Mending Jangan Ambil KPR Jika Belum Siap Dengan 5 Hal Ini

Memiliki rumah kerap menjadi impian banyak orang, terutama bagi mereka yang telah bekerja dan memiliki penghasilan. Rumah bisa dibilang salah satu bentuk pencapaian tinggi seseorang di dalam karier dan keuangan, mengingat harga aset yang satu ini cukup mahal.

Harga properti rumah bervariatif tergantung pada lokasi dan tipe bangunan rumah itu sendiri. Namun pada umumnya jarang orang membeli rumah secara tunai. Kebanyakan dari mereka mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan cicilan per bulan.

Mungkin dari kamu sudah terlintas rencana membeli rumah, wajar saja sih meskipun kamu belum berumah tangga. Akan tetapi, sebelum membeli rumah, kamu perlu menghitung dan mempertimbangkan secara matang keinginan tersebut. Jangan sampai justru membawa berbagai masalah di dalam kehidupanmu.

Ada 5 poin yang menandakan kamu belum siap membeli atau memiliki rumah. Apa saja itu?

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya KPR dan Cicilannya

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Keputusan Terburu-buru dan Penyesalan

KPR
Keputusan Terburu-buru dan Penyesalan

Menerima saran dari orangtua atau bahkan orang-orang terdekat merupakan salah satu hal yang sering menjadi pertimbangan saat membeli rumah. Namun di luar hal tersebut, keinginan untuk membuktikan keberhasilan dalam karier (penghasilan) terhadap orang lain juga bisa saja menjadi alasan rencana itu.

Tekanan seperti ini kerap datang dari lingkungan, di mana pencapaian karier sering dilihat dari kepemilikan aset seseorang. Jika kamu akan membeli rumah karena alasan-alasan tersebut, maka kamu belum benar-benar siap untuk memiliki aset yang satu ini. Membeli rumah haruslah dilakukan dengan penuh pertimbangan, terutama jika akan dilakukan secara kredit.

2. Lokasinya Jauh dari Harapan

Bekerja dan tinggal di kota yang padat, tentu kamu akan sulit mendapatkan rumah di area tersebut. Artinya, jika kamu berniat untuk segera membeli rumah dengan harga murah, maka lokasi yang kamu dapatkan mungkin saja jauh dari lokasi kerja saat ini.

Perumahan pada umumnya berada di pinggiran kota yang jaraknya cukup jauh dari pusat kota. Saat kamu membeli rumah di lokasi ini, maka kamu akan pindah dan tinggal di kawasan tersebut, yang tentunya cukup jauh dari tempat kerjamu. Jika kamu tidak siap dengan konsekuensi pindah tersebut, maka kamu tidak benar-benar siap untuk membeli rumah.

3. Kondisi Keuangan

Kondisi Keuangan
Kondisi Keuangan

Saat ingin membeli rumah, satu hal penting yang harus menjadi bahan pertimbangan adalah kondisi keuangan. Kamu harus mempersiapkan dana untuk membayar uang muka dan cicilan setiap bulan. Tapi namanya beli rumah yang harganya ratusan juta rupiah, jangka waktu kredit pun bisa belasan tahun.

Cicilan KPR yang harus dibayar akan menjadi beban pengeluaran bulanan. Jika ternyata kondisi keuangan tidak memadai untuk uang muka dan cicilan, maka kamu belum siap untuk membeli sebuah rumah.

Baca Juga: Cermati Keuntungan dan Kerugian KPR Tenor Panjang

4. Pembayaran Cicilan

Besaran cicilan akan menjadi pengeluaran tetap setiap bulan dengan masa tenor sangat panjang, sekitar 10-20 tahun. Berat? Tentu saja, apalagi jika jumlah cicilannya cukup besar. Bila ternyata kamu tidak siap dengan sejumlah tagihan yang harus dibayar setiap bulan, maka kamu juga belum siap untuk memiliki rumah.

5. Biaya Perawatan

Biaya Perawatan
Biaya Perawatan

Saat memiliki rumah, kamu juga akan dihadapkan dengan sejumlah biaya lain seperti perawatan. Entah ditempati atau tidak, rumah akan membutuhkan biaya-biaya, seperti biaya listrik, air, perawatan tahunan (cat, dan lainnya).

Jumlah biaya ini tidak kecil, beberapa di antaranya bahkan bisa saja muncul tak terduga seperti renovasi kerusakan. Bila kamu tak siap dengan berbagai biaya ini, maka kamu juga belum siap untuk membeli rumah saat ini.

Pertimbangkan Dengan Matang Sedari Awal

Membeli rumah menjadi keputusan yang tepat jika dilakukan dengan pertimbangan dan perhitungan yang matang sejak awal. Bukan terburu-buru karena tekanan dari ini dan itu.

Membeli rumah bukan seperti membeli sayur karena membutuhkan dana cukup besar, sehingga jika salah bisa mempengaruhi kondisi keuangan kamu secara keseluruhan. Jadi pahami dengan baik hal tersebut sejak awal, sehingga kamu benar-benar siap untuk membeli dan memiliki sebuah rumah impian.

Baca Juga: Ragam Biaya Tambahan KPR yang Sering Terabaikan