Mau Gaji 8 Juta? Fresh Graduate Bisa Aja, Asal Punya Skill Ini

Siapa bilang tidak punya pengalaman bekerja profesional dan baru lulus kuliah tidak bisa digaji tinggi? Dijaman sekarang, perusahaan-perusahaan sudah mau memilih seorang yang memiliki banyak skill dan kemauan belajar yang tinggi bahkan mau memberikan gaji diatas standar bagi fresh graduate pada umumnya untuk bisa bekerja diperusahaan mereka.

Nah, jika kamu adalah mahasiswa yang baru akan lulus dan ingin memiliki pekerjaan dengan penghasilan lumayan, maka ada beberapa skill kekinian yang harus bisa kamu kuasai terlebih dahulu untuk mendukung cita-cita kamu.

Ada harga yah ada hasil, ini dia beberapa skill yang bisa kamu cicil untuk pelajari sekarang sebelum lulus kuliah biar bisa digaji sampai 8 juta walaupun masih fresh graduate versi cermati.com:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Multilingual

multilingual

Di era globalisasi saat ini tentu saja kemampuan berkomunikasi dengan berbagai macam bahasa bisa sangat membantu tidak hanya meningkatkan pengetahuan tapi juga karir dan penghasilan kamu. Sebenarnya dari dulu bisa berbicara lebih dari 1 bahasa sudah menjadi persyaratan banyak perusahaan, terutama perusahaan multinasional. Dan pasti yang diutamakan adalah bahasa Inggris.

Tapi semakin berkembangnya jaman, bahasa Inggris tidak lagi menjadi kemampuan bahasa yang diprioritaskan. Bahasa seperti Cina/Mandarin, Jepang, Korea bahkan Arab sudah menjadi kemampuan bahasa yang banyak diincar oleh perusahaan multinasiona.

Untuk itu jika kamu memiliki hobi belajar bahasa baru, maka ini kesempatan kamu untuk memanfaatkannya ke level maksimal. Apalagi jika kamu bisa menguasai setidaknya 3 bahasa sekaligus diluar bahasa Indonesia. Siap-siap dapat penawaran gaji tinggi jika melamar di perusahaan multinasional nanti.

2. Digital Marketing

digital marketing

Sekarang perusahaan yang sedang banyak berkembang dan menjamur dimana-mana adalah perusahaan berbasis online seperti e-commerce, fintech, online shop dan masih banyak lagi. Kecanggihan teknologi internet saat ini tentu saja membuat profesi-profesi yang berbau digital skill semakin mendapatkan perhatian dan ‘high demand’ alias dibutuhkan dimana-mana.

Tapi yang harus kamu tau, posisi—posisi dalam Digital marketing itu banyak loh, tapi tenang semua sama-sama penting dan tentu saja dibutuhkan dimana-mana. Apa saja?

  • Copywriter
  • Content writer
  • Social media specialist
  • SEO
  • UX Design

Semua posisi diatas bisa kamu pelajari secara otodidak melalui internet, bahkan untuk SEO dan Design Grafis kamu bisa menemukan banyak kursus online khusus yang mengajarkan kedua posisi tersebut secara berbayar untuk peningkatan kemampuan yang lebih cepat dan baik lagi.

Sisanya kamu bisa pelajari secara gratis diinternet dengan sangat mudah, baik dari sebuah blog atau website resmi.

Baca Juga: 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Konten di Media Sosial

3. Coding / Programmer

coding

Ternyata untuk bisa jago coding kamu tidak harus capek-capek kuliah lagi. Ada banyak kursus online gratis yang bisa kamu kunjungi untuk mempelajari skill satu ini. Seperti digital marketing, skill sebagai seorang programmer sedang banyak sekali dibutuhkan saat ini. Terutama untuk perusahaan-perusahaan kelas startup.

Jangan salah, menjadi programmer walaupun masih dilevel fresh graduate kamu bisa digaji diatas Rp5juta apalagi dan bisa meningkat bahkan hingga diatas 10 juta jika sebelumnya kamu sudah memiliki pengalaman dalam mengerjakan project-project besar baik sebagai seorang freelancer atau part timer.

Jika kamu benar-benar tertarik untuk belajar coding gratisan, ini dia beberapa website yang bisa kamu kunjungi:

  • Coursera
  • Github
  • Codeacademy
  • Udemy
  • MIT Open Courseware
  • edX
  • Khan Academy
  • Code Avengers
  • Free Code Camp
  • pledge

4. Marketing Communication Skill

marketing communication skill

Berbeda dengan digital marketing, skill marketing communication ini lebih luas lagi lahannya. Tidak hanya di platform online. Pelaku dari marketing communication harus memiliki skill komunikasi yang baik. Terutama yang berjenis persuasif. Yah namanya juga berdagang pasti harus jago dong berkomunikasinya ke calon konsumen agar target bisa tercapai.

Mengingat skill seperti ini tidak bisa sembarangan orang yang punya, itu kenapa orang-orang yang bekerja di bidang martketing sangat berpotensi memiliki jenjang karir yang pasti dan cepat juga bergaji tinggi.

Orang-orang yang ikut masuk ke kategori marketing communication seperti PR dan Bizdev pun tidak hanya harus jago ngomong dalam membujuk calon konsumen atau kliennya untuk mau bekerja sama tapi juga mereka harus pintar dalam mengatur strategi dalam mempromosikan produk mereka dengan keuntungan yang berlipat.

Itu mengapa ketika kamu sudah berniat untuk menjalani skill ini, jangan hanya belajar cara berkomunikasi saja tapi juga coba pelajari ilmu marketing secara seutuhnya seperti konsumen, strategi pemasarannya, analisis bisnis dan produk. Karena berbeda produk artinya berbeda konsumen, berbeda konsumen artinya berbeda juga cara promosinya.

Baca Juga: Kerja Online Jadi Alternatif Dapat Penghasilan Cepat dan Mudah, Begini Ulasannya!

5. Creative Visual and Audio Production Skill

editor video

Sekarang agensi kreatif semakin banyak, baik yang skala besar atau startup. Itu kenapa orang-orang yang bisa mengedit video dan audio juga sangat banyak dibutuhkan saat ini. Tidak sulit kok mempelajari skill yang satu ini.

Semua bisa kamu pelajari secara online baik dari website khusus bahkan sebuah tutorial video Youtube. Yang hanya kamu perlukan adalah laptop dengan koneksi internet dan kamu pun bisa belajar cara menjadi seorang video dan audio editor.

Dengan kemampuan tersebut kamu tidak hanya bisa bekerja di sebuah agensi kreatif, tapi di pertelevisian bahkan perfilman. Lapangan kerja yang luas tentu bisa membuat kamu berpotensi mendapatkan penghasilan hingga Rp8juta walaupun kamu hanya seorang fresh graduate.

6. Desain Grafis

desain grafis

Sekarang dibanyak perusahaan berbasis online, seorang design grafis menjadi sangat penting perannya. Terutama dalam bidang marketing. Promo di website perlu desain grafis, bikin post di instagram atau facebook perlu desain grafis. Untuk itu jika kamu punya skill ini sebagai nilai plus tentu saja, kamu tidak hanya dipermudah mencari dan mendapatkan kerja tapi juga digaji dengan nilai yang cukup tinggi.

Untuk bisa mendesain tidak perlu repot ikut kelas kursus berbayar atau kuliah lagi, cukup lewat internet saja. Bahkan tutorial videonya pun sudah banyak bertebaran di Youtube. Cukup tulis keyword ‘tutorial cara mendesain dengan Adobe Photoshop....’ dan kamu pun bisa belajar sepuasnya secara gratis lewat sumber online manapun yang kamu pilih.

Tetap Sesuaikan dengan Passion dan Kemampuanmu

Tidak ada  yang melarang untuk memiliki dan mempelajari skill sebanyak apapun itu. Tapi itu semua juga harus disesuaikan kemampuan dan kebutuhan juga passion kamu. Contohnya jika percuma jika kamu mempelajari hal sedang hype tapi kamu tidak menyukainya tentunya akan membuat kamu stress, tidak maksimal dan ujung-ujungnya hanya membuang waktu dan tenaga saja kan?

Baca Juga: Jangan Jadi Korban Berikutnya! Kenali Ciri-Ciri Modus Penipuan Lowongan Kerja Palsu Berikut Ini