Mau Menabung di Dua Rekening Berbeda? Ikuti Tips Berikut!

Perkembangan teknologi terbukti mengubah pola hidup masyarakat ke arah yang lebih konsumtif. Misalnya, transaksi. Kalau tidak pintar mengontrol diri, uang yang kita punya bisa ludes dalam sekejap mata. Tidak hanya itu saja, utang pun akan menumpuk dimana-mana.

Sebagai manusia, kita punya cara mengontrol keuangan masing-masing. Salah satu teknik pengontrolan yang paling sering dilakukan yaitu dengan membuka dua rekening tabungan berbeda. Tapi, bagaimana caranya bisa menabung di dua rekening sedangkan satu rekening saja sering macet?  Ini dia tips menabung yang perlu Anda terapkan:

Baca Juga: 10 Strategi Jitu Orang Kaya dalam Mengatur Keuangan

1. Gunakan Sistem Autodebet

Autodebet
Autodebet

Tips pertama yaitu menggunakan sistem autodebet yang artinya pemotongan otomatis ke rekening tabungan. Sistem ini biasanya berlaku di kantor atau perusahaan besar. Sistem autodebet membuat tabungan gendut dalam beberapa tahun. Pasalnya gaji yang diterima per bulan langsung disisihkan ke rekening tabungan, sehingga terhindar dari sikap konsumtif.

Jumlah yang perlu di-autodebetkan tergantung kebutuhan masing-masing individu. Untuk mengetahui perkiraan jumlahnya, buatlah daftar pengeluaran rutin per bulan dan sisihkanlah sesuai dengan jumlah yang tercatat.

2. Rajin Mencatat Pengeluaran

Mencatat Pengeluaran
Mencatat Pengeluaran

Meskipun sudah memakai sistem autodebet, Anda juga perlu mencatat semua pengeluaran. Baik itu pengeluaran besar maupun pengeluaran kecil. Gunanya tak lain untuk mengetahui jumlah arus kas keluar selama satu bulan.

Catatan pengeluaran ini juga bisa dijadikan sebagai pedoman untuk mengatur keuangan di bulan berikutnya. Catatlah semua pengeluaran dalam satu buku khusus pengeluaran.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

3. Bawa Uang Tunai Saat Bepergian

Bawa uang cash
Bawa Uang Cash

Kesalahan finansial yang sering kita lakukan yaitu membawa buku tabungan atau ATM kemanapun kita pergi. Akibatnya jumlah uang di dalam ATM segitu-segitu saja atau malah berkurang. Ingat, rekening tabungan yang dimiliki sudah dikhususkan untuk satu hal, yaitu menabung. Jadi, jangan pernah gunakan untuk belanja ini dan itu.

 

Alangkah baiknya untuk membawa uang tunai kemanapun kita pergi, terutama saat berbelanja. Bawalah uang tunai sesuai dengan kebutuhan agar sikap konsumtif bisa dielakkan.

4. Hindari Akses Internet Banking

Internet Banking
Internet Banking

Percaya atau tidak, internet banking atau SMS banking membuat tabungan kita semakin ludes bukannya bertambah. Kenapa? Karena kita dapat menggunakan layanan ini kapanpun dan dimanapun. Proses transaksi juga jauh lebih cepat dengan adanya sistem tersebut.

Agar jumlah tabungan bertambah setiap bulan, Anda perlu menonaktifkan rekening tabungan dari internet banking atau m-banking. Kalau butuh informasi mengenai jumlah saldo di rekening tabungan, pergilah ke mesin ATM terdekat untuk mengecek saldo.

5. Jangan Kalap Mata

Belanja dengan Boros
Belanja dengan Boros

Kita sering kalap mata saat berbelanja, apalagi kalau harga barangnya murah meriah. Padahal kita tahu kalau barang tersebut bukanlah kebutuhan utama. Tapi karena harganya murah, kita dengan senang hati membelinya.

Mulai dari sekarang, jauhkan dirimu dari sikap ini. Kalap mata hanya akan membuat dirimu semakin boros dan boros. Akibatnya gaji yang diterima per bulan tidak lagi disisihkan untuk tabungan, melainkan untuk belanja ini dan itu.

6. Manfaatkan Celengan

memiliki celengan
Memiliki Celengan

Menabung di celengan bisa dikatakan sudah ketinggalan zaman, mengingat adanya bank sebagai tempat menabung yang lebih aman. Walaupun demikian, kita tidak boleh meninggalkan budaya untuk menabung di celengan. Lagipula, menabung di celengan tak kalah bagusnya kalau dibandingkan menabung di bank.

Celengan yang dimiliki bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk menyimpan uang kembalian alias uang receh. Jadi, uang receh yang Anda punya tidak dibuang begitu saja di tengah jalan. Tapi ditabung ke dalam celengan sehingga jumlahnya bisa bertambah banyak. Kalau sudah banyak, Anda bisa menukarkannya untuk dijadikan uang kertas dan bisa di tabung ke rekening tabungan.

Baca Juga: Harga Beras Makin Mahal, Simak Tips Belanja Hematnya!

Menabung di Dua Rekening Berbeda Itu Mudah

Satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu “komitmen”. Ketika sudah berkomitmen untuk menabung, penuhi komitmen tersebut sampai kapanpun. Komitmen ini juga akan membantu untuk mengelakkan sikap konsumtif sehingga dua rekening tabunganmu bisa tetap sehat.

Baca Juga: Merasa Tak Boros Tapi Uang Selalu Habis: Berapa ‘Latte Factor’ Anda?