Maybank Purchasing Card, Kartu Kredit untuk Para Retailer dan Distributor

Uang tunai biasa dipakai para pedagang untuk belanja barang dagangannya. Bahkan tidak jarang para pedagang konvensional membawa uang tunai yang bergepok-gepok bernilai puluhan juta rupiah dalam sekali belanja, terutama pada waktu awal bulan, karena banyaknya orang yang berbelanja untuk kebutuhan selama sebulan.

Seiring dengan perkembangan zaman, sedikit demi sedikit pedagang mulai meninggalkan cara kuno tersebut. Sebab membawa uang tunai dalam jumlah banyak sangat berisiko besar mengundang kejahatan. Selain itu transaksi konvensional dengan menggunakan uang tunai dirasa sudah tidak praktis lagi. Sekarang, semua transaksi bisnis lebih mudah dan praktis memakai kartu. Kartu tersebut dapat berupa kartu debit maupun kartu kredit. Kartu debit atau ATM lebih banyak digunakan oleh sebagian besar orang Indonesia. Pemilik kartu tinggal memberikan kartu ke kasir, kemudian tekan PIN kartu, maka transaksi sudah selesai.

Di samping kartu debit, saat ini sudah ada kartu kredit retail yang didesain khusus dan sengaja diterbitkan bank untuk pedagang dan pengusaha, yang akan mempermudah urusan belanja dagangan atau bisnis niaganya. Kartu kredit retail ini dapat dimiliki oleh retailer dan distributor. Dilihat dari cara kerjanya, maka kartu kredit retail ini lebih menguntungkan bagi pedagang dibanding kartu kredit biasa. Sehingga pedagang retail pasti akan lebih senang memiliki kartu kredit retail ini.

Proses dan Cara Kerja Kartu Kredit Retail

BII Purchasing Card

Contoh Kartu Kredit Maybank Purchasing Card via infokta.com

 

Kartu kredit retail merupakan kartu kredit yang khusus diciptakan untuk urusan perdagangan secara retail, jadi dalam cara kerja kartu kredit retail ini ada 3 pihak yang terlibat, yaitu:

  1. Bank
  2. Distributor
  3. Retailer

Salah satu contoh kartu kredit retailer adalah Maybank Purchasing Card. Maybank Purchasing Card atau Kartu kredit Maybank Purchasing merupakan jenis kartu kredit yang memiliki fungsi sebagai alat pembayaran bagi pedagang/pemborong/toko (retailer) untuk pembelian barang-barang inventori atau jasa (pengadaan/procurement) yang dibeli secara langsung dan rutin dari produsen/kantor pusat/pabrik (distributor).

Kartu ini bermanfaat bagi Anda yang mempunyai jiwa bisnis, dan menginginkan fasilitas yang mendukung usaha Anda. Unuk pengajuannya, para distributor dan retailer harus mengajukan aplikasi ke bank Maybank (sekarang Maybank) untuk mendapatkan Maybank Purchasing Card.

Jika tertarik untuk menjadi pengguna distributor dari Maybank Purchasing Card, berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

  • Perusahaan yang bergerak dibidang Jasa dan Perdagangan
  • Perusahaan telah berdiri minimal 5 tahun
  • Memiliki minimal 100 retailer berbentuk badan usaha

Sedangkan jika tertarik ingin menjadi pengguna retailer dari Maybank Purchasing Card, maka harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

  • Kegiatan usaha bersifat Profit oriented/mencari keuntungan (bukan lembaga sosial) dan mematuhi hukum/tidak bertentangan dengan hukum dan undang-undang yang berlaku di Indonesia.
  • Bentuk badan usaha yang diakui oleh pemerintah
  • Mendapat rekomendasi dari Distributor
  • Memiliki hubungan dengan distributor minimum 2 tahun
  • Memiliki sejarah/riwayat pembayaran kepada distributor bagus selama 1 tahun terakhir

Setelah semua persyaratan dipenuhi, ada beberapa dokumen yang harus dipenuhi untuk proses menjadi retailer, yaitu:

  • Perjanjian Kerjasama dengan Maybank
  • Mengisi formulir merchant
  • Menyerahkan fotokopi dokumen Pedagang/Agen/Pemborong/Toko (Retailer/Buyer)
  • Mengisi formulir Aplikasi Maybank Purchasing Card
  • Perjanjian Kerjasama penggunaan Maybank Purchasing Card
  • Menyerahkan fotokopi dokumen perusahaan diantaranya, akta pendirian dan perubahan perusahaan, TDP, NPWP dan SIUP, KTP atau Paspor dan KITAS pejabat perusahaan, NPWP pejabat perusahaan, rekening koran perusahaan 3 bulan terakhir, serta laporan keuangan perusahaan 2 tahun terakhir

Ketika akan melakukan pembelian barang untuk pengadaan atau untuk dijual lagi, maka retailer tinggal memakai Maybank Purchasing Card untuk membayar. Kemudian transaksi tersebut akan tercatat di tagihan yang dikeluarkan bank dan harus dilunasi pada waktu yang telah ditentukan setiap bulannya.

Baca Juga: 10 Keuntungan Utama Memiliki Kartu Kredit

Kelebihan Kartu Kredit Retail dibanding Kartu Kredit Biasa

Kelebihan Kartu Kredit

Kelebihan yang Akan Anda Dapat via printcart.com

 

Dari uraian singkat di atas, dapat diketahui kelebihan kartu kredit retail dibanding kartu kredit biasa. Maybank Purchasing Card khusus dibuat untuk golongan retailer, sehingga urusan dengan bank penerbit menjadi lebih personal. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan Maybank Purchasing Card dibandingkan menggunakan kartu kredit biasa:

Keuntungan Bagi Distributor:

  • Memindahkan resiko piutang Perusahaan ke Bank, seperti: utang gagal dibayar retailer
  • Mengurangi biaya transaksi dan proses, seperti: biaya keamanan, pengelolaan kas dan penagihan
  • Potensi peningkatan penjualan karena proses penjualan menjadi lebih cepat dan efisien

Keuntungan Bagi Retailer:

  • Lebih nyaman dan lebih aman dibandingkan bertransaksi dengan menggunakan uang tunai
  • Perpanjangan waktu pembayaran sampai dengan maksimum 45 hari
  • Meningkatkan cashflow perusahaan
  • Apabila rajin melunasi tagihan, maka dapat menjadi modal untuk pengajuan kredit usaha kecil ke bank, di mana riwayat kredit yang bagus akan tercatat dan dapat menjadi syarat pengajuan kredit lainnya ke bank

Selain keuntungan di atas, khusus untuk retailer, Anda juga akan mendapatkan manfaat yang sudah ada pada kartu kredit biasa, seperti: diskon dan poin/mileage. Tetapi diskon hanya berlaku untuk transaksi dengan distributor terkait. Produk Maybank Purchasing Card memberikan katalog point berbagai pilihan merchandise dan voucher belanja yang dapat ditukarkan sesuai dengan pilihan retailer.

Kumpulkan mileage dari program Maybank TREATS Points dan tukarkan dengan berbagai pilihan program airline miles untuk melengkapi perjalanan Anda. Airport lounge memiliki akses gratis lebih dari 50 airport lounge di 24 kota besar di seluruh Indonesia, dengan cara menukarkan Maybank TREATS Points. Golden Bird airport Transfer memberikan layanan antar-jemput eksklusif dari rumah menuju bandara ataupun sebaliknya dengan menggunakan armada Golden Bird, dengan cara menukarkan Maybank TREATS Points. Merchant on spot redemption dapat menukarkan Maybank TREATS Points yang dimiliki secara langsung di berbagai merchant yang berpartisipasi. Jadi gunakan terus Maybank Kartu Kredit, kumpulkan Maybank TREATS Points dan tukarkan dengan barang yang sesuai dengan pilihan Anda.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Makanan Ringan untuk Pemula

Masih Ada Produk Kartu Kredit Retail Lainnya

Selain bank Maybank, ada beberapa bank lain yang juga menerbitkan kartu kredit retailer, seperti: kartu kredit UOB Commercial dan BCA SmartCash. Namun khusus BCA SmartCash diterbitkan untuk distributor. Walaupun sama-sama berupa kartu kredit untuk bisnis retail, tetapi masing-masing kartu kredit retailer tersebut mempunyai fitur masing-masing sesuai fungsi dan kebijakan bank penerbitnya, sama seperti kartu kredit konvensional.

Demikian ulasan mengenai keuntungan kartu kredit untuk para pedagang. Agar mendapatkan pilihan kartu yang terbaik, sebaiknya bandingkan terlebih dahulu 1 kartu dengan kartu yang lainnya. Kartu kredit yang terbaik adalah kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan keinginan. Silakan memilih kartu kredit yang terbaik.

Baca Juga: Tutup Kartu Kredit, Ini yang Mesti Anda Perhatikan