Mau Traveling Hemat? Ini Nih Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Harga tiket pesawat sangat bervariasi, tergantung destinasi perjalanan, sub class, dan jenis pesawat yang digunakan. Namun pemerintah telah menetapkan tarif batas atas maupun batas bawah yang tak boleh dilanggar maskapai.

Kalau dibandingkan dengan transportasi lain, harga tiket pesawat memang lebih mahal karena fasilitas dan pelayanan yang lebih baik. Sayangnya, harga tiket yang biasanya makin mahal saat peak season atau musim liburan tiba. Apalagi ditambah nilai mata uang dolar AS yang kian melambung.

Jangan menyerah. Kamu bisa lho mendapatkan tiket pesawat murah sehingga bikin pengeluaran liburan ataupun traveling lebih hemat. Begini tipsnya.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Naik, Begini Cara Menyiasatinya

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tentukan Tanggal Keberangkatan dan Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Tentukan Tanggal Keberangkatan dan Pesan Jauh-Jauh Hari
Tentukan Tanggal Keberangkatan dan Pesan Jauh-Jauh Hari

Harga tiket pesawat mengalami fluktuasi sangat signifikan, misalnya hari ini harganya Rp 1 juta. Tapi dalam waktu 5 menit saja, harganya bisa berubah menjadi Rp 1,2 juta. Harga ini akan ter-update secara otomatis mengikuti permintaan konsumen.

Untuk menghindari harga tiket yang naik turun, maka tentukan tanggal keberangkatan liburan atau mudik, lalu pesan tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal tersebut. Hindari pemesanan tiket satu atau dua hari sebelum tanggal keberangkatan, karena harganya bukan semakin murah, tapi dua kali lipat lebih mahal.

2. Pilih Penerbangan Transit

Pada tiket penerbangan langsung, kamu tidak perlu menunggu selama berjam-jam untuk melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan. Kondisi sebaliknya untuk penerbangan transit. Adanya perbedaan waktu tunggu membuat harga tiket penerbangan langsung lebih mahal dibandingkan tiket transit. Kalau kamu sedang tidak terburu-buru, pilih tiket transit saja agar rupiah yang dibayarkan lebih murah. Lumayan kan bisa traveling hemat.

3. Memilih Bandara yang Tidak Terlalu Ramai

Memilih Bandara yang Tidak Terlalu Ramai
Memilih Bandara yang Tidak Terlalu Ramai

Apabila tempat tujuan kamu memiliki dua bandara yang berbeda, cek lah harga tiket penerbangan di masing-masing bandara dan bandingkan yang lebih murah. Pada umumnya, harga tiket di bandara yang tidak terlalu ramai atau kurang populer biasanya lebih murah dibandingkan bandara yang populer. Kalau hal ini terbukti benar, lebih baik pilih bandara yang tidak ramai. Selain harga tiketnya yang murah, kamu juga tidak perlu berdesakan antre saat boarding.

Baca Juga: 5 Kartu Kredit Bagi Anda yang Suka Travelling

4. Menggunakan Multi-Maskapai

Jika kamu memilih penerbangan transit, pilihlah penerbangan pada dua maskapai yang berbeda karena harga tiketnya lebih murah dibandingkan tiket di satu maskapai. Jadi dari kota asal menggunakan maskapai satu, dan dari tempat transit ke tempat tujuan pakai maskapai yang berbeda. Konsekuensinya penerbangan multi-maskapai kurang nyaman karena fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh setiap maskapai berbeda-beda.

5. Manfaatkan Kartu Anggota Maskapai atau Promo Kartu Kredit

Credit Card
Manfaatkan Kartu Keanggotaan Maskapai dan Promo Kartu Kredit

Jika kamu sering melakukan penerbangan untuk tujuan bisnis, alangkah baiknya kalau kamu memiliki kartu keanggotaan dari maskapai tertentu untuk mendapat harga tiket yang lebih murah. Tidak hanya itu, kamu juga berhak mendapatkan akses pelayanan ekstra, terutama saat transit.

Selain itu, manfaatkan pula kartu kredit untuk mendapatkan promo-promo menarik dari pihak maskapai penerbangan. Promo yang ditawarkan berupa potongan tunai atau cashback dalam nominal tertentu. Sangat menggiurkan!

6. Manfaatkan Tiket Promo di Online

Membeli tiket pesawat tidak lagi harus dari situs penerbangan resmi atau agen travel karena kamu bisa membelinya melalui website penyedia tiket penerbangan online, misalnya Tiket.com atau Traveloka. Situs seperti ini sering memberikan promo-promo menarik berupa voucher yang dapat ditukarkan langsung saat checkout.

7. Mengurangi Barang Bawaan

Mengurangi Barang Bawaan
Mengurangi Barang Bawaan

Maskapai tertentu memiliki aturan yang ketat mengenai barang bawaan penumpang, khususnya untuk perjalanan ke luar negeri. Untuk mengurangi tambahan biaya perjalanan, kurangi bobot barang bawaan kamu. Bawa barang yang dianggap penting dan pastinya terbuat dari bahan yang ringan supaya jumlah muatan koper bisa lebih banyak.

Persiapkan Dengan Matang Saat Hendak Liburan

Meskipun sudah mendapatkan tiket pesawat murah, perjuangan kamu belum selesai karena kamu juga harus mempersiapkan hal lain yang berhubungan dengan rencana liburan. Misalnya menyiapkan barang bawaan, tempat penginapan, itinerary perjalanan, transportasi, dan persiapan uang tentunya. Liburan yang disusun dengan matang, hasilnya akan terasa menyenangkan dan meninggalkan kesan tak terlupakan. Selamat berlibur.

Baca Juga: Cara Memakai Kartu Kredit di Luar Negeri dan Biayanya