Menantu Idaman: Jadilah Istri yang Telaten Mengatur Keuangan!

Namanya juga wanita, kadang ada saja yang ingin dibelinya meski tidak benar-benar butuh. Terlebih lagi bagi mereka yang masih hidup sendiri (single). Mulai dari kendaraan pribadi, tas bermerek (branded), hingga apartemen, dan masih banyak lagi, semuanya ingin dibeli.

Banyak juga wanita yang menghabiskan uang hanya untuk pergi perawatan ke salon kecantikan. Maka tak heran jika sebagian besar wanita ternyata tidak mahir mengatur keuangan.

Alasannya, mumpung masih single. Eh, jangan salah! Biasanya, bagaimana perilaku di masa yang akan datang itu tergantung dari kebiasaan sekarang dan sebelumnya. Jadi, jangan berharap kalau sudah waktunya pasti berubah. Karena, apa yang sering dilakukan, maka itu yang akan menjadi kebiasaannya.

Untuk itu, sebelum menjadi seorang istri, ada baiknya membiasakan diri mengatur keuangan dengan baik.

Sebagai istri yang telaten (sabar dan teliti) mengatur keuangan, tidak hanya akan disayang suami, tapi juga bakal menarik perhatian mertua.

Istri yang telaten mengatur keuangan adalah menantu idaman, karena sebagai orang yang bertanggungjawab atas keuangan keluarga, mulai dari keperluan dapur, biaya transportasi dan sekolah anak, uang saku anak, hingga semua cicilan, dan masih banyak lagi.

Agar keadaan finansial keluarga tetap konsisten, inilah cara menjadi istri telaten mengatur keuangan keluarga.

Baca Juga: Tips Cermat Memilih Mobil Keluarga

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

1. Rutin Membuat Anggaran Belanja

Istri Mengatur Keuangan
Seorang istri haruslah bisa mengatur keuangan keluarga

Membuat anggaran belanja bukanlah sesuatu yang sulit. Namun, ternyata banyak orang yang tidak mampu melakukannya dengan baik. Hal ini dikarenakan tidak terlatih atau memang terlalu sibuk dengan urusan kantor.

Bagi Anda yang tidak terlatih, mulailah belajar membuat anggaran belanja. Sedangkan bagi Anda yang tidak punya waktu luang, delegasikan tugas ini ke asisten rumah tangga.

Membuat anggaran belanja rutin akan membantu Anda sebagai seorang istri untuk mengetahui kisaran biaya yang dihabiskan setiap bulannya. Dengan demikian, akan mampu mengatur setiap pengeluaran dengan baik. Tapi jangan sampai terlalu menekan pengeluaran yang membuat Anda terkesan pelit.

2. Lihai Memisahkan Uang Sesuai Posnya

Istri Belanja
Belanjakan anggaran keluarga sesuai posnya

Setelah menerima gaji pribadi maupun gaji suami, seorang istri harus mampu memisahkan uang tersebut pada setiap pos yang menjadi kebutuhannya. Misalnya, Rp2 juta untuk keperluan dapur, lalu Rp1 juta untuk biaya anak sekolah, dan lainnya.

Agar lebih praktis, Anda bisa menyisihkan uang tersebut ke dalam sebuah amplop. Berikan keterangan pada setiap amplop untuk meminimalisir terjadinya kesalahan membelanjakan uang.

3. Rajin Menabung

Istri Menabung
Jadilah istri yang pandai menabung

Istri yang baik adalah tidak boros, setuju? Kebiasaan boros yang dulunya melekat dalam diri sebisa mungkin dihilangkan. Belajarlah untuk hidup hemat, agar gaji yang diterima suami setiap bulan masih memiliki sisa.

Sisa dari gaji inilah yang nantinya akan dimasukkan ke dalam rekening tabungan. Untuk memaksimalkan jumlah tabungan, Anda bisa langsung menyisihkan setiap kali menerima gaji bulanan. Persentase jumlah tabungan tergantung dari kebutuhan, bisa 15%, 20%, hingga 30% atau lebih, dari total penghasilan setiap bulan.

Baca Juga: 5 Model Investasi Bodong yang Harus Diketahui

4. Mampu Melirik Investasi yang Menguntungkan

Investasi Emas
Emas dalah salah satu produk investasi

Produk investasi tidak hanya diperkenankan untuk pria saja, tapi juga wanita. Jika Anda memiliki sedikit pengetahuan tetang arus pergerakan ekonomi, bergabung pada salah satu produk investasi adalah pilihan yang tepat.

Investasi merupakan produk keuangan yang menguntungkan. Anda tidak perlu takut ketika ingin melakukan investasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih, mulai dari emas, deposito, reksadana, saham, dan lainnya.

Sebelum bergabung pada produk investasi, rajinlah untuk membaca tren investasi sesuai dan menguntungkan. Sehingga akan mempermudah Anda untuk menentukan pilihan. Perlu diingat, produk investasi senantiasa mengalami pergerakan, baik turun maupun naik. Untuk itu, selalu perhatikan nilai atau grafik investasi Anda.

5. Memilih Asuransi untuk Proteksi Keluarga

Asuransi Keluarga
Ilustrasi asuransi untuk keluarga

Istri yang telaten mengatur keuangan, sedikit banyaknya pasti tahu tentang produk asuransi. Baik itu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, asuransi properti, asuransi perjalanan, dan asuransi kecelakaan.

Semua jenis asuransi yang ditawarkan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya, asuransi kesehatan yang berguna sebagai pertanggungan saat seseorang menderita sakit dan dirawat di rumah sakit.

Selain sebagai proteksi keluarga, produk asuransi juga termasuk solusi untuk perencanaan jangka panjang keluarga. Apabila anggota keluarga sehat walafiat, otomatis tidak ada biaya yang akan dipotong oleh perusahaan asuransi. Sehingga ketika asuransi jatuh tempo, Anda akan menerima imbal hasil yang lumayan besar.

Sudahkah Anda Menjadi Istri yang Baik dan Idalam Mertua?

Seorang wanita yang sudah berkeluarga sudah pasti tidak boleh egois, hanya memikirkan dirinya sendiri. Sebaliknya, harus memikirkan keluarga, suami, dan anak. Penataan keuangan yang sehat akan membawa keluarga pada kondisi finansial yang sehat pula.

Untuk itu, mulailah mengatur keuangan dengan baik. Jangan menunda-nunda untuk melakukannya. Karena waktu tak pernah berputar kembali ke masa lalu. Mengambil hati mertua memang tidak gampang. Kuncinya, harus jadi istri cerdas.

Mulailah mengatur keuangan sedari sekarang, walaupun masih single, tapi sangat bermanfaat buat Anda kelak ketika mengarungi bahtera rumah tangga. Apalagi bila Anda memang sudah menikah, ini adalah suatu keharusan. Tak ada kata terlambat untuk memulainya, dan jadilah istri idaman buat suami dan mertua!

Baca Juga: Tips Menghemat Belanja Listrik