Mau Cari Sensasi Baru? Wisata Anti Mainstream Ini Cocok untuk Liburan 2019

Godaan liburan datang lagi nih. Jadwal libur nasional dan cuti bersama tahun 2019 sudah keluar. Totalnya ada 20 hari libur selama setahun ke depan. Buat kamu yang ingin merencanakan plesiran di dalam maupun luar negeri, mulai deh dari sekarang hunting tiket murah dan kumpulin uangnya.

Rincian Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2019

Rincian Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2019
Rincian Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2019

Enggak usah bingung nentuin tanggal keberangkatan liburan atau ambil jatah cuti untuk lari sejenak dari rutinitas. Kamu bisa catat rincian 20 hari libur nasional dan cuti bersama 2019 yang sudah diketok palu pemerintah.

  • Hari libur nasional sebanyak 16 hari
  • Cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah dan Hari Raya Natal ada 4 hari

Baca Juga: 'Traveller' Wajib Punya Kartu Kredit ini, Kenapa?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

 

A. Hari Libur Nasional Tahun 2019

 

No

Tanggal

Hari

Keterangan

1

1 Januari

Selasa

Tahun Baru 2019 Masehi

2

5 Februari

Selasa

Tahun Baru Imlek 2570 Kongzili

3

7 Maret

Kamis

Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941

4

3 Apil

Rabu

Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW

5

19 April

Jumat

Wafat Isa Al Masih

6

1 Mei

Rabu

Hari Buruh Internasional

7

19 Mei

Minggu

Hari Raya Waisak 2563

8

30 Mei

Kamis

Kenaikan Isa Al Masih

9

1 Juni

Sabtu

Hari Lahir Pancasila

10

5-6 Juni

Rabu-Kamis

Hari Raya Idul Fitri 1440 H

11

11 Agustus

Minggu

Hari Raya Idul Adha 1440 H

12

17 Agustus

Sabtu

Hari Kemerdekaan RI

13

1 September

Minggu

Tahun Baru Islam 1441 H

14

9 November

Sabtu

Maulid Nabi Muhammad SAW

15

25 Desember

Rabu

Hari Raya Natal

 

B. Cuti Bersama Tahun 2019

 

No

Tanggal

Hari

Keterangan

1

3, 4, dan 7 Juni

Senin, Selasa, dan Jumat

Hari Raya Idul Fitri 1440 H

2

24 Desember

Selasa

Hari Raya Natal

Baca Juga: 6 Cara Hemat Liburan Ke Luar Negeri

Wisata Anti Mainstream

Kan sudah tahu jadwal libur untuk tahun depan, sekarang giliran waktunya merencanakan liburan seru. Tapi bosen enggak sih liburan yang B alias biasa-biasa aja? Mau wisata yang anti mainstream? Ada nih, Cermati.com bakal kasih rekomendasinya buat kamu.

1. Wisata Horor

Wisata Horor
Wisata Horor via Instagram Jelajah Traveller

Bagaimana ya rasanya jalan-jalan, tapi mengunjungi tempat-tempat seram? Detak jantung pasti akan berdegup kencang, adrenalin terpacu, rasa takut menjalar di sekujur tubuh ketika kaki melangkah di sebuah tempat yang sudah terkenal angker. Yang ada malah ketemu hantu, dedemit, dan makhluk tak kasat mata lain. Hi... merinding.

Itulah sensasi yang ditawarkan jasa travel atau komunitas mistis yang ada di Indonesia maupun negara lain. Mereka merancang paket tur wisata horor bagi peserta yang ingin merasakan pengalaman baru.

Tidak usah jauh-jauh, di Indonesia contohnya, Jelajah Traveler mengadakan open trip, edisi traveling mistis. Destinasi wisatanya ke Rumah Pengabdi Setan, salah satu tempat terangker di Pangalengan, Jawa Barat. Rumah tua ini pernah menjadi lokasi syuting film remake ‘Pengabdi Setan’ besutan Joko Anwar. Harga paket tur cuma Rp250 ribu per orang.

Tujuan wisata horor lainnya trip ke Gua Belanda dan Jepang di Bandung. Dengan biaya Rp100 ribu per orang, kamu langsung diajak uji nyali yang bisa bikin bulu kuduk kamu berdiri. Selain itu, ada juga komunitas mistis yang tersebar di berbagai daerah dengan kegiatan trip ke tempat-tempat angker pada malam hari. 

2. Wisata Kumuh

Wisata Kumuh
Wisata Kumuh via realjakarta.blogspot.com

Mau sensasi berpetualang yang beda banget? Coba deh ikut trip keliling kawasan kumuh di Jakarta. Wisata ini akan membuka mata, hati, dan pikiran kamu tentang sisi lain Ibu Kota. Jadi jangan cuma tahunya mal mewah atau tempat wisata dengan pemandangan yang menyedapkan mata.

Jakarta Hidden Tour menawarkan paket wisata mengunjungi kawasan kumuh di Bantaran Sungai Ciliwung; kawasan pemukiman kumuh di sekitar rel kereta api Galur, Senen; kawasan Kota dan Pasar Ikan; dan kampung Luar Batang. Wisata kemiskinan ini ternyata jadi favorit para turis dengan biaya USD 50 atau sekitar Rp700 ribu (kurs Rp14.000 per USD). Mereka berkeliling rute tersebut menggunakan transportasi ojek, bajaj, becak, perahu getek.

Peserta juga bisa berinteraksi langsung, bahkan memberi bantuan kepada warga di daerah kumuh. Tapi satu hal yang perlu kamu tahu, bahwa Ronny Poluan si penggagas wisata kumuh ini akan memberikan sebagian dari biaya tur untuk masyarakat di daerah kumuh tersebut. Wisata kemiskinan bukan hanya ada di Jakarta, tapi sudah lebih dulu ada di Mumbai, India; Rio de Janeiro, Brasil; Cape Town, Afrika Selatan; Mexico City di Meksiko; dan kota-kota di negara lainnya.

3. Wisata Kapal Pesiar

Wisata Kapal Pesiar
Wisata Kapal Pesiar via Website Yuk Travel

Kalau jenuh naik pesawat, yuk liburan di atas kapal pesiar. Sejauh mata memandang kamu akan disuguhi pemandangan hamparan laut tak bertepi. Dengan biaya mulai dari Rp4 jutaan per orang, kamu sudah bisa menikmati paket wisata kapal pesiar yang berlayar dari Singapura menuju Malaysia (PP) 4 hari 3 malam. Tentunya biaya ini belum termasuk tiket pesawat (PP) Jakarta-Singapura sekitar Rp1 juta (bisa lebih murah saat low season), biaya menginap di hotel Singapura, tiket masuk obyek wisata, dan biaya oleh-oleh saat transit di Malaysia.

Tapi kamu sudah bisa mencicipi fasilitas di kapal pesiar, seperti teater, bioskop, salon, spa, pusat kebugaran, restoran dan bar, game center, bahkan ada mal juga loh. Itu di indoor. Sementara ragam hiburan di outdoor, yakni lapangan basket, kolam renang, jakuzi, mini golf, water slide sampai flying fox.

4. Wisata Sewa Pulau Pribadi

Pulau Joyo
Pulau Joyo, Indonesia via privateislandsonline.com

Buat yang sedang butuh ketenangan, berbulan madu, atau ingin lebih privasi, kamu bisa menyewa pulau pribadi. Liburan anti mainstream kan? Beberapa pulau pribadi yang bisa disewa dengan bujet murah, antara lain:

  • Pulau Joyo, Kepulauan Riau

Indonesia punya pulau pribadi yang bisa disewakan, namanya Pulau Joyo di Kepulauan Riau. Pasir putih dan keindahan lautnya akan memanjakan mata kamu. Berada di sini, liburan kamu dijamin tenang. Biaya menginap di Pulau Joyo mulai dari Rp 2,6 juta per malam.

  • Pangkor Laut, Malaysia

Pulau Pangkor Laut, Malaysia dikepung hutan hujan dan pasir putih yang akan membuat pikiran kamu rileks. Di pulau ini ada penginapan, lengkap dengan tempat tidur, kamar mandi, dan balkon yang menghadap ke laut. Kalau mau liburan ke sini, biaya sewanya sekitar Rp2,2 juta per malam.

  • Pulau Brother, El Nido, Filipina

Terbang jauh sedikit, kamu bisa menemukan surga dunia Pulau Brother di Filipina. Pulau tak berpenghuni yang memiliki daya tarik pemandangan tebing kapur. Kamu bisa menikmati keindahan Pulau Brother dengan merogoh kocek Rp5 jutaan per malam. Pengunjung dibatasi 10 orang. Jadi kalau kamu melancong bersama teman, tinggal patungan saja supaya lebih murah.

Tentukan Pilihan Kamu Sekarang

Wisata anti mainstream di atas bisa jadi pilihan liburan seru buat kamu yang ingin merasakan sensasi berbeda. Jika sudah menentukan tujuan liburan, segera ambil langkah mulai berburu tiket pesawat maupun kereta api murah dari sekarang. Jangan lupa untuk lindungi diri dan keluarga dengan asuransi perjalanan supaya liburan terasa aman dan nyaman.

Baca Juga: 12 Tips Ampuh Agar Tidak Bangkrut Setelah Liburan