Mau Hemat Keliling Dunia? Ini Caranya

Setiap orang ingin melihat wajah dunia di luar negaranya masing-masing dan merasakan perbedaan budaya, orang-orang dan panoramanya yang menarik. Tentu hal itu bukan lagi menjadi hal yang mustahil karena dukungan sistem tranportasi yang baik untuk bisa menjelajah ke berbagai negara. Tiap tahun, backpacker alias pengelana dari berbagai negara saling berkunjung ke satu negara ke negara lain hingga ke benua lain. Keliling dunia rupanya sudah menjadi gaya hidup tersendiri dan tentunya sebuah kepuasan yang tak dapat dinilai.

Namun, untuk bisa mendapatkan kemewahan berkeliling dunia itu, apakah kamu harus mengeluarkan banyak uang? Memang kamu perlu menyiapkan dana khusus untuk melakukannya, tapi ada cara kok untuk bisa berhemat saat melakukan perjalanan keliling dunia, apa saja? berikut tipsnya.

1. Ikut Program Workaway

Program Workaway

Program Workaway via bates.edu

 

Workaway adalah program pertukaran antara relawan dan host di mana individu, pasangan, dan bahkan keluarga dapat bekerja pada usaha kecil, organisasi, atau keluarga lain dengan bayaran berupa makanan dan penginapan gratis. Karena pada dasarnya kamu paham dong bahwa biaya transportasi sudah cukup mahal sehingga kamu bisa menyiasati biaya akomodasikamu dengan ikut program workaway.

Dengan ikut program ini, kamu dapat bertemu orang-orang yang benar-benar luar biasa dan bisa melakukan hal-hal yang benar-benar menakjubkan, seperti bekerja di kebun anggur di Australia, sarapan bersama penduduk lokal di pedesaan Prancis, ataupun beternak dan memerah susu di New Zealand. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang workaway,kamu bisa cek di Workaway.info.

Baca juga: 10 Cara Menghasilkan Uang Saat Liburan

2. Beli Round The World Tiket Lewat Aliansi Maskapai Penerbangan

Star Alliance

Maskapai yang Tergabung Dengan Aliansi Penerbangan via wikimedia.com

 

Sistem tiket Round The World adalah sistem pembelian tiket penerbangan melalui Aliansi maskapai penerbangan seperti Star Alliance, One World, atau SkyTeam sehingga mempermudah kamu melakukan perjalanan di seluruh dunia. Daripada membeli tiket tunggal untuk setiap perjalanan jelajah dunia, tiket RTW memungkinkan Kamu memesan banyak dengan rute negara yang berbeda melalui satu aliansi maskapai dan tentunya akan menghemat biaya tiket pesawat kamu. Saya menggunakan Star Alliance, tetapi ketiganya adalah pilihan yang besar bagi wisatawan yang ingin memukul beberapa benua dan negara-negara dalam satu kali pergi.

Misalnya adalah kamu bisa beli tiket RTW dari Paris ke Wina, Istanbul, Bangkok, Sydney, Auckland, Los Angeles, Lima, Buenos Aires dan kembali lagi ke Paris hanya sebesar $4.200 atau sekitar Rp54,6 juta (kurs $1 = Rp13.000). Memang mahal, tapi bayangkan misalnya rata-rata tiket pesawat dari Amerika Serikat ke Asutralia harganya $2500 atau sekitar Rp32,5 juta. Harga $4.200 untuk mengelilingi banyak negara itu terbilang murah lho.

3. Kemas Baju yang Sesuai Dengan Perjalanan Kamu

Packing Pakaian

Berkemas Seperlunya via gaijinpot.com

 

Berkemas adalah tugas yang paling menakutkan dan menguras emosi setiap traveller. Tapi setidaknya kamu bisa mempertimbangkan hal berikut ini. Bawa baju yang berkualitas bagus sehingga tidak mudah aus jika kamu pakai berkali-kali saat kamu menjelajah negara dengan kondisi cuaca yang berbeda. Kamu harus investasikan uang lebih memang untuk membeli baju-baju yang kualitasnya bagus, tapi lebih baik memperisapkannya sedini mungkin daripada kamu nanti harus membeli baju baru di tengah perjalanan dengan kurs uang yang bisa lebih mahal.

Lalu perhatikan kondisi cuaca di negara tujuan kamu. Jika kamu mengunjungi Amerika Selatan pada bulan Juli dan mengemas baju-baju pendek dan tipis, Kamu siap-siap kedinginan dan harus mengeluarkan dana untuk membeli baju hangat. Kamu juga bisa memperkirakan ruang koper atau backpack kamu untuk membawa pakaian dan barang keperluan lainnya.

4. Manfaatkan Kartu Kredit

Kartu Kredot

Kartu Kredit Travel via travelinsurancefile.com

 

Ada banyak pilihan kartu kredit untuk wisatawan yang bisa menghemat uang dengan banyak cara. Kartu kredit dapat membantu kamu untuk tidak membayar lebih jika melakukan penarikan tunai lewat ATM. Gunakan kartu kredit jenis Visa atau Master Card sehingga kamu bisa melakukan semua jenis transaksi dari mulai pemesanan tiket pesawat, hotel dan bahkan makan di restoran atau membeli souvenir.

Kartu kredit juga menawarkan reward yang kamu bisa manfaatkan benefitnya lho. Selain efsisien karena kamu tak perlu repot membawa uang dalam jumlah besar, kartu kredit juga lebih aman jika dicuri. Uang kamu tetap aman di bank dan bisa membekukan kartu kreditnya saja.

Baca juga: Kesalahan Finansial Yang Harus Kamu Hindari Saat Liburan

Keliling Dunia Hemat? Bisa!

Sekarang semua orang sudah bisa keliling dunia dengan mudah. SUdah banyak layanan yang membuat kita untuk mewujudkan cita-cita itu. Jadi keliling dunia dengan cara hemat bukanlah cara yang sulit bukan? Kamu cukup mengumpulkan informasi banyak tentang cara-cara lain juga yang bisa mengurangi anggaran perjalanan keliling duniamu.