Memilih Sistem Pendidikan yang Tepat untuk Anak

Memilih Sistem Pendidikan yang Cocok untuk Anak
Memilih Sistem Pendidikan yang Cocok untuk Anak

Pendidikan untuk anak adalah hal penting yang harus diperhatikan kita, selaku para orang tua untuk masa depan anak-anak kita kelak. Pendidikan yang harus dilalui oleh anak-anak di Indonesia memang cukup lama dan bertahap. Mulai dari sekolah dini seperti Paud, kemudian ke Taman kanak-kanak hingga ke sekolah Dasar dan menengah.

Untuk masa depan yang lebih baik lagi, anak-anak juga bisa melanjutkan studinya ke Perguruan tinggi dengan jurusan yang disukainya. Setiap tahapan itu tentunya memerlukan biaya pendidikan yang tidak sedikit. Namun, jika para orang tua menyiapkan dana tersebut sejak dini, maka cita-cita anak-anak kita untuk bersekolah ke tingkat yang lebih tinggi lagi, bisa tercapai.

Setelah menyiapkan dana pendidikan untuk anak-anak kita, ternyata peran orang tua tidak hanya sampai disitu saja. Orang tua juga perlu mengenal sistem pendidikan yang berlaku di sekolah anak tersebut. mungkin beberapa tahun ke belakang kita mengenal istilah KBK dan KTSP untuk pendidikan menengah. Istilah itu merupakan sistem pendidikan yang digunakan pemerintah di setiap sekolah menengah atas pada saat itu.

Sistem pendidikan tentunya berdampak pada kesiapan anak didiknya untuk menghadapi tantangan di masa depan nanti yang rupanya akan semakin berat. Sebagai orang tua, kita perlu membantu anak mengarahkan cita-citanya dengan terlebih dahulu mengenal sistem pendidikan yang diterapkan di sekolahnya.

Dikutip dari news.detik.com berikut ini adalah beberapa sistem pendidikan yang diterapkan di sekolah-sekolah, yang masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan, berikut ulasannya:

1. Sistem Pendidikan Nasional Indonesia

Sistem Pendidikan ini tentunya memang diterapkan di Indonesia. Sistem ini diterapkan dalam tiga jenjang pendidikan yaitu pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Sistem ini rupanya mengutamakan pengetahuan, keterampilan dan juga sikap.

Penilaian dalam rapor anak didik juga biasanya mmepertimbangkan 3 aspek tersebut. dengan begitu aspek lainnya seperti aspek intelektual, spiritual, dan personal menjadi pusat perhatian utama dalam sistem pendidikan ini. kelemahannya mungkin aspek lainnya seperti kreatifitas, minat dan bakat kurang dimunculkan disini.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

2. Sistem Pendidikan UK Cambridge

Sistem ini berbeda dengan sistem pendidikan nasional Indonesia. Sekolah yang menerapkan sistem pendidikan ini akan mengarahkan anak didiknya sejak dari awal pembelajaran, untuk mengambil bidang tertentu yang spesifik.

Dengan begitu anak didiknya akan lebih fokus pada satu bidang dan harus mampu menghafal pembelajaran subjek tersebut karena sistem ini memang mengutamakan metode hapalan untuk penerapannya kepada anak didiknya.

Baca Juga: Cara agar Diterima Kuliah di PTN

3. Sistem Eropa International Baccalaureate

Sistem pendidikan seperti ini mungkin hampir sama dengan perkuliahan di Indonesia. Dimana, para siswanya akan mengalami penjurusan di tahap akhir sekolah, sehingga mereka bisa lebih yakin akan memilih jurusan apa di akhir sekolahnya.

Saat sudah memilih jurusan yang diinginkan, siswa akan diasah keterampilan berfikir secara kritis terhadap suatu permasalahan juga melakukan riset untuk pemecahan masalah tersebut. mereka akan banyak belajar mengenai kasus-kasus yang berkaitan dengan jurusan mereka, dan mereka harus mencari pemecahan masalahnya.

Dengan begitu mereka akan lebih paham bagaimana menangani sebuah masalah di bidang tersebut. mereka biasanya akan bekerja secara individu atau kelompok.

4. Sistem Pendidikan Amerika

Sistem pendidikan ini memang mengacu pada Negara Amerika, yang dipercayai sebagai salah satu kiblat pendidikan yang baik. Sistem pendidikan ini rupanya akan mempersiapkan anak didiknya untuk bisa memenuhi kebutuhan Industri di masa yang akan datang. Pendidikanya lebih menekankan pada science, teknologi, engineering, art, programmer dan masih banyak lagi.

Di masa depan nanti, pekerjaan di bidang tersebut akan sangat banyak dan dibutuhkan. Siswa dengan pendidikan ini juga bisa bebas memilih bidang studi dan spesialisasi sesuai keinginan mereka. Sistem ini juga mendukung pola interaksi yang baik kepada anak didiknya secara berkelompok untuk memecahkan masalah yang nyata di bidang industri saat ini.

Baca Juga: Cara Sukses Bisa Kuliah ke Korea Selatan

Pilih Sistem Pendidikan yang Sesuai dengan Karakter Anak

Ada yang bilang jika kita bisa mengetahui bakat anak-anak kita sejak dini dan mengarahkan pendidikannya sesuai dengan bakatnya, maka sang anak bisa lebih maksimal dalam menjalani pendidikannya hingga berhasil. Setelah itu sang anak bisa berbagi ilmunya kepada orang lain, dan juga menerapkan ilmunya di bidang pekerjaan yang dia pilih kelak.

Anak-anak juga tidak akan banyak mengeluh jika pendidikan yang mereka jalani sesuai dengan passion mereka. Pilihlah sistem pendidikan yang membantu anak mengembangkan bakatnya.

Baca Juga: Cara Lulus SNMPTN Agar Bisa Kuliah di Universitas Negeri