Melejit Lewat Sinetron, Aliando Syarief Makin Mantap Berkarir Jadi Pemain Film

Sinetron Ganteng-Ganteng Serigala pernah menjadi tayangan televisi yang fenomenal di tahun 2014. Salah satu pemain yang namanya melambung berkat sinetron itu adalah Aliando Syarief. Karakternya dalam sinetron itu mampu memukau para penonton.

Sukses di dunia sinetron, Ali pun melebarkan sayap ke dunia perfilman. Berkat aktingnya yang apik, anak kedua dari tiga bersaudara ini pun dipercaya memerankan sosok Dono dalam film bertajuk Warkop DKI Reborn 3.

Dengan banyaknya sinetron dan film yang dimainkan, tidak heran jika aktor kelahiran 26 Oktober 1996 ini mendapat banyak penghargaan. Bagi yang penasaran seperti apa perjalanan karir Aliando, berikut rangkuman tim cermati.com yang diolah dari berbagai sumber:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Mulai Tampil di TV Sejak Usia 12 Tahun

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Aliando Syarief (@aliandooo) pada

Nama Aliando Syarief mulai dikenal luas oleh masyarakat setelah dirinya berperan sebagai Digo di sinetron Ganteng-Ganteng Serigala (GGS). Aktingnya bersama Prilly Latuconsina kala itu mendapat respon positif dari para penonton.

Kemunculan pertamanya adalah di tahun 2008 sebagai Abdul dalam FTV Si Gundul Bocah Petir. Dalam kesempatan tersebut, pemilik nama lengkang Muhammad Ali Syarief ini sudah mendapatkan peran utama. Hanya saja, di umurnya yang ke 12 tahun itu perannya belum mampu mencuri perhatian.

Ali pun sempat mengalami kegagalan saat mengikuti casting. Honornya pun belum sebesar saat ini. Selain FTV, pada tahun 2011 anak kedua dari tiga bersaudara ini juga pernah terlibat dalam pembuatan film. Film Garuda di Dadaku 2 kala itu menjadi debut pertama seorang Aliando di dunia perfilman. 

Tetapi nama Ali benar benar melambung berkat sinetron GGS yang tayang hingga 2 series. Keberhasilannya membangun chemistry dengan Prilly di GGS lah yang berhasil membuat para penggemar semakin mengelu-elukan namanya.

Sayangnya, karena sibuk bermain sinetron, Ali mengambil keputusan untuk keluar sekolah. Dia pun mengambil ujian paket C untuk menyelesaikannya. Terkenal berkat sinetron Ali memutuskan untuk mundur sejenak dari dunia yang membesarkan namanya tersebut dan fokus bermain film.

Menjajal Dunia Tarik Suara

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Aliando Syarief (@aliandooo) pada

Di usianya yang masih begitu muda, Ali tidak ingin menyia-nyiakan bakatnya begitu saja. Meski memulai karir lewat dunia seni peran, di tahun 2013 pemain FTV Cinta Monyet di Kantin Sekolah ini juga mengembangkan bakat bermusiknya.

Sebuah single berjudu; Malaikat Terindah menjadi awal dari perjalanan karir seorang Aliando sebagai musisi. Dalam sinetron GGS, Ali juga sering mendapatkan peran menyanyi. Penonton pun jadi semakin banyak yang tahu jika pelantun Pergi Dari Hatiku ini memiliki suara merdu.

Kemampuan bernyanyi seorang Aliando ternyata bukan serta merta datang begitu saja. Sejak duduk dibangku SMA, rupanya Ali memang sudah mulai belajar vokal. Setiap ada kesempatan, Ali selalu menyempatkan waktu untuk berlatih.

Ketekunan Ali dalam berlatih rupanya berbuah manis. Teknik vokal yang dimiliki Ali perlahan  tapi pasti menjadi lebih baik. Dia pun kemudian mengeluarkan album bertajuk The Freaks bersama rekan artis yang lain. 

Album ini merupakan kompilasi dari empat orang artis muda Indonesia. Keempat artis tersebut adalah Calvin Jeremy, Nikita Willy, Teuku Rassya, dan tentu saja Aliando. Agnez Mo merupakan produsen dari album yang rilis tahun 2016 ini.

Baca Juga: Acha Septriasa, Artis Serba Bisa yang Buka Usaha Kuliner Ayam Tanjakan

Raih Banyak Penghargaan

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Aliando Syarief (@aliandooo) pada

Berkarir sejak usia muda, talenta Aliando mendapat cukup banyak penghargaan dari industri hiburan tanah air. Semenjak tahun 2014, nama Aliando tidak pernah absen mendapat penghargaan. Tahun 2014 dan 2015 pun menjadi tahun terbanyak Ali meraih piala.

Berkat aktingnya yang memukau, penghargaan SCTV Awards 2014 sebagai Aktor Utama Paling Ngetop pun berhasil dibawa pulang. Kepopulerannya juga membuatnya membawa pulang gelar Selebriti Remaja Pria Terfavorit versi Insert Fashion Awards pada tahun 2016.

Kemampuan aktingnya juga berhasil meraih penghargaan sebagai Aktor Terpopuler dalam acara Indonesian Television Awards 2016. Kepopulerannya kala itu juga membuatnya dinobatkan sebagai Seleb Tereksis versi Selebrita Awards 2016. 

Namanya juga pernah masuk dalam nominasi ajang bergengsi Panasonic Gobel Awards 2015 sebagai aktor terfavorit. Dalam ajang Nickelodeon Indonesia Kids’ Choice Awards 2015 Ali juga masuk sebagai nominasi Aktor Favorit. Sayangnya, dua piala tersebut gagal dibawa pulang.

Bersama Prilly Ali juga pernah dinobatkan sebagai Pasangan Selebriti Paling Romantis versi Infotainment Awards 2015. Selain itu, penghargaan juga berhasil dia dapat berkat suaranya yang merdu. 

Dua tahun berturut-turut SCTV Music Awards memberikannya penghargaan. Di tahun 2015, Ali menjadi Pendatang Baru Paling Ngetop dalam ajang tersebut. Lagu Kau Terindah yang dibawakan juga menjadi Lagu Paling Ngetop.

Sementara di tahun 2016, dia mendapatkan gelar sebagai Penyanyi Solo Pria Paling Ngetop dalam ajang yang sama. Inbox Awards juga pernah memberikan suaranya penghargaan di tahun 2015 dan 2016.

Investasi Tanah dan Emas

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Aliando Syarief (@aliandooo) pada

Kesuksesannya dalam berakting membuat pundi-pundi rupiah yang didapat Ali menggunung. Apalagi, selain aktif bermain sinetron dan FTV, pria 23 tahun ini juga disibukkan dengan berperan dalam berbagai judul film. Tarif yang dipatok Ali setiap kali muncul pun kabarnya cukup tinggi.

Bahkan, disebutkan jika untuk acara off air seperti Jumpa Fans, tarifnya mencapai Rp40 juta. Selain dunia akting, Ali juga melebarkan sayap sebagai seorang host dan juga penyanyi. Kepopulerannya juga membuat tawaran endorse berdatangan. Tidak mengherankan mengingat pengikutnya juga mencapai lebih dari 12 juta.

Selain endorse, pria yang dikabarkan pernah dekat dengan Prilly ini juga membintangi berbagai iklan produk. Beberapa di antaranya adalah iklan minuman berenergi dan juga aplikasi ponsel. Menurut kabar yang beredar, sekali bermain iklan bayaran yang didapat Ali bisa ratusan juta.

Uang yang dihasilkan Ali tidak dihamburkan begitu saja. Di usianya yang masih muda, pundi-pundi yang dia hasilkan diinvestasikan dalam bentuk tanah dan emas. Bukan hanya investasi duniawi yang dilakukan oleh aktor tampan ini.

Di tengah kesibukannya berakting, Ali juga melakukan investasi untuk akhirat. Hal itu diwujudkan dalam bentuk sebuah masjid di daerah Karawang sebagai investasi akhirat. Masjid yang dibangunnya tersebut mampu digunakan beribadah sekitar 2 ribu jemaah.

Baca Juga: Kontroversi hingga Idap Bipolar, Bikin Artis Cantik Marshanda Jadi Motivator

Berani Mencoba Selagi Ada Kesempatan

Perjalanan karir Aliando Syarief memberikan pelajaran pada kita untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Di umurnya yang masih muda, Ali pun berani mencoba berbagai hal untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya. Meski mencoba, semua dilakukan Ali dengan kesungguhan hati hingga membuatnya sukses seperti sekarang.

Baca Juga:  Terungkap! Ini Pekerjaan Ruben Onsu Sebelum Jadi Artis Tajir dan Bos Geprek Bensu