Mau Hemat dan Untung Belanja ‘Online’ Saat Ramadan? Ini Caranya

Belanja saat bulan Ramadan seolah sudah jadi agenda rutin tahunan, tak lain karena untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Fitri. Wajar saja, mengingat di momen Lebaran ini rasanya tidak ada orang yang ingin melewatkan kebersamaan dengan keluarga besar mereka di hari yang suci.

Namanya juga setahun sekali, rasanya tidak afdal bila momen ini terlewat begitu saja. Maka, hampir semua orang yang merayakan Lebaran bisa dipastikan belanja beraneka ragam hidangan hingga pakaian dan aksesorisnya saat Ramadan.

Semua tampak baru. Baju baru, sepatu baru, sandal baru, aksesoris baru, tas baru, dan masih banyak lagi. Meski tak wajib, namun, kenyataannya ini sudah jadi tradisi turun termurun.

Pengeluaran Membengkak Jelang Lebaran

Banyak Pengeluaran
Ilustrasi banyak pengeluaran untuk belanja

Karena semuanya seolah mesti serba baru, tak heran bila belanja setahun sekali ini pun membuat pengeluaran mendadak bengkak. Maklum, seringnya belanja itu tidak hanya untuk keperluan sendiri alias pribadi, tapi juga keluarga besar lainnya.

Belum lagi, bila ternyata punya banyak adik atau keponakan, yang masing-masing sepertinya sudah jadi keharusan diberi hadiah pada saat Lebaran sebagai tanda mata atau apresiasi atas keberhasilan berpuasa. Ini terasa semakin wajib saja bila ternyata perayaan Lebaran ini harus mudik ke kampung halaman.

Bisa dibayangkan bagaimana harapan mereka, sang keluarga besar tercinta menunggu kita bersama cindera mata yang kita bawa setahun sekali ini untuk memeriahkan kemenangan setelah berpuasa satu bulan penuh.

Pulang dengan tangan kosong? Uh, rasanya enggak mungkin!

Nah, tentu kita harus pandai-pandai mengatur uang yang akan dibelanjakan untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan persiapan untuk Lebaran itu. Caranya?

Baca Juga: Kehabisan Tiket? Lakukan ini agar Tetap Bisa Mudik Lebaran

Cara Belanja Hemat dan Untung Saat Ramadan-Lebaran

Belanja Online
Berbelanja hematlah untuk menjaga kondisi keuangan Anda

Bukan tidak ada cara untuk bisa lebih hemat bahkan untung saat belanja online untuk kebutuhan bulan puasa dan lebaran. Caranya mudah, yakni Anda cukup memanfaatkan fasilitas yang ada pada kartu kredit.

Lalu, kartu kredit apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk belanja online di bulan Ramadan ini? Berikut beberapa kartu kredit yang bisa jadi pilihan untuk membantu Anda berhemat, malah menguntungkan dan bisa belanja setiap hari, diantaranya:

1. Hemat Pakai Karu Kredit Bukopin

Kartu Kredit Bukopin

Tak tanggung-tanggung, di berkah Ramadan ini, Anda bisa belanja online hemat di Tokopedia. Dengan menggunakan kartu kredit Bukopin, belanja kebutuhan bisa mendapatkan cashback 10% hingga Rp100.000.

Untuk mendapatkan cashback ini, Anda tinggal memasukkan kode promo BERKAHBKPN di halaman pembayaran. Ketentuan untuk mendapatkan cashback ini adalah 1 pengguna Tokopedia hanya 1 nomor ponsel yang terverifikasi.

Baca Juga: Tips agar Tak Kehabisan Uang Jelang Ramadan Berakhir

2. Hemat Pakai Kartu Kredit CIMB Niaga

Kartu Kredit CIMB Niaga

Anda juga bisa memanfaatkan kartu kredit CIMB Niaga untuk mendapatkan berkah cashback 10% hingga Rp100.000 di Tokopedia. Caranya juga masih sama, yakni dengan mengetikkan kode promo di halaman pembayaran, yakni BERKAHCIMB.

Ketentuannya juga hanya berlaku buat 1 orang pengguna Tokopedia sebanyak 1 kali per promo. Artinya satu akun hanya diperbolehkan mengikuti sekali promo ini.

3. Hemat Pakai Kartu Kredit Standard Chartered

Kartu Kredit Standard Chartered

Begitu juga dengan belanja menggunakan kartu kredit yang satu ini. Anda bakal mendapatkan cashback 10% hingga Rp100.000 di Tokopedia.

Untuk mendapatkan cashback ini, Anda cukup memasukkan kode promo BERKAHHSCB pada laman pembayaran. Ketentuannya 1 pengguna akun Tokopedia hanya bisa mengikuti promo ini 1 kali.

4. Hemat Pakai Kartu Kredit Mandiri

Kartu Kredit Bank Mandiri

Jika Anda memiliki kartu kredit Mandiri, manfaatkan untuk mendapat cashback dengan belanja online di e-commerce Tokopedia. Cukup ketikkan kode promo BERKAHMANCC di halaman pembayaran, Anda akan mendapatkan diskon 10% hingga Rp100.000.

5. Hemat Pakai Kartu Kredit UOB

Kartu Kredit UOB

Anda juga bisa memanfaatkan kartu kredit UOB untuk bertransaksi belanja online di Tokopedia dan mendapatkan cashback sebesar Rp100.000. Anda cukup mengetikkan kode promo BERKAHUOB di halaman pembayaran.

6. Hemat Pakai Kartu Kredit HSBC

Kartu Kredit HSBC

Nah, bagi Anda yang punya kartu kredit HSBC, juga tak ketinggalan bisa menikmati diskon flat Rp100.000 saat belanja di Tokopedia. Cukup mengetikkan kode promo BERKAHHSBC di halaman pembayaran, dengan ketentuan 1 akun Tokopedia hanya bisa ikuti promo sebanyak 1 kali saja.

7. Hemat Pakai Kartu Kredit Citi

Kartu Kredit Citi

Bagi yang punya kartu kredit Citi juga bisa menikmati cashback 10% hingga Rp100.000 saat belanja online di Tokopedia. Anda cukup memasukkan kode promo BERKAHCITI di halaman pembayaran, dengan ketentuan 1 akun pengguna Tokopedia hanya dapat mengikuti 1 kali per promo.

8. Hemat Pakai Kartu Kredit OCBC

Kartu Kredit OCBC

Apakah Anda punya kartu kredit OCBC? Manfaatkan untuk mendapatkan cashback 10% hingga Rp100.000 untuk belanja online di Tokopedia. Caranya tinggal memasukkan kode promo BERKAHOCBC di halaman pembayaran, dengan ketentuan 1 pengguna Tokopedia hanya bisa mengikuti promo ini sebanyak 1 kali per hari yang ditentukan.

9. Hemat Pakai Kartu Kredit BCA

Kartu Kredit BCA

Begitu juga dengan Anda yang punya kartu kredit BCA, bisa menikmati diskon 10% Rp100.000 saat belanja online di Tokopedia. Caranya, ketikkan kode promo BERKAHBCA di halaman pembayaran. Ketentuannya 1 akun penggunaka Tokopedia hanya bisa mengikuti promo ini sebanyak 1 kali per transaksi yang ditentukan.

Ramadan dan Lebaran Tenang dengan Kartu Kredit

Bukan tak mungkin bisa berhemat meski di bulan puasa dan Lebaran, yang konon katanya butuh dana ekstra pada momen tersebut. Tapi, sudah seharusnya kita jadi konsumen yang cerdas dengan memanfaatkan fasilitas kartu kredit untuk menghematnya.

Jadi, buang jauh anggapan bahwa punya kartu kredit itu merugikan, karena memang bisa lebih menguntungkan. Bila belum memiliki kartu kredit, segera ajukan kartu kredit sesuai pilihan dan kebutuhan Anda di Cermati.com. Belanja dengan kartu kredit, hemat sekaligus menyenangkan, bukan?

Baca Juga: Rayakan Lebaran: Jangan Lupa Tukar Uang Baru, ini Caranya!