Mau Kuliah S1/S2/S3? Catat Informasi Beasiswa Terbaru dan Deadlinenya Tahun ini!

Memiliki pendidikan tinggi tentunya akan sangat berpengaruh pada kesuksesan di masa depan. Namun biaya pendidikan yang semakin mahal membuat banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk lanjut ke bangku kuliah.

Sekarang ini banyak cara yang bisa dilakukan agar generasi muda bisa mengenyam pendidikan tinggi, salah satunya dengan memanfaatkan program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah yang bekerja sama dengan banyak universitas baik dalam negeri maupun luar negeri.

Bagi kamu yang sudah merencanakan ingin lanjut kuliah S1, S2 dan S3, simak informasi seputar beasiswa terbaru tahun 2019/2020 berdasarkan deadline berikut ini yang telah dikutip dari berbagai sumber!

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

kuliah beasiswa
Kuliah di Universitas impian dengan jalur beasiswa

1. Beasiswa S2 dan S3 Fulbright USA

Deadline: 15 Februari 2019.

Beasiswa Fulbright S2 dan S3 ditawarkan langsung oleh pemerintah Amerika Serikat untuk pelajar di Indonesia. Cakupan beasiswa yang diberikan sudah mencangkup visa J-1, tiket pesawat PP Indonesia – Amerika Serikat, biaya selama perkuliahan, kebutuhan hidup, asuransi kesehatan dan kecelakan. Bukan hanya terbuka di semua program studi kecuali kedokteran saja, beasiswa ini juga bisa kamu gunakan ketika ingin mengajukan proposal khusus STEM (Science, technology, engineering, mathematics), kesehatan, seni, humaniora dan ilmu sosial.

2. Beasiswa S1 Mitsui – Bussan Jepang

Deadline: 22 Februari 2019

Kamu yang ingin kuliah S1 di Jepang, saatnya wujudkan dengan mengikuti beasiswa yang diselenggarakan oleh Mitsui & Co. Ltd yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Bentuk beasiswa ini sudah mencakup semuanya mulai dari biaya kuliah hingga selesai, kurusus bahasa jepang, tunjangan setiap bulan, tempat tinggal, tiket pesawat Indonesia – Jepang dan masih banyak lagi.

3. Beasiswa D3 DAN S1 STIE Perbanas Surabaya

Deadline: 25 Februari 2019

STIE Perbanas Surabaya menjadi salah satu universitas yang unggul dan mampu mencetak lulusan terbaik yang mampu bersaing di dunia bisnis dan perbankan. Beasiswa yang diselenggarakan oleh STIE Perbanas Surabaya kali ini terbagi menjadi dua, yaitu beasiswa penuh dan beasiswa bidik misi. Biaya pendidikan ini tentunya gratis selama siswa menjalankan studi dengan waktu yang normal baik D3 atau S1. Siswa juga akan diberikuan uang saku, bagi penerima beasiswa penuh akan diberikan sejumlah Rp500 ribu per bulan, sedangkan penerima bidik misi sesuai dengan ketentuan DIKTI.

4. Beasiswa S1 Vinva, Australia

Deadline: 1 Maret 2019

Tujuan dari Vinva Scholar Award adalah untuk mendanai para sarjana berdasarkan keunggulan dan yang memiliki potensi dan bisa membuat dampak positif di masa depan. Beasiswa ini akan ditargetkan untuk siswa baru yang belajar gelar Sains, Teknik, TI dan Bisnis. Nilai Vinva Scholar Award sejumlah $ 15.000 atau Rp152,2 juta per tahun. Lamanya Beasiswa dapat diperpanjang hingga tiga tahun, tergantung pada kriteria kelayakan yang sedang berlangsung.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Cermati Hal Berikut Agar Kelak Anaknya Bisa Kuliah

5. Beasiswa S2 dan S3 Heinrich Boll Foundation

Deadline: 1 Maret 2019

Siapa yang punya mimpi kuliah di Jerman? Kamu bisa memanfaatkan beasiswa yang diselenggarakan oleh Heinrich Boll Foundation.  Bagi yang ingin melanjutkan S2 dengan menggunakan beasiswa ini, maka tunjangan yang akan didapat sebesar kurang lebih Rp14,3 juta dan tambahan tunjangan pribadi. Beda dengan S3, tunjangan yang didapat hingga Rp20 juta dan masih ada tambahan lainnya. Namun, biaya tunjangan tersebut tidak termasuk dalam biaya yang dibutuhkan selama kuliah. Jadi, kamu perlu menyiapkan dana ini sendiri sejak awal.

6. Beasiswa S2 AIT Thailand

Deadline: 31 Maret 2019

Beasiswa yang diselenggarakan Asian Institute of Technology (AIT) Thailand terbagi menjadi dua, yakni His Majesty the King’s khusus program S2 pada salah satu jurusan yang terdapat di School of Engineering and Technology (SET), AIT dan School of Management (SOM) AIT).  Sementara pada beasiswa Her Majesty the Queen’s khusus program S2 Resources and Development (SERD) di School of Environment, AIT.

7. Beasiswa S1, S2, S3, PhD Governmental Taiwan

Deadline: 31 Maret 2019

Program Taiwan Fellowships & Scholarships (TAFS) adalah inisiatif pemerintah Republik Tiongkok (ROC) yang bertujuan mempromosikan penelitian yang relevan, hubungan pendidikan, dan persahabatan jangka panjang antara Taiwan dan komunitas global. TAFS terdiri dari 8 penghargaan dalam 3 kategori: Beasiswa penelitian, Beasiswa Pengayaan Huayu (Mkamurin), dan Beasiswa Gelar. Biasanya tunjangan yang diberikan mulai dari NT$15.000 atau Rp6,8 juta per bulan hingga NT$60.000 atau Rp27,4 juta per bulan tergantung dari program dan tingkat pendidikan yang diambil. 

8. Beasiswa S1 dan S2 Orange Tulip Belanda

Deadline: 1 April 2019

Salah satu beasiswa yang diadakan setiap tahunnya adalah dari negara kincir angin, Belanda. Atas kerja sama antara institusi pendidikan tinggi dan perusahaan Belanda dengan Pemerintah, kali ini beasiswa Belanda diselenggarakan oleh Orange Tulip Scholarship (OTS). Banyak universitas yang ikut serta bekerja sama dalam program beasiswa ini, sehingga kamu bisa lebih leluasa memilih universitas yang sesuai dengan keinginan.

9. Beasiswa S1, S2, S3 Chongqing China

Deadlina: 15 April 2019

Chongqing University of Posts and Telecommunications (CQUPT) China sedang menyelenggarakan beasiswa buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan S1, S2 dan S3. Jenjang beasiswa ini berlaku maksimum 4 tahun program S1 dan 3 tahun untuk program S2 dan S3 dengan nilai beasiswa mulai dari Rp52,9 juta per tahun hingga Rp74,1 juta per tahun.

10. Beasiswa S1 STKIP Al Hikmah, Surabaya

Deadline: 30 April 2019

Beasiswa S1 di STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Al Hikmah dikhususkan bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang bercita-cita ingin jadi guru berkualitas. STKIP Al Hikmah ini memberikan beasiswa penuh selama empat tahun, sehingga kamu hanya perlu menyediakan sejumlah dana kebutuhan hidup sehari-hari.

11. Beasiswa IT S1 dan S2 Innopolis University Rusia

Deadline: 1 Mei 2019

Khusus kamu yang tertarik dengan dunia IT dan ingin melanjutkan kuliah S1 dan S2, saatnya manfaatkan beasiswa dari Innopolis University di Rusia. Beasiswa ini menawarkan program studi Computer Science S1, sedangkan S2 terdapat empat, yakni Data Science, Robotics, Engineering dan Secure System and Network Engineering (SNE). Menyoal cakupan beasiswa berupa 100% biaya kuliah, asrama kampus dan tunjangan per bulan.

12. Beasiswa S2 Universitas of Twente, Eropa

Deadline: 1 Mei 2019

Beasiswa University Twente (UTS) adalah beasiswa untuk siswa berprestasi baik dari negara EU / EEA maupun non-EU / EEA, yang mendaftar diri pada program pascasarjana (MSc) di University of Twente. Para siswa akan menerima sejumlah tunjangan antara € 3.000 atau Rp48,5 juta dan € 25.000 atau Rp404,1 juta selama satu tahun. 

Baca Juga: Biaya Kuliah Mahal? Ini 7 Cara Mencari Dananya

13. Beasiswa S1, S2, S3 Chinese Government, Cina

Deadline: 30 Juni dan 31 Juli 2019

Pemerintah Cina telah menetapkan serangkaian program beasiswa yang akan mensponsori siswa internasional, guru dan sarjana untuk belajar dan melakukan penelitian di universitas-universitas Cina. Setiap siswa yang menerima beasiswa ini akan diberikan tunjangan lengkap berupa biaya kuliah, akomodasi serta uang bulanan sebesar Rp 1,5juta per bulan untuk S1 dan S2, sedangkan Rp2,1 juta untuk S3.  Selain itu, bagi S1 akan diberikan gaji Rp5,2 juta per bulan, S2 Rp6,2 juta dan S3 Rp7,2 juta. 

14. LPDP

Deadline: -

LPDP merupakan Lembaga yang bekerja dibawah naungan Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Budaya serta Kementerian Agama yang memberikan banyak program beasiswa mulai dari beasiswa Reguler, Disertasi, Dokter Spesialis, Afirmasi, Unggulan Dosen Indoneisa, dan Co-Funding. Namun, jadwal seleksi Beasiswa LPDP 2019/2020 belum ada informasi terbaru, sebaiknya rajin-rajinlah mengunjungi situs resminya untuk mendapatkan informasi terkini. 

15. Beasiswa S1 dan S2 Korean Government, Korea

Deadline: -

Program Beasiswa Pemerintah Korea (KGSP) mendukung para pemimpin global masa depan dan mempromosikan kerja sama internasional dalam bidang pendidikan dengan mengundang siswa internasional yang berbakat ke Korea untuk mendapat kesempatan melakukan studi lanjutan di lembaga pendidikan tinggi di Korea. Adapun tunjangan yang ditawarkan meliputi tiket pesawat ekonomi, biaya bulanan, kursus bahasa, semua biaya kuliah, asuransi kesehatan dan masih banyak lagi. 

Manfaatkan Beasiswa Pendidikan untuk Menggapai Cita-Cita

Memiliki pendidikan yang tinggi merupakan bagian dari cita-cita kebanyakan orang. Cita-cita ini tentu saja bukan hanya menjadi impian, tapi bisa kamu wujudkan asalkan mau berjuang. Tak memiliki biaya yang cukup bukan lagi halangan, kini banyak beasiswa yang bisa kamu manfaatkan meraih pendidikan tinggi, baik Sarjana (S1), Master (S2), dan Doctor (S3). Untuk itu, persiapkan diri sejak awal dengan giat belajar dan terus berdoa, sehingga cita-cita bisa tercapai.

Baca Juga: Dengan Tips Sukses Ini, Raihlah Beasiswa ke Luar Negeri