Mau Nikah Akhir Tahun? Susun dan Rencanakan dengan Matang, Ini Tipsnya!

Siapa sih yang tidak ingin menikah dengan pesta yang sukses dan sesuai dengan keinginan? Setiap orang pasti menginginkannya, apalagi bagi yang sudah memiliki pasangan serius dan siap diajak menikah, hal ini pasti dinantikan.

Pernikahan kerap menjadi sebuah acara yang sangat sacral, dan sebisa mungkin hanya berlangsung satu kali seumur hidup. Pastinya setiap pasangan memiliki impian pesta yang meriah dan akan selalu menjadi kenangan berkesan bagi kedua mempelai dan keluarga khususnya.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa suksesnya sebuah acara pernikahan tidak lepas dari perencanaan yang sudah di susun dari sejak awal. Nah, bagi Anda yang sudah ada rencana ingin melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan, tips berikut ini bisa menjadi panduan untuk memperlancar rencana pernikahan Anda.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Buat Perencanaan

rencana nikah
Susun Rencana Nikah

Siapkan perencanaan pernikahan dengan baik. Biasanya hal ini dilakukan dari beberapa bulan sebelumnya, yaitu 7-10 bulan sebelum tanggal pernikahan. Tujuannya ialah untuk menghindari gagalnya dari acara pernikahan yang sudah Anda impi-impikan bersama pasangan. Dalam menyusun acara pernikahan, alangkah baiknya melibatkan keluarga terdekat dari pihak masing-masing calon mempelai. Dengan banyaknya pendapat yang diberikan, hal ini tentunya mempermudah dalam penyusunan pernikahan Anda.

Tips: Jangan sepelekan dalam menyusun rencana pernikahan, kalau perlu siapkan buku khusus untuk mencatat keseluruhan daftar rencana mulai dari budgeting, penentuan tanggal pernikahan, tema pernikahan, acara akad, hingga resepsi. 

2. Hitung Anggaran Biaya

anggaran
Hitung Anggaran Nikah dengan Rinci

Mulailah untuk saling terbuka dalam kondisi keuangan masing-masing guna menentukan anggaran pernikahan. Anggaran pernikahan merupakan hal yang sangat sensitif, karena dari anggaran akan mencangkup ke semua hal-hal yang bersangkutan selama persiapan pernikahan. Mulai dari katering, undangan, souvenir, dekorasi, make up, hiburan, fotografer hingga penyewaan gedung atau aula pernikahan.

Tips: Setelah mengetahui gambaran biaya pernikahan Anda, segera rencanakan untuk mengumpulkan dana untuk nikahan maupun pestanya. Apabila Anda berdua mengalami kendala kekurangan dana, tidak perlu khawatir sebab Anda bisa mengajukan pinjaman KTA yang bisa Anda ajukan dengan mudah dan cepat cair.

Baca Juga: Biaya Nikah: 12 Cara Unik Untuk Menghematnya

3. Tetapkan Tanggal Nikah

tanggal nikah
Siapkan Tanggal Nikah

Pada penetapan tanggal, siapkan tanggal untuk dua acara, yaitu lamaran dan pernikahan, atau bisa juga dijadikan satu hari yakni lamaran sekaligus pernikahan. Walau semua tanggal baik, tapi penentuan tanggal harus tetap ditentukan. Tujuannya sebagai patokan dalam mempersiapkan rencana pernikahan.

Amannya, tanggal acara lamaran, sebaiknya dilakukan pada 1-3 bulan sebelum hari pernikahan. Sementara untuk tanggal pernikahan, siapkan beberapa tanggal agar bisa di sesuaikan dengan jadwal gedung atau aula pernikahan yang belum terjadwal atau masih kosong. Dalam penetapan tanggal ini. Anda juga bisa berdiskusi dengan kedua orang tua dari masing-masing calon mempelai untuk memperoleh saran maupun nasihat sebelum hari H pernikahan.

4. Lakukan Pendaftaran Nikah

daftar
Lakukan Daftar Nikah Secepatnya

Pada sesi ini, sebaiknya Anda dan pasangan siapkan beberapa dokumen penting yang diperlukan dalam pendaftaran pernikahan sejak awal, agar tidak ada yang terlupa. Dokumen yang harus Anda dan pasangan lengkapi secara umum adalah foto kopi KTP, Kartu Keluarga, pas photo, dan materai.

5. Tentukan Jumlah Tamu

tamu
Tamu Pesta Pernikahan 

Jumlah tamu yang hadir pada acara lamaran tentunya sangat berbeda dengan jumlah tamu yang akan hadir pada acara pernikahan. Pada acara lamaran, tamu yang diperkenankan untuk hadir, biasanya hanya keluarga besar dari masing-masing pihak serta beberapa kerabat dekat saja.

Namun, pada acara pernikahan tentunya semua keluarga dekat maupun jauh, hingga seluruh kerabat dari masing-masing kedua pihak akan diundang. Biasanya kuota untuk tamu dapat dibedakan menjadi, 1.000-2.000 orang termasuk skala pesta besar, 500-700 orang termasuk pesta sedang dan 200 orang termasuk pesta privat.

Mengetahui jumlah tamu dan kuota tamu yang akan diundang sejak awal bisa menjadi perencanaan yang baik dan hal ini juga berpengaruh terhadap budget pesta pernikahan Anda.

6. Jasa Wedding Organizer

wo
Pilih Wedding Organizer yang Tepat

Wedding Organizer atau biasa disebut WO merupakan suatu jasa khusus yang secara pribadi membantu calon pengantin dan keluarga dalam perencanaan dan supervise pelaksanaan rangkaian acara pesta pernikahan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Keuntungan menggunakan WO yaitu, akan membantuk merumuskan konsep pernikahan, memberikan fasilitas, negosiasi dan koordinasi dengan pihak gedung atau aula dan vendor yang mencangkup katering, dekorasi, fotografer, make up, hingga musik ata hiburan.

Praktisnya, Anda dapat menghemat waktu, dan biaya juga dengan mencari WO yang sesuai anggaran yang ada. Tentunya dengan menggunakan jasa ini akan mempermudah calon mempelai beserta keluarga dalam mewujudkan pernikahan yang dinantikan.

Tips: memilih Wedding Organizer, Anda dan pasangan perlu selektif. Tidak ada salahnya untuk mencari WO yang terbaik demi acara pernikahan yang sesuai dengan impian. Anda dan pasangan bisa mencari tahu melalui review teman-teman yang sudah menggunakan jasa wedding organizer yang berbeda, melalui internet atau bisa berkunjung ke pameran-pameran wedding yang sering diselenggarakan.

Baca Juga: 5 Cara Melakukan Negosiasi Dengan Wedding Organizer

7. Pilih Tema Pernikahan

tema
Tema Pesta Pernikahan Impian 

Inilah yang paling dinanti calon mempelai. Penentuan tema pernikahan merupakan impian yang sudah diinginkan sejak awal menjalani hubungan serius. Pada sesi ini, Anda dan pasangan dapat memilih tema yang telah disediakan oleh pihak wedding organizer, biasanya tema tradisional dan western atau menciptakan tema sendiri. Di sini juga, bisa langsung memilih gaun yang akan dikenakan oleh mempelai pengantin, serta pemilihan kebaya atau jaz yang akan dikenakan untuk keluarga inti. Selain itu, keserasian dalam berbusana pada saat pesta pernikahan juga hal yang harus diperhatikan, mulai dari warna hingga model agar keluarga lain yang terlibat dalam kepanitian terlihat rapih dan bagus, tidak salahnya untuk menyiapkan kostum yang sesuai dengan tema yang dipilih pada saat pernikahan.

8. Siapkan Undangan

undangan
Siapkan Undangan

Siapkan undangan untuk tamu sejumlah kuota yang telah ditentukan sejak awal. Dengan ini, tamu akan lebih mudah dalam mengingat tanggal serta lokasi pernikahan yang telah ditentukan. Agar lebih serasi dengan tema, Anda dan pasangan juga bisa request kepada percetakan undangan seperti apa undangan yang diinginkan atau Anda juga bisa membuat undangan versi digital yang bisa dikirimkan via pesan sosial media.

Rencanakan dengan Matang

Kunci kesuksesan pernikahan adalah perencanaan. Apabila Anda ingin menyelenggarakan dengan pesta yang besar dan meriah, tentunya dibutuhkan perencanaan. Terkait biaya pernikahan, Anda bisa mulai mengumpulkan modal nikah berdua bersama pasangan, dan apabila dana Anda belum cukup, tidak perlu bersedih atau menunda pernikahan.

Kini, Anda bisa mengajukan KTA yang uangnya bisa digunakan untuk biaya pernikahan Anda. Pinjaman KTA cepat cair dengan syarat pengajuan yang mudah dan bisa diajukan secara online. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika membutuhkan dana untuk modal nikah akhir tahun nanti.

Baca Juga: Modal Nikah Kurang? Pakai KTA Saja!