Mau Pengeluaran Makin Hemat? Yuk, Manfaatkan 7 Fitur Kartu Kredit ini

Semakin hari, semakin banyak orang yang menggunakan kartu kredit. Hal ini tidak terlepas dari berbagai perkembangan dan fitur menarik yang ditawarkan oleh masing-masing bank penerbit kartu kredit. Beberapa fitur tersebut bahkan bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran rutin sehari-hari. Fitur ini bisa digunakan oleh semua pengguna kartu kredit tanpa terkecuali. 

Tertarik untuk merasakan bagaimana hematnya pengeluaran saat memanfaatkan ragam fitur kartu kredit? Sebaiknya cek dulu jenis-jenis fitur yang ditawarkan berikut ini yang telah Cemati.com rangkum dari berbagai sumber agar tidak salah menggunakannya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Fitur Kartu Kredit yang Bikin Hemat Pengeluaran

1. Voucher Belanja

voucher
Mendapatkan voucher belanja

Harga barang yang dijual di supermarket cenderung lebih mahal dibandingkan harga barang di pasar. Sebut saja minyak goreng, tisu, dan bumbu siap saji. Tapi dengan kartu kredit, Anda bisa berbelanja hemat walaupun di supermarket. Beberapa supermarket kini telah menyediakan berbagai voucher yang merupakan hasil kerjasama dengan bank penerbit kartu kredit. 

Voucher ini bisa digunakan pada pembelanjaan berikutnya, sehingga total yang dibayarkan ke kasir menjadi lebih sedikit. Pemberian voucher biasanya berbatas waktu. Cek masa berlakunya terlebih dahulu sesaat setelah voucher diterima, sehingga Anda bisa mengatur jadwal belanja berikutnya dalam rangka menggunakan voucher.

2. Harga Khusus di Merchant Tertentu

Bank yang sudah menjalin kerja sama dengan merchant tertentu sering memberikan potongan harga khusus kepada konsumen apabila total belanjaannya mencapai jumlah yang telah ditentukan sebelumnya. Harga spesial ini hanya bisa didapatkan apabila transaksi dibayarkan dengan kartu kredit, selebihnya tidak. 

Untuk total potongan harganya sendiri tergantung dari kebijakan merchant dan bank penerbit kartu kredit itu sendiri. Khusus untuk bank penerbit yang sudah besar, jumlah potongan harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Sama seperti voucher, harga khusus diberikan dalam batasan waktu. Cek masa berlaku, syarat, dan ketentuan untuk mendapatkan harga khusus ini sehingga tidak keliru saat menggunakannya. Jika Anda ragu, sebaiknya tanyakan perihal potongan harga ini pada kasir yang bekerja pada merchant yang bersangkutan.

Baca Juga: Tips Berhasil Membuat Kartu Kredit Pertama Bagi Milenial

3. Tukarkan Poin dengan Reward 

reward
Kumpulkan poin dan tukarkan dengan berbagai reward menarik

Semakin banyak transaksi yang terekam di kartu kredit, maka semakin banyak poin yang bisa didapatkan. Poin bisa ditukarkan dengan berbagai reward apabila sudah mencapai jumlah tertentu. Misalnya voucher makan, belanja, cashback tagihan, atau harga spesial untuk menginap di hotel berbintang. Apabila jumlah poin lumayan banyak, Anda bisa langsung menukarkannya dengan dua rewards sekaligus. Sangat menguntungkan, bukan? 

Tapi perlu diingat, poin tersebut tak selamanya aktif alias memiliki masa tenggang. Jika diabaikan atau terlupakan maka bisa saja poin kartu kredit hangus begitu saja. Baiknya, selalu cek masa berlakunya agar poin tidak terlanjur expired. Apabila masa berlakunya sudah hampir habis, segera tukarkan dengan rewards yang ada.

4. Pembayaran Cicilan 0%

Ingin membeli barang ini dan itu tapi uangnya belum terkumpul juga? Jangan khawatir, Anda bisa memanfaatkan kartu kredit dengan program cicilan 0% untuk membeli barang-barang yang diinginkan. Cicilan 0% memungkinkan Anda untuk membayar cicilan tanpa bunga sepeser pun, tapi hanya dalam kurun waktu tertentu saja yaitu 12 bulan. 

Bila lebih dari masa yang ditentukan, Anda akan dikenakan cicilan sesuai dengan tingkat suku bunga yang ditetapkan oleh bank. Pastikan kondisi finansial Anda menyanggupi nominal cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan, sehingga pembayaran cicilan tidak macet dan pastinya tidak lebih dari 12 bulan.

Baca Juga: Lakukan 4 Langkah Cerdas ini Saat Bayar Tagihan Kartu Kredit

5. Mengumpulkan Air Miles

air miles
Mengumpulkan air miles

Pembayaran tiket pesawat menggunakan kartu kredit memudahkan Anda untuk mengumpulkan air miles dari setiap perjalanan. Air miles ini sewaktu-waktu dapat ditukarkan untuk mendapatkan fasilitas terbaik dari maskapai penerbangan. Misalnya akses ke lounge secara gratis, upgrade kelas penerbangan, atau bahkan kesempatan mendapatkan tiket pesawat gratis, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.

Pilihlah bank penerbit kartu kredit yang diperuntukkan khusus bagi traveling, sehingga pengumpulan air miles semakin cepat dan maksimal. Dengan begitu, Anda bisa segera menukarkannya sesuai fasilitas yang ditawarkan oleh maskapai.

6. Cashback saat Isi Bensin

Harga bahan bakar yang melambung tinggi bukanlah suatu persoalan bagi Anda yang beraktivitas menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya, beberapa bank penerbit kartu kredit sudah menyediakan cashback untuk setiap transaksi pengisian bahan bakar di SPBU terdekat. Total cashback yang diberikan sangat bervariasi, tergantung jenis bank kartu kreditnya.

Sayangnya, cashback ini sifatnya bersyarat. Jika ingin mendapatkan cashback, Anda harus memenuhi syarat tersebut. Misalnya di Bank Danamon, cashback hanya diberikan bagi pengguna kartu kredit yang sudah bertransaksi minimal 5x di merchant atau retail yang bekerja sama dengan bank.  

7. Tukar Mata Uang Relatif Murah

penukaran uang
Tukar mata uang relatif murah

Kehabisan uang cash saat traveling ke luar negeri bukanlah hal yang harus diambil pusing. Sekarang, traveler bisa menukarkan uang dalam jumlah berapapun hanya dengan menggesek kartu kredit. Saat menukarkan uang, Anda memang akan dikenakan fee dalam jumlah tertentu. Tapi tenang, jumlah fee-nya masih sangat terjangkau, jadi tidak perlu khawatir terhadap membengkaknya pengeluaran saat menukarkan mata uang asing menggunakan kartu kredit.

Meski demikian, Anda tetap harus menyediakan mata uang asing yang cukup sebelum berangkat ke luar negeri. Tujuannya untuk menghindari adanya penukaran uang dalam jumlah yang sangat besar, sehingga penggunaan kartu kredit tetap terkontrol dengan baik.

Ketahui Tujuan Utama Penggunaan Kartu Kredit

Selain fitur-fitur yang disebutkan di atas, masih banyak fitur lain yang ditawarkan oleh bank penerbit kartu kredit bagi para pengguna setianya yang tentunya juga memberikan keuntungan yang membuat keuangan menjadi lebih hemat. 

Namun, sebagai pengguna kartu kredit yang cerdas, tetap harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan utama saat menggunakan kartu kredit. Dengan begitu, barulah Anda bisa menyesuaikan dengan fitur yang ditawarkan sehingga fitur tersebut memberikan kemudahan dan kenyamanan ekstra bagi Anda setiap kali ingin bertransaksi.

Baca Juga: Keuangan Makin Hemat Pakai Kartu Kredit, Cermati Promo Kartu Kredit Terbaru 2019