Menabung untuk Liburan ke Luar Negeri, Ini Strategi yang Harus Dilakukan

Banyak kemudahan dan penawaran menarik jika ingin berlibur ke luar negeri. Untuk sebagian orang, liburan ke luar negeri menjadi salah satu impian yang ingin diwujudkan. Bagaimana dengan Anda? Adakah destinasi di luar negeri yang ingin Anda kunjungi?

Soal biaya, berlibur ke luar negeri membutuhkan biaya yang cukup besar. Jika Anda bijak dalam mengelola keuangan dan bisa menabung secara teratur, rencana liburan tentu bisa diwujudkan. Saat ini ada banyak situs online yang memudahkan Anda untuk bisa mendapatkan harga/paket liburan terbaik. Tentunya harga tersebut bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan.

Untuk memastikan rencana liburan terwujud nantinya, beberapa cara berikut ini bisa mengantarkan Anda berlibur ke negara pilihan dengan segera.

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Liburan Panjang Secara Maksimal

1. Tujuannya Ke Mana dan Berapa Anggarannya?

 Anggaran Liburan

Buat Anggaran Liburan via shutterstock.com

 

Rencana liburan Anda harus diawali dengan pemilihan negara tujuan liburan. Kemudian barulah Anda bisa menentukan anggaran liburan dengan tepat. Cari informasi sebanyak-banyaknya terkait dengan perjalanan liburan ke negara tujuan.

Dalam anggaran yang Anda buat, susun dan perkirakan kapan Anda bisa mencapai jumlah dana yang dibutuhkan untuk liburan nanti. Melakukannya sejak awal akan mempermudah Anda untuk mewujudkan liburan ke luar negeri.

2. Buatlah Rekening Baru Khusus Liburan

 Rekening Tabungan Liburan

Ilustrasi Rekening Tabungan Liburan via shutterstock.com

 

Pisahkan dana liburan dan tempatkan dalam rekening khusus agar tidak tercampur aduk dengan berbagai dana lainnya. Tentukan jumlah dana liburan yang akan ditabung setiap bulannya sesuai dengan estimasi waktu selesainya menabung. Segera lakukan transfer dana ke rekening khusus liburan setiap kali menerima gaji.

3. Menghemat Jadi Cara Efektif Menabung Dana Liburan

 Tabungan Liburan

Ilustrasi Tabungan Liburan via shutterstock.com

 

Untuk memuluskan rencana liburan, Anda harus memulai penghematan. Lakukan pemangkasan biaya-biaya yang tidak begitu penting dalam anggaran keuangan Anda. Ingat, yang tidak begitu penting. Jangan sampai Anda menyetop dana untuk kebutuhan yang memang wajib dipenuhi.

4. Bawa Bekal Makan Siang

 Bekal Makan Siang

Membawa Bekal Sama Saja Menghemat Biaya Makan via shutterstock.com

 

Masih berhubungan dengan poin di atas, Anda juga bisa melakukan penghematan yang cukup besar setiap harinya, yakni dengan membawa bekal makan siang ke kantor. Tidak perlu malu atau merasa minder ketika membawa bekal makan siang. Ingatlah selalu akan impian liburan ke luar negeri yang ingin Anda wujudkan.

5. Batasi Kegemaran yang Menghabiskan Biaya

 Ngopi

Tahan Diri untuk Meminum Kopi di Kafe demi Terkumpulnya Dana Liburan via shutterstock.com

 

Gemar ke kafe dan menghabiskan waktu sepanjang sore di sana dengan minum kopi serta menyicipi kudapan yang lezat? Atau Anda mungkin senang mengoleksi sepatu kulit yang harganya juga tidak ramah di kantong? Mulailah membatasi kegemaran Anda tersebut. Lebih baik alokasikan dana Anda ke tabungan liburan Anda sehingga jumlahnya semakin cepat bertambah.

6. Jadikan Hobi sebagai Sumber Pemasukan Tambahan

 Buat Blog

Ilustrasi Menulis di Blog via shutterstock.com

 

Jika memiliki hobi yang unik dan bisa dijadikan uang, kenapa Anda tidak mencoba untuk menjadikannya sebagai sumber dana liburan? Saat ini ada banyak cara untuk menyalurkan hobi menjadi uang.

Salah satunya dengan mengandalkan layanan internet. Misalnya, Anda hobi nge-blog dan visitor yang melihat blog jumlahnya lumayan banyak, ini bisa jadi peluang dengan memasang iklan pada blog Anda. Di samping itu, Anda bisa juga mendaftarkan diri sebagai penulis freelance dengan menjadikan blog Anda sebagai portofolio.

7. Jual Barang yang Tidak Terpakai

 Jual Barang Bekas

Ilustrasi Jual Barang Bekas via shutterstock.com

 

Daripada terbengkalai, lebih baik barang-barang yang tidak terpakai dijual demi mendapatkan dana tambahan. Keberadaan situs jual beli secara online bisa membantu Anda dalam menjualnya barang-barang tersebut. Terlebih bila memiliki barang-barang bekas yang lumayan banyak dan masih layak, Anda bisa mendapatkan sejumlah uang yang lumayan besar nantinya.

8. Biasakan Belanja Hemat

 Diskon Belanja

Manfaatkan Diskon yang Ada via shutterstock.com

 

Alokasikan sebagian anggaran belanja bulanan Anda untuk kebutuhan dana liburan, tapi dengan cara yang tepat. Bukan memotongnya secara langsung atau mengurangi jumlah konsumsi bulanan Anda. Sebab ini akan berbahaya dan bisa berdampak buruk.

Lakukan hal ini dengan bijak, yakni dengan cara melakukan kegiatan belanja bulanan yang cerdas. Anda bisa belanja hemat dengan mengandalkan diskon atau penawaran khusus dari toko/supermarket tertentu. Cari informasi tersebut melalui internet agar Anda bisa memenuhi semua kebutuhan bulanan Anda dengan harga yang lebih hemat.

Biasanya supermarket akan menerbitkan katalog bulanan dan Anda bisa memanfaatkan ini. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa memanfaatkan kartu kredit Anda untuk mendapatkan diskon atau penawaran khusus dari kerja sama toko tertentu dengan bank penerbit kartu Anda.

9. Atur Pengeluaran Harian

 Pengeluaran Harian

Ilustrasi Hitung Pengeluaran Harian via shutterstock.com

 

Anda juga bisa mengatur pengeluaran harian Anda agar lebih efektif sehingga beberapa pos bisa dipangkas untuk ditabung sebagai dana liburan Anda. Misalnya, Anda bisa berjalan kaki menuju halte bis yang tidak terlalu jauh dari kantor daripada menggunakan ojek yang tentu akan membutuhkan sejumlah biaya harian yang cukup besar. Kalau dikumpulkan dalam sebulan, pengeluaran ini juga jumlahnya cukup lumayan.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

Rencanakan dengan Matang

Liburan ke luar negeri mungkin akan membutuhkan sejumlah biaya yang besar sehingga Anda perlu menabung untuk kebutuhan ini. Sebelum menabung, ada baiknya Anda merencanakan terlebih dahulu liburan Anda. Rencanakan dengan matang dan mulailah menabung sejak sekarang agar rencana liburan Anda bisa terealisasikan.

Baca Juga: Tips Memilih Tempat Penginapan Ketika Liburan