Mau Pensiun Dini? Ini Cara Menyiapkannya

Ada banyak orang yang begitu detail dalam masalah keuangan dan memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola keuangannya, termasuk mempersiapkan sejumlah dana pensiun di masa depan. Hal seperti ini telah banyak dilakukan oleh mereka yang masih aktif bekerja dan bahkan masih terbilang muda. Pengetahuan kita akan pentingnya perencanaan keuangan telah semakin baik dan cerdas belakangan ini.

Bukan hanya dalam masalah keuangan saja, namun sebagian orang juga berpikir keras mengenai cara menggunakan waktu dan juga karir yang mereka jalani selama ini. Berusaha untuk meningkatkan karirnya ke jenjang yang lebih baik lagi, sehingga penghasilan maksimal dan bisa memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang, terutama jika masa pensiun telah tiba.

Baca Juga: Menyiapkan Dana Pensiun Dengan Lembaga Keuangan? Cek Ini Dulu

Memutuskan untuk Pensiun Dini

 Pensiun Dini

 Pensiun Dini via wisegeek.com

 

Di lain sisi, tidak sedikit juga orang yang berpikir untuk mengakhiri karir mereka dan mengambil pensiun dini dari tempatnya bekerja. Orang-orang seperti ini tentu akan sangat berbeda dengan kategori orang yang gigih dalam berkarir dan masih selalu mengejar posisi yang lebih baik di perusahaan tempatnya bekerja. Lalu, apa yang akan Anda lakukan jika tiba-tiba perusahaan menawarkan pensiun dini kepada Anda? Jika dilihat dari peran perusahaan di dalamnya, maka pensiun dini bisa dikategorikan ke dalam 2 jenis, yakni:

1. Pensiun Dini yang Ditawarkan oleh Perusahaan
Dalam hal ini, perusahaan memberikan penawaran kepada karyawan untuk melakukan pensiun dini, artinya tawaran ini bisa diambil atau ditolak oleh karyawan tersebut.

2. Pensiun Dini yang Ditetapkan oleh Perusahaan
Dalam pensiun yang ditetapkan oleh perusahaan, maka karyawan tidak memiliki kapasitas untuk menolak keputusan tersebut, artinya karyawan tersebut akan menerima pensiun dan keputusan perusahaan tersebut.

Baca Juga: Tabungan Pensiun, Seberapa Pentingkah Bagi Anda?

Merencanakan Pensiun Dini

Mempersiapkan Pensiun Dini

Mempersiapkan Pensiun Dini via huffpost.com

 

Bagaimanapun juga, keputusan untuk melakukan pensiun dini bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, sebab hal ini akan mengubah keseluruhan aktivitas dan juga keuangan Anda. Namun meskipun demikian, pensiun dini yang dilakukan dengan terencana akan tetap bisa berjalan dengan baik dan tidak menakutkan. Simak beberapa poin di bawah ini yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan pensiun dini dengan baik.

  • Lihat Kondisi Keuangan Saat Ini
    Cermati kondisi keuangan Anda dengan baik, lihat posisi kas dan juga saldo tabungan Anda. Hitung segala utang dan juga berbagai tagihan yang Anda miliki, agar pelunasannya bisa diprioritaskan dalam pengeluaran yang akan datang.
  • Rencanakan Kondisi Keuangan untuk Masa Mendatang
    Rencanakan keuangan Anda di masa yang akan datang, atur semua pos pengeluaran dengan baik. Mulailah membuat sebuah perencanaan keuangan jangka panjang, di mana pengeluaran bulanan tidak akan Anda ambil dari gaji bulanan lagi, sebab jika Anda pensiun dini maka gaji bulanan Anda akan berhenti.

    Beberapa pos pengeluaran di dalam keuangan mungkin akan berubah, beberapa di antaranya seperti: biaya transport ke kantor, biaya makan siang, dan juga berbagai biaya lainnya yang terkait dengan pekerjaan yang selama ini Anda lakukan. Buat target keuangan yang akan dicapai di masa yang akan datang, hal ini akan membantu Anda mengatur keuangan dengan sangat baik dan tepat.
  • Lunasi Semua Cicilan Bulanan
    Jika Anda memiliki sejumlah cicilan bulanan, maka Anda harus mempertimbangkan untuk melunasinya dengan segera, sebab Anda tidak akan memiliki sejumlah gaji untuk membayarnya setiap bulan di masa yang akan datang. Lakukan pelunasan dengan dana pensiun yang Anda terima. Jika tidak memungkinkan untuk melunasi semuanya, maka setidaknya anggarkan untuk pelunasan selama beberapa bulan ke depan hingga Anda memiliki penghasilan tetap lagi nantinya.
  • Kelola Dana Pensiun dengan Tepat
    Setelah menerima dana pensiun, maka kelola dan investasikan dana tersebut dengan tepat dan sesuai dengan bidang yang Anda kuasai. Tidak perlu memikirkan sejumlah investasi yang membingungkan dan tidak Anda pahami dengan baik, lakukan saja bisnis yang memang benar-benar sesuai dengan kemampuan Anda dan memiliki prospek yang menjanjikan di masa yang akan datang. Hal ini perlu dipertimbangkan dengan segera, agar setelah pensiun Anda memiliki kesibukan dan juga penghasilan yang menjanjikan, terutama jika Anda tidak berniat untuk mencari pekerjaan yang baru.
  • Lakukan Penghematan
    Anda juga harus membiasakan diri untuk berhemat, hal ini akan sangat membantu Anda mengelola dana pensiun dengan baik. Jangan belanjakan uang untuk hal-hal yang tidak begitu penting, terutama jika Anda belum juga mendapatkan penghasilan pengganti dari gaji yang telah terhenti tersebut. Lakukan penghematan pada beberapa pos pengeluaran yang bersifat tidak wajib, namun selalu penuhi kebutuhan pokok Anda dengan baik.

    Hindari melakukan penghematan yang tidak masuk akal, misalnya dengan cara mengurangi uang belanja dapur secara besar-besaran, atau dengan cara mengurangi kebutuhan pokok lainnya dengan signifikan. Tindakan seperti ini hanya akan menyulitkan Anda untuk berhemat, sebab apapun yang dilakukan dengan berlebihan, hasilnya tidak akan baik.
  • Siapkan dan Mulailah Investasi
    Selain untuk memulai usaha, maka mengalokasikan dana pensiun yang Anda dapatkan untuk membeli aset tertentu yang memiliki nilai ekonomi baik di masa yang akan datang. Anda bisa membeli sebuah rumah atau tanah yang kelak bisa memberi Anda nilai jual yang lebih tinggi dari sekarang. Pastikan Anda berinvestasi pada hal-hal yang menguntungkan, namun yang paling penting adalah berinvestasilah pada bidang yang Anda kuasai dengan baik.
  • Tetap Menabung
    Meski tidak memiliki sejumlah penghasilan dari gaji bulanan lagi, namun bukan berarti Anda akan berhenti menabung. Anda harus tetap memiliki sejumlah tabungan tetap setiap bulannya, dana ini akan sangat penting dan bisa digunakan jika sewaktu-waktu Anda mengalami masalah keuangan atau memiliki sejumlah kebutuhan yang mendesak. Sisihkan sejumlah uang bulanan Anda sebagai dana tabungan, atau Anda juga bisa berhemat dan menabung sejumlah uang tersebut ke dalam tabungan bulanan Anda.

Rencanakan dengan Matang dan Jalani dengan Tenang

Pensiun dini bisa menjadi sebuah keputusan yang tepat bagi Anda, tentunya jika Anda mampu menghadapinya dengan baik. Alokasikan dana pensiun Anda pada kebutuhan dan juga investasi yang tepat, agar Anda bisa mendapatkan sejumlah penghasilan dari sana. Jangan anggap dana pensiun sebagai “durian runtuh”, sebab dana itulah yang akan Anda gunakan untuk menyambung hidup, jadi pergunakan dengan bijak dan tepat.

Baca Juga: Kerja dari Rumah, Apa Saja Kelebihannya?