Mau Poin Kartu Kredit Meningkat Drastis? Terapkan 6 Tips Ini

Siapa yang poin kartu kreditnya sudah banyak? Segera tukarkan poin yang terkumpul dengan berbagai tawaran menarik dari bank penerbit kartu kredit Anda mulai dari promo belanja, voucher makan di restoran, diskon penerbangan, penginapan, dan masih banyak lagi. Intinya semakin banyak poin yang ditukar, maka semakin menarik pula rewards yang bisa didapatkan. 

Bagi yang poin kartu kreditnya masih sedikit, jangan langsung berkecil hati ya. Pasalnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan poin kartu kredit secara drastis. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasanya di bawah ini yang telah dirangkum Cermati.com.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

6 Tips Meningkatkan Poin Kartu Kredit

1. Selesaikan Transaksi dengan Kartu Kredit

kartu kredit
Selesaikan transaksi dengan kartu kredit

Semua aktivitas yang mengakibatkan arus kas keluar, seperti nongkrong di kafe, nonton bioskop atau belanja kebutuhan bulanan, bayarkan biayanya dengan kartu kredit. Setiap transaksi yang diselesaikan dengan kartu kredit akan membuahkan poin. Jumlah poinnya sendiri tergantung dari total pengeluaran, yang pasti semakin besar pengeluaran maka semakin besar poin yang akan didapatkan.

Tapi ingat, jangan karena ingin mengejar poin kartu kredit, Anda jadi konsumtif dalam berbelanja. Tetap prioritaskan apa yang menjadi kebutuhan agar pengeluaran tetap terkontrol setiap bulan.

Baca Juga: Manfaat Kartu Kredit: Bagaimana Cara Memaksimalkannya?

2. Pilih Merchant yang Menjalin Kerjasama

Seperti yang diketahui, tidak semua merchant menyediakan pembayaran dengan kartu kredit. Oleh karena itu, pilihlah merchant atau pusat perbelanjaan yang sudah menjalin kerja sama dengan bank penerbit kartu kredit, sehingga poin yang dikumpulkan semakin maksimal jumlahnya.

Untuk mengetahui daftar merchant yang bekerjasama, Anda bisa mengunjungi situs resmi dari bank penerbit kartu kredit. Informasi yang dibutuhkan akan tercantum di dalam situs. Baca dengan seksama agar tidak melewatkan informasi penting.

3. Bebankan Semua Tagihan ke Kartu Kredit

Tagihan rutin setiap bulan seperti listrik, air, internet, dan pulsa, sebaiknya bayar dengan kartu kredit. Anda bisa membebankan semua tagihan ini ke kartu kredit. Apabila tanggal pembayaran sudah tiba, semua tagihan akan terekam dalam riwayat pembayaran kartu kredit dan bisa dibayarkan saat akhir bulan tiba.

Cara ini sekilas terkesan boros, padahal kenyataannya tidak. Cara ini justru lebih mudah untuk membayar semua tagihan, sehingga tak ada satu tagihan pun yang pembayarannya terlewatkan. Dengan demikian bisa terhindar dari denda tagihan bulanan.

4. Bawa Kartu Kredit saat Liburan

liburan
Bawa kartu kredit saat liburan

Punya rencana untuk liburan dalam waktu dekat ini? Kalau memang punya, sebaiknya andalkan kartu kredit milikuntuk membiayai liburan, baik tiket pesawat, penginapan, masuk destinasi wisata, hingga belanja oleh-oleh untuk mendapatkan poin rewards dari kartu kredit. 

Agar tidak terkesan boros, tetapkan budget selama liburan. Apabila pengeluaran hampir melampaui budget, Anda harus berusaha menekan pengeluaran agar biaya liburan tidak membengkak. Selain itu,  juga bisa menetapkan limit kartu kredit untuk mencegah arus pengeluaran yang berlebihan. 

5. Biarkan Teman Memakai Kartu Kredit Anda

Cara yang satu ini terkesan sedikit mainstream dan berisiko, tapi cukup ampuh untuk memaksimalkan upaya mengejar poin kartu kredit. Untuk meminimalisir risiko dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya, Anda bisa bertindak sebagai perantara saat membayar transaksi teman-teman. Jadi, kartu kredit tetap ada di tanga Anda, bukannya jatuh ke tangan orang lain. 

Selanjutnya, cukup meminta teman-teman Anda untuk membayar hutangnya. Pastikan teman-teman membayar secara tepat waktu agar tidak perlu lagi menanggung denda keterlambatan saat tagihan jatuh tempo.

Baca Juga: Tips Berhasil Membuat Kartu Kredit Pertama Bagi Milenial

6. Pastikan Masa Berlaku Poin Masih Panjang

expired
Pastikan masa berlaku poin masih panjang

Poin yang telah dikumpulkan mempunyai masa berlaku, biasanya 1 tahun. Tukarkan semua poin yang Anda punya sebelum masa berlakunya habis. Apabila jumlah poin yang ingin ditukarkan belum cukup, urungkan saja niat untuk menukarkannya dalam waktu dekat ini.

Akan tetapi, Anda harus lebih rutin mengecek masa berlaku poin agar tidak kadaluarsa. Apabila poin sudah kadaluarsa, maka poin akan hangus dan tidak bisa ditukarkan dengan rewards apapun. 

Bersikap Rasional Saat Mengumpulkan Poin

Rewards dari penukaran poin kartu kredit ibaratkan hadiah cuma-cuma. Syukurlah jika Anda berhasil mendapatkannya. Jika tidak berhasil, ya jangan sedih. Tetaplah bersikap rasional saat mengumpulkan poin. Jangan sampai budget bulanan menjadi rusak tak karuan karena hanya ingin mendapatkan rewards atau hadiah.

Baca Juga: Keuangan Makin Hemat Pakai Kartu Kredit, Cermati Promo Kartu Kredit Terbaru 2019