Membuka Deposito Online dan Pilihan Produk Terbaik

Sistem informasi digital yang berkembang selama beberapa tahun belakangan ini, telah membawa banyak sekali perubahan di dalam kehidupan kita. Sejumlah kemudahan bisa kita nikmati, termasuk berbagai fasilitas online yang membuat semua urusan menjadi lebih praktis dan cepat. Layanan perbankan berbasis internet menjadi salah satu fasilitas terdepan yang menggunakan internet sebagai pendukung kinerja operasional mereka.

Sejumlah fasilitas perbankan dapat diakses dengan mudah menggunakan layanan internet banking yang modern. Semua ini tentu akan memudahkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi keuangan di mana dan kapan saja dan dimana saja

Bagi Anda yang selalu membutuhkan kemudahan dan juga kecepatan dalam berbagai urusan keuangan Anda, maka semua hal ini tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan. Bukan hanya transaksi keuangan saja, melalui layanan online yang semakin canggih belakangan ini, bahkan dimungkinkan untuk melakukan investasi, termasuk di dalam bentuk deposito sekalipun.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Mudahnya Mengakses Deposito online

Mengakses Deposito Online dengan Internet Banking
Mengakses Deposito Online dengan Internet Banking

Jika selama ini waktu dan juga kesulitan untuk mengakses layanan investasi adalah kendala Anda untuk berinvestasi, maka hal seperti ini tidak perlu lagi Anda temui saat ini. Beberapa bank telah memiliki layanan online yang lebih memadai, sehingga Anda akan dimungkinkan untuk melakukan lebih banyak transaksi perbankan saat ini. Anda bisa berinvestasi melalui deposito online yang sangat praktis dan begitu mudah untuk dilakukan.

Berbeda dengan deposito biasa yang mewajibkan Anda untuk mendatangi bank dan melakukan pengisian data Anda secara manual di sana, deposito online justru bisa diakses dengan mudah melalui layanan e-channel bank seperti: internet banking, mobile banking, juga SMS Banking.

Meski pada dasarnya fasilitas yang satu ini tetap berupa simpanan berjangka yang Anda lakukan di bank, namun kemudahan akses ketika membuka dan juga mencairkannya adalah dua kelebihan produk ini yang patut untuk dipertimbangkan.

Bagaimana Cara Membuka Deposito Online?

Membuka Akun Deposito Online
Membuka Akun Deposito Online

Bila melihat sistem yang mengusung deposito online, jelas produk ini bisa diakses dengan lebih cepat dan mudah. Meski belum semua bank memiliki layanan yang satu ini, namun beberapa bank terbesar di Indonesia telah menyediakannya di dalam situs resmi mereka, sehingga Anda akan lebih mudah untuk membuka rekening deposito di sana.

Layanan ini bisa diakses dengan mudah oleh Anda yang sebelumnya telah menggunakan layanan internet banking atau mobile banking. Anda juga bisa melakukan pembukaan deposito online tersebut dengan mudah.

Namun sebagaimana layanan produk perbankan lainnya, deposito online juga akan memiliki sejumlah syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing bank penerbitnya. Sangat penting untuk membaca dan memahami dengan baik semua ketentuan tersebut, sehingga bisa memiliki informasi yang paling akurat terkait dengan produk perbankan yang digunakan ini.

 

Bacalah dengan cermat semua syarat dan ketentuan ini dengan detail, sebelum akhirnya melakukan pembukaan rekening deposito dan mengisi semua data yang dibutuhkan di sana. Jangan lupa untuk mengisi nominal dana yang akan didepositokan, dan memilih jangka waktunya sekaligus. Biasanya, pihak bank akan memiliki ketentuan terkait dengan minimal dana deposito ini, di mana rata-rata bank menetapkan nominal Rp8 hingga Rp10 juta sebagai dana minimalnya, tergantung pada kebijakan masing-masing bank.

Selain itu, besaran bunga yang ditetapkan juga akan berbeda-beda, mengikuti aturan bank dan juga jangka waktu deposito yang akan Anda pilih. Anda bisa memilih jangka waktu (tenor) deposito Anda sesuai kebutuhan, sebab bank akan menawarkan pilihan yang cukup beragam, yakni: 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan hingga 24 bulan. Terkait dengan tenor ini, Anda juga akan diberikan kesempatan untuk memilih sistem perpanjangan deposito tersebut, sebab bank memiliki sistem perpanjangan otomatis yang bisa Anda aktifkan atau tidak sama sekali.

Baca Juga: Pengertian Deposito, Ciri Khas, dan Cara Perhitungan Bunganya

Pilihan Produk Deposito Terbaik

Hingga saat ini, ada beberapa bank yang memiliki layanan deposito online dan bisa Anda akses dengan mudah melalui situs resmi mereka. Hal ini tentu akan menjadi keuntungan tersendiri, sebab Anda bisa lebih leluasa dalam memilih bank yang dianggap paling tepat utuk kebutuhan investasi tersebut.

1. Deposito Online BRI Rupiah

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, sejak beberapa tahun belakangan Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah memiliki layanan deposito online ini. Anda bisa membuka dan menempatkan dana deposito dengan nilai minimal Rp10 juta tidak terbatas. Pilihan tenor yang ditawarkan juga cukup beragam, mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan juga tersedia untuk Anda.

2. Deposito Online Bank BNI

Memiliki syarat minimal dana yang cukup besar, Bank BNI juga bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Untuk membuka rekening deposito di bank ini, Anda bisa memulainya dengan penempatan dana minimal sebesar Rp10 juta dan maksimal sebesar Rp25 juta.

Bunga yang ditawarkan juga cukup beragam, tergantung pada tenor yang akan Anda pilih nantinya. Di sini, Anda bisa leluasa memilih tenor deposito, mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan dengan sistem perpanjangan otomatis.

3. Deposito Online Bank Mandiri

Berbeda dengan dua bank di atas, Bank Mandiri menawarkan minimal dana yang jauh lebih rendah untuk layanan deposito online mereka. Anda bisa membuka rekening deposito di bank ini dengan dana minimal Rp1 juta saja. Namun, untuk mengakses layanan deposito ini, Anda wajib memiliki rekening / giro Bank Mandiri terlebih dahulu, sebab dana deposito online ini harus berasal dari rekening / giro Bank Mandiri dengan mata uang yang sama tentunya.

4. Deposito Online Bank BTN 

Membuka depostio di Bank BTN pun tidak kalah menguntungkannya, bisa memulai dengan minimal dana sebagai setoran pertama yaitu Rp1 juta rupiah saja. Kelebihan dari membuka akun deposito di bank BTN adalah fungsinya juga yang bisa dijadikan sebagai jaminan kredit, untuk jenis kredit swadaya.

Selain itu, bunga deposito dapat dikapitalisasikan ke dalam pokok dan dapat dipindahbukukan untuk pembayaran angsuran rumah, tagihan rekening listrik dan telepon.

Baca Juga: Tips Memilih dan Menghitung Deposito Supaya Menguntungkan

Permudah Investasi dengan Layanan Deposito Online

Investasi akan menjadi lebih mudah dan nyaman jika didukung dengan fasilitas yang praktis seperti deposito online. Anda bisa berinvestasi kapan dan di mana saja, sesuai dengan kebutuhan keuangan Anda. Akses dan segera buka deposito online Anda sekarang, agar berbagai tujuan investasi dan keuangan Anda bisa tercapai dengan baik.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Deposito, Seperti Apa Rumusnya?