Mau Mulai Usaha pada Bulan Ramadhan? 7 KTA Ini Jadi Sumber Dana Terbaik

Bulan Ramadhan menjadi waktunya untuk berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya agar menjadi berkah nantinya. Selain mendapatkan berkah dengan beramal dan ibadah, bulan Ramadhan juga sangat pas untuk menuai banyak untung lewat jalankan usaha.

Bayangkan, Anda tidak cuma dapat berkah, tetapi juga memperoleh rezeki dari usaha yang dijalankan. Merayakan Idul Fitri nanti jadi makin lengkap rasanya. Bagaimana? Tertarik untuk mulai usaha pada Ramadhan?

Jika berminat mulai usaha pada bulan Ramadhan, tetapi bingung usaha apa yang kira-kira dijamin laris dan mendatangkan banyak untung, Anda tak perlu khawatir. Berikut ini adalah beberapa ide usaha yang sangat pas bagi Anda yang mau mulai usaha pada bulan Ramadhan. Ide-ide usaha ini bahkan bisa berkelanjutan sekalipun Ramadhan telah usai.

Baca Juga: Pinjam Uang: KTA vs Pinjaman Fintech. Pertimbangkan Ini Sebelum Jatuhkan Pilihan

1. Usaha Es Kepal

  Usaha Es Kepal
Usaha Es Kepal yang Kini Populer Bisa Jadi Pilihan untuk Mulai Usaha pada Bulan Ramadhan

Usaha es kepal lagi hit belakangan ini. Animo orang begitu tinggi ingin menyicipi rasa dari es kepal. Minuman yang populer di Malaysia ini jadi perbincangan setelah jadi viral di Indonesia. Tak heran kalau saat melewati pedagang es kepal, banyak orang yang mengantre untuk membelinya. Cukup bermodalkan Rp10.000, nikmatnya es kepal sudah bisa Anda rasakan.

Memasuki bulan Ramadhan, jumlah pembeli es kepal diprediksi akan bertambah banyak. Sebab rata-rata orang menginginkan minuman yang segar sebagai menu buka puasa. Berminat jalankan usaha es kepal? Hanya menyediakan modal Rp5-8 juta, Anda sudah bisa membeli paket waralaba (franchise) es kepal.

2. Jualan Busana Muslim

Usaha Busana Muslim
Usaha Busana Muslim Adalah Pilihan Tepat Mulai Usaha pada Bulan Ramadhan

Siapa juga yang tidak mau tampil kece ketika hari raya nanti? Pastinya hampir semua orang ingin tampil yang beda dari biasanya meskipun hanya untuk satu hari. Biasanya untuk menyambut hari Lebaran, orang-orang mencari busana Muslim, seperti baju koko, sarung, kaftan, hijab, gamis, dan tunik.

Nah, buat Anda yang tertarik jalankan usaha selama Ramadhan dengan jualan busana Muslim, ada baiknya belanja busana-busana Muslim di pedagang grosir. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah lagi, Anda bisa mengimpor busana-busana tersebut atau langsung datangi produsennya yang ada di dalam negeri. Untuk memulainya, Anda bisa jalankan usaha skala kecil dengan modal Rp5 juta.

3. Jualan Perlengkapan Masak

Perlengkapan Masak Usaha Bulan Ramadhan
Perlengkapan Masak Paling Banyak Dicari Selama Bulan Ramadhan

Selama Ramadhan, kecenderungan orang untuk memasak makanan buka puasa lebih tinggi. Terlebih menjelang Lebaran, mereka lebih suka memasak makanan sendiri, termasuk membuat kue-kue Lebaran. Tentunya dalam menyajikan makanan-makanan tersebut, diperlukan perlengkapan masak yang memadai.

Sekuat-kuatnya perlengkapan masak yang dimiliki pasti ada masanya mesti diganti. Memasuki atau selama bulan Ramadhan umumnya terjadi peningkatan dalam pencarian perlengkapan masak. Umumnya orang-orang mencari rice cooker, panci presto, dan oven listrik.

Karena jualan perlengkapan masak ini sepertinya butuh modal banyak, tak ada salahnya jualannya dalam skala kecil. Hitung-hitung Anda tetap meraih untung dari jualan perlengkapan masak ini dengan menetapkannya sebagai jualan utama atau melengkapi jualan lainnya.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Benar adanya kalau punya usaha sendiri itu menyenangkan. Sebab kita punya otoritas penuh atas usaha yang dijalankan. Tidak menyenangkannya seandainya modal untuk jalankan usaha kurang atau tidak ada sama sekali.

Untuk menghadapi masalah yang satu ini, Anda juga tidak perlu khawatir. Saat ini sumber modal bisa datang dari mana saja. Bahkan, mendapatkannya bisa dilakukan secara online. Suka dengan bunga kecil pinjaman KTA dari bank, ya silakan diajukan. Atau suka dengan cepatnya pinjaman fintech, ya silakan dipilih.

Buat Anda yang ingin ajukan KTA sebagai sumber modal, ada 7 KTA yang bisa jadi pilihan sumber dana terbaik untuk jalankan usaha selama Ramadhan.

1. ANZ Personal Loan Express

  KTA Online Cepat ANZ Personal Loan Express

Simulasi KTA ANZ Personal Loan Express

Bank ANZ beri keuntungan bagi yang ingin mengajukan KTA. Begitu Anda mengajukan KTA, Bank ANZ akan memproses aplikasi dalam waktu satu hari kerja. Pinjaman yang bisa Anda dapatkan dengan mengajukan KTA ANZ Personal Loan Express minimal Rp50 juta dan maksimal Rp250 juta. Tenornya mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan.

Syarat dan ketentuan

  • Pendapatan bulanan minimal Rp3.000.000 per bulan (pendapatan kotor untuk karyawan atau pendapatan bersih untuk wirausaha/profesional).
  • Usia yang diperbolehkan 21-60 tahun pada saat pelunasan.
  • Hanya berlaku untuk aplikasi yang melampirkan kartu kredit.

Keunggulan dari KTA ANZ Personal Loan Express

  • Bunga 1,99%.
  • Express dalam proses aplikasi, yaitu satu hari kerja.
  • Biaya administrasi tambahan 1%.
  • Proses persetujuan rata-rata memerlukan waktu satu hari kerja terhitung dari registrasi aplikasi nasabah hingga persetujuan pinjaman yang dilakukan pada hari yang sama.

2. Dana Bantuan Sahabat

KTA Online Cepat Dana Bantuan Sahabat

Simulasi KTA Dana Bantuan Sahabat

Bagi yang ingin ambil pinjaman dalam jumlah besar dengan jangka waktu pelunasan yang cukup lama, Dana Bantuan Sahabat atau DBS bisa jadi pilihan yang tepat. Pinjaman yang bisa didapatkan dari Dana Bantuan Sahabat mulai dari Rp5 juta hingga Rp200 juta. Tenor pinjamannya minimal 12 bulan dan maksimal 36 bulan.

Syarat dan ketentuan

  • Pendapatan bulanan minimal Rp3.000.000 per bulan.
  • Usia yang diperbolehkan 21-55 tahun.
  • Wajib memiliki kartu kredit minimal 1 Tahun dengan limit minimum 6 juta.

Keunggulan dari Dana Bantuan Sahabat

  • Bunga 1,29%.
  • Besar pinjaman dapat ditentukan maksimal 4 kali dari limit kartu kredit.
  • Pembayaran cicilan KTA dapat dilakukan di lebih dari 10.000 ATM yang berada di Indonesia, termasuk jaringan ATM bersama.

3. Kredit Express Panin

KTA Online Cepat Kredit Express Panin

Simulasi KTA Kredit Express Panin

Bank Panin menawarkan Kredit Express Panin sebagai pinjaman KTA yang dapat diperoleh secara cepat dan mudah. Anda bisa mengambil KTA Kredit Express Panin mulai dari Rp3 juta hingga Rp300 juta. Tenor KTA Kredit Express Panin minimal 12 bulan dan maksimal 36 bulan.

Syarat dan ketentuan

  • Pendapatan bulanan minimal Rp5.000.000 per bulan.
  • Usia yang diperbolehkan 21-55 tahun untuk karyawan dan maksimum 60 tahun untuk pengusaha.
  • Masa kerja karyawan minimal 1 tahun dan masa menjalankan usaha minimal 2 tahun.
  • Peminjam wajib memiliki tabungan Panin saat pencairan.
  • Wajib memiliki kartu kredit dengan minimum keanggotaan selama 1 tahun dan limit minimum Rp10 juta.

Keunggulan dari Kredit Express Panin

  • Suku bunga 1,40%.
  • Proses pengajuan cepat.
  • Persyaratan yang diberikan mudah.

4. Tunaiku Bank Amar

KTA Online Cepat Tunaiku Bank Amar

Simulasi KTA Tunaiku Bank Amar

KTA ini menjadi salah satu unggulan dari Bank Amar. Jika ambil Tunaiku Bank Amar, Anda dibebaskan dari biaya provisi dan tidak ada biaya bagi yang melunasi pinjaman. Nilai pinjaman yang bisa diambil mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta. Tenor pelunasannya mulai dari 6 bulan hingga 20 bulan.

Syarat dan ketentuan

  • Pendapatan bulanan minimal Rp3.000.000 per bulan.
  • Usia yang diperbolehkan 21-60 tahun pada saat pelunasan.
  • Tidak wajib memiliki kartu kredit.

Keunggulan dari Tunaiku Bank Amar

  • Skema kreditnya bisa dilihat pada tabel berikut ini.
  • Tidak dikenakan biaya provisi, tidak ada biaya pelunasan lebih awal.

5. KTA Commonwealth

KTA Online Cepat KTA Commonwealth
Simulasi KTA Commonwealth

Ini adalah salah satu layanan dari Bank Commonwealth yang cicilannya ringan, mudah diingat, dan biayanya terjangkau. Anda bisa mengajukan KTA Commonwealth mulai dari Rp10 juta hingga Rp100 juta. Tenor yang diberikan Bank Commonwealth untuk KTA ini mulai dari 12 bulan hingga 18 bulan.

Syarat dan ketentuan

  • Pendapatan bulanan minimal Rp3.500.000 per bulan.
  • Usia yang diperbolehkan 21-55 tahun pada saat pelunasan.
  • Berlaku untuk karyawan dengan lama bekerja minimal 1 tahun.
  • Untuk Non-Nasabah PT Bank Commonwealth, saat pengajuan KTA  diterima, harus menjadi nasabat PT Bank Commonwealth.
  • Domisili nasabah di Jabodetabek, Surabaya, dan Bandung.

Keunggulan dari KTA Commonwealth

  • Gratis biaya provisi, biaya administrasi, dan biaya tahunan.
  • Skema cicilan bunga 1,67% untuk tenor 12 bulan dan 1,44% untuk tenor 18 bulan.

6. Dana Bantuan Sahabat Terpilih

KTA Online Cepat Dana Bantuan Sahabat Terpilih

Simulasi KTA Dana Bantuan Sahabat Terpilih

KTA dari Bank DBS yang satu ini memiliki perbedaan dibanding Dana Bantuan Sahabat yang telah disebut sebelumnya. Sebab Dana Bantuan Sahabat Terpilih ditujukan untuk pengguna Telkomsel Prabayar dengan lama pemakaian 120 hari.

Dana Bantuan Sahabat Terpilih dapat cair mulai dari Rp3 juta hingga Rp10 juta. Tenor yang bisa dipilih minimal 6 bulan dan maksimal 30 bulan.

Syarat dan ketentuan

  • Pendapatan bulanan minimal Rp 3.000.000 per bulan.
  • Usia yang diperbolehkan 21-55 tahun pada saat pelunasan.
  • Calon nasabah tidak sedang memiliki fasilitas Dana Bantuan Sahabat Online di bank DBS sebelumnya.
  • Calon nasabah harus mengirimkan SMS ke 2000 dengan format DBS <spasi> NAMA <spasi> CE lewat nomor telepon Telkomsel Prabayarnya.

Keunggulan

  • Skema kreditnya bisa dilihat pada tabel berikut ini
  • Pembayaran cicilan KTA dapat dilakukan di lebih dari 10.000 ATM yang berada di Indonesia, termasuk jaringan ATM Bersama.
  • Suku bunga pembayaran tetap setiap bulan.

7. BizLoan Bank Commonwealth

KTA Online Cepat BizLoan Bank Commonwealth

Simulasi KTA BizLoan Bank Commonwealth

Salah satu produk dari Bank Commonwealth ini merupakan aplikasi mobile yang melayani pengajuan pinjaman tanpa agunan. Nilai pinjamannya mulai dari Rp50 juta hingga Rp500 juta. Lamanya pinjaman yang bisa diambil minimal 3 bulan dan maksimal 36 bulan.

Syarat dan ketentuan

  • Pendapatan bulanan minimal Rp 25.000.000 per bulan.
  • Usia yang diperbolehkan 21-60 tahun (pada saat akhir pinjaman).
  • Berlaku untuk pengusaha atau individu yang memiliki badan hukum seperti PT, CV, Firma.
  • Usaha telah berjalan 2 tahun.
  • Domisili usaha ada di Jabodetabek atau Surabaya.

Keunggulan BizLoan Bank Commonwealth

Baca Juga: Pinjam Uang Di Pegadaian vs KTA, Mana yang Lebih Oke?

Cermati Mana KTA yang Tepat untuk Mulai Usaha

Memilih KTA untuk modal usaha harus dilakukan dengan penuh pertimbangan. Perhatikan mulai dari minimal nilai pinjaman, bunga, tenor, hingga persyaratan semisal perlunya kartu kredit atau tidak. Untungnya ide-ide usaha yang sudah disebutkan sebelumnya bisa dijalankan secara berkelanjutan meskipun Ramadhan telah selesai. Jadi, Anda tidak perlu khawatir soal tenor cicilan.

Proyeksikan pula kira-kira sampai kapan usaha ini terus menghasilkan profit secara konsisten. Dengan begitu, Anda dapat cermati KTA mana yang tepat untuk mulai usaha Anda pada bulan Ramadhan.

Baca Juga: Cara Memilih KTA yang Bagus, Pilih KTA Online