon dan bonus dalam penjualan. Pastikan Anda mendapatkan diskon dan bonus terbaik, agar bisa mengurangi jumlah pembayaran yang akan Anda lakukan.

Baca Juga: Beli Mobil Secara Kredit Rugi, Benarkah?

9. Produk Unggulan atau Produk Pilihan?

Jangan Tergoda dengan Produk Unggulan

Jangan Tergoda dengan Produk Unggulan via slashgear.com

Bila pergi ke sebuah pameran otomotif, maka Anda akan menemui sejumlah produk unggulan yang menjadi primadona di dalam gelaran tersebut. Produk ini biasanya akan dilabeli dengan sejumlah promosi menarik dan diskon yang menggiurkan. Namun jangan mudah tergoda dengan sebuah produk unggulan yang tidak benar-benar Anda ketahui keunggulannya.

Anda juga perlu untuk memastikan jenis produk unggulan tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan sampai Anda membeli jenis mobil yang tidak cocok dengan kebutuhan Anda.

10. Layanan Purna Jual

Selain harga beli, maka harga jual di kemudian hari juga patut untuk Anda pertimbangkan saat akan membeli mobil. Usahakan membeli sebuah mobil yang harga jual kondisi bekasnya masih cukup tinggi, sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian di kemudian hari.

11. Sertakan Asuransi

Lakukan Pembelian yang Menyertakan Asuransi

Lakukan Pembelian yang Menyertakan Asuransi via bigraph.org

Hal penting yang tidak boleh Anda lupakan saat akan membeli sebuah mobil adalah menyertakan sebuah layanan asuransi, karena hal ini akan membantu Anda melindungi segala resiko yang mungkin terjadi pada mobil Anda. Pilih jenis asuransi yang terbaik dan pastikan Anda menggunakan layanan asuransi dari sebuah perusahaan penyedia jasa asuransi yang bisa dipercaya.

12. Lakukan Test Drive

Manfaatkan kesempatan yang biasanya akan diberikan oleh pihak dealer untuk melakukan test drive. Anda bisa menikmati performa mobil yang Anda beli secara nyata, sehingga Anda mudah menentukan pilihan yang akan Anda ambil.

Pertimbangkan dengan Matang dan Pilih yang Terbaik

Setiap orang akan memiliki pertimbangan yang berbeda-beda dalam membeli sebuah mobil. Namun, hal yang utama dan patut menjadi pertimbangan Anda adalah jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga besaran dana yang Anda miliki untuk membelinya.

Sesuaikan kedua hal tersebut dan pertimbangkan dengan matang pilihan yang akan Anda buat sehingga tidak akan ada penyesalan di kemudian hari.

Baca Juga: Kredit Mobil, Mau Pilih Di Bank Atau Leasing?