Memilih Rumah di Kota yang Dekat dengan Tempat Kerja

menabung beli rumah

Memiliki rumah yang dekat dengan tempat kerja menjadi keinginan banyak orang. Namun, lebih banyak orang lagi yang mengurungkan keinginan itu, karena melihat harga rumah yang mahal.

Padahal dengan memiliki rumah di dekat tempat kerja, terutama di daerah perkotaan memiliki banyak manfaatnya. 

Ketika memiliki rumah di dekat tempat kerja, akan memberikan efisiensi terhadap pekerjaan. Anda tidak harus menempuh perjalanan yang jauh. Terhindar dari macetnya jalanan. Biaya transportasi yang murah. Membuat Anda bisa beristirahat lebih berkualitas, dan masih banyak lagi lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan.

Selain efisiensi tersebut, nilai dari rumah di kota juga akan terus meningkat. Hal ini juga bisa menjadi investasi jangka panjang yang bisa dilakukan.

Berikut beberapa cara memilih rumah di kota besar versi Cermati.com. Sehingga bisa tetap meneruskan keinginan untuk mendapatkan rumah yang nyaman di dekat tempat kerja:

1. Lokasi Rumah yang Strategis dan Aman

Ketika memilih rumah di kota besar, pastikan Anda mengetahui keadaan perumahan tersebut. Kondisi rumah yang baik tentunya strategis, aman, terhindar dari jalur macet, dan dekat dengan tempat kerja.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis Dua Lantai dan Tips Membangunnya dengan Biaya Murah

 

2. Pilih Developer dengan Track Record Terbaik

Membeli rumah dari developer langsung menjadi pilihan yang tepat. Namun pastikan terlebih dahulu developer tersebut mempunyai track record yang baik, sehingga aman dan terpercaya.

Kriteria dari developer yang aman dan terpercaya adalah mempunyai sistem pengelolaan yang terbuka. 

Rumah Anda harus benar-benar selesai seratus persen. Anda bisa mendapatkan hak kepemilikan dengan berbagai dokumen yang jelas, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga developer yang bisa diajak negosiasi, sehingga mendapatkan keringanan dalam sistem pembayarannya.

3. Manfaatkan Program Pembelian Rumah yang Meringankan Beban Biaya

Program KPR akan memberikan keringanan terhadap beban pembayaran. Biasanya dengan sistem KPR, ada skema tertentu yang memberikan berbagai macam penawaran. 

Manfaatkan berbagai macam program dari KPR tersebut untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik. Dalam program KPR ini Anda harus benar-benar mengalokasikan biaya tetap pada pembayarannya. Sehingga bisa melunasinya sesuai dengan jatuh tempo yang ditetapkan.

Dengan disiplin yang baik, dan juga alokasi yang tepat, Anda bisa mendapatkan rumah yang sesuai dengan rencana awal.

4. Jika Memungkinkan, Bayar Secara Tunai

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Pilihan pembayaran secara tunai juga menjadi metode yang tepat. Caranya adalah dengan mengalokasikan pendapatan secara khusus untuk membeli rumah.

Dengan metode pembayaran cash ini, harga yang rumah akan jauh lebih murah. Namun tentu saja, Anda harus benar-benar bersabar untuk mengumpulkan dana tersebut.

5. Sertifikat Rumah Harus Jelas

Sertifikat rumah adalah legalitas hukum yang sangat penting atas kepemilikan rumah. 

Transaksi dari proses yang Anda lakukan bersama dengan developer tersebut harus benar-benar bisa dipastikan dengan adanya sertifikat tersebut.

Jika pembayaran dilakukan secara tunai, pastikan sertifikat sudah dipegang, baru lunasi pembayarannya. Namun ketika melalui sistem KPR Anda harus menunggu MoU selesai ditandai oleh semua pihak.

Kehati-hatian menjadi sesuatu yang harus dilakukan dalam hal pembelian rumah.

6. Urus Semua Dokumen Pendukung Sertifikat

Beberapa berkas lainnya selain sertifikat adalah Akta Jual Beli (AJB), Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan juga tentunya adalah Sertifikat Hak Milik (SHM). 

Ketika respon yang diberikan oleh developer terkesan lamban, Anda harus berinisiatif untuk mengurusnya. 

Sehingga semua berkas yang berkaitan dengan legalitas atas kepemilikan rumah, tanah, dan beberapa hal lainnya benar-benar menjadi milik Anda. Berbagai macam hal tersebut akan memberikan rasa aman di masa mendatang.

Baca Juga: Anda Mau Jual Rumah? Pakai Cara Ini Agar Cepat Laku dan Harganya Mahal

 

7. Lakukan Transaksi dengan Legal dan Transparan

Transaksi atas jual beli rumah harus dilakukan secara terbuka, transparan, dan juga legal. Hindari semua risiko yang ada ketika melakukan transaksi jual beli rumah tersebut.

Anda harus benar-benar memastikan legalitas yang ada dari semua pihak. Demi terhindar dari risiko tinggi yang memang ada pada transaksi jual beli rumah ini. Apalagi transaksi dalam jual beli rumah ini memerlukan biaya yang sangat besar. Pastinya membutuhkan kehati-hatian pada semua prosedur yang akan dijalani. 

Dengan begitu keinginan mendapatkan rumah di dekat tempat kerja Anda akan semakin mudah tercapai. 

Beban biaya pada pembelian properti memang sangatlah mahal. Namun, ketika Anda mempunyai keinginan yang kuat, disiplin, dan juga perhitungan yang matang akan membuat semua hal itu lebih mudah dijalankan.

Banyak Manfaat Dari Memilih Rumah di Dekat Kantor

Pikirkan kembali apa saja manfaat yang akan Anda dapatkan meski dengan harga pembelian rumah yang lebih besar, dan beban yang akan ditanggung. 

Sehingga selain akan memberikan manfaat yang besar pada pekerjaan, juga properti di kota mempunyai nilai investasi yang sangat tinggi. Bahkan setiap tahun, nilai dari properti yang dibeli akan semakin meningkat. Tentu saja hal itu menjadi keuntungan tersendiri.

Baca Juga: Sebelum Beli Properti, Cek Dulu Tipe dan Harga Rumah Tapak Terbaru