Menekuni Bidang Manajemen Keuangan, Jangan Takut Nganggur. Ini Peluang Karier dan Gajinya

Manajemen
Ilustrasi bekerja di bidang manajemen keuangan

Manajemen merupakan salah satu ilmu yang banyak diterapkan dalam kehidupan manusia. Ilmu yang satu ini bahkan sudah dikenal dan digunakan sejak lama.

Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan sedemikian rupa untuk mencapai suatu tujuan, seperti visi misi perusahaan. Fungsi manajemen, yaitu fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi pengarahan, dan fungsi pengendalian.

Jika fungsi manajemen tersebut berjalan dengan tepat dan lancar, maka target atau tujuan dapat lebih mudah tercapai. Tapi sebaliknya, bila implementasinya berantakan, meraih tujuan hanya sebatas mimpi.

Manajemen memiliki bidangnya masing-masing. Salah satu yang cukup populer adalah bidang manajemen keuangan. Manajemen keuangan adalah sebuah proses dalam mencapai tujuan finansial sebuah perusahaan. Istilah lain dari manajemen keuangan sih pengaturan keuangan.

Perusahaan dapat berkembang dan maju pesat bila mampu menerapkan strategi manajemen keuangan yang tepat. Oleh karenanya, dibutuhkan sumber daya manusia yang mengerti seluk beluk bidang tersebut.

Peluang karier pun terbuka lebar. Baik di perusahaan besar, menengah, hingga skala kecil. Bagaimana dengan gajinya? Jangan ditanya, gaji tinggi bisa kamu dapatkan jika menguasai manajemen keuangan. Tentu saja ada level atau jenjang karier, mulai dari junior sampai paling senior.

Peluang karier apa saja yang dibutuhkan perusahaan, terutama menyangkut bidang manajemen keuangan.

Baca Juga: Biar Cepat Dapat Kerja, Kamu Perlu Lakukan 8 Tips ini

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Manajemen
Peluang karier di bidang manajemen keuangan

Kepala Pejabat Keuangan (Chief Financial Officer/CFO)

Sudah berada di level top manajemen, seorang CFO bertanggung jawab mengelola risiko keuangan perusahaan. Tugas pejabat perusahaan yang setara dengan direktur keuangan ini mengurusi perencanaan, pencatatan, sampai kepada pelaporan keuangan ke Presiden Direktur maupun komisaris.

Berdasarkan riset perusahaan perekrutan internasional, Robert Walter, rata-rata gaji seorang CFO sekitar Rp1,6 miliar- Rp2,6 miliar per tahun. Jika dihitung per bulan, berarti gaji CFO sekitar Rp133 jutaan-Rp216 jutaan.

Manajer Keuangan

Siapa dari Anda sudah berada di posisi manajer keuangan? Salah satu jabatan penting yang mendukung keberhasilan perusahaan. Jadi bisa dibilang jabatan ‘seksi,’ karena tugasnya sangat vital menyangkut keuangan perusahaan.

Memantau aliran keuangan yang masuk dan keluar setiap hari, merencanakan keuangan perusahaan, baik dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang. Hingga berhubungan dengan investasi dan pembiayaan perusahaan.

Manajer keuangan bisa menerima gaji sekitar Rp70 juta hingga Rp100 juta per bulan. Tergantung skala perusahaannya.

Manajer Risiko 

Manager risiko keuangan bertanggung jawab melakukan pengelolaan terhadap berbagai risiki yang akan muncul. Biasanya mereka menganalisis kemungkinan risiko yang akan terjadi dan strategi mengatasinya seperti apa, terutama menyangkut keuangan.

Di antaranya risiko nilai tukar, risiko suku bunga kredit, risiko komoditas, dan sebagainya. Gaji seorang manajer risiko tidak berbeda jauh dengan manajer keuangan.

Baca Juga: UMP Naik, Ini Besar Gaji Minimum Karyawan Indonesia 2020

Analis Keuangan 

Seorang analis keuangan bertugas menganalisis data keuangan perusahaan, memberi solusi untuk menekan biaya keuangan perusahaan, sekaligus meningkatkan kinerja keuangan, hingga membantu manajemen dalam mengambil keputusan terutama menyangkut keuangan.

Analis profesional adalah analis keuangan yang memiliki sertifikat internasional, dan Indonesia kekurangan sumber daya manusia tersebut. Gaji analis keuangan bisa mencapai lebih dari Rp15 juta sebulan.

Analis Kredit

Di industri keuangan, peran analis kredit sangat penting. Perusahaan keuangan, seperti bank maupun fintech pasti membutuhkan tenaga analis kredit. Mereka yang akan menganalisa seseorang (calon nasabah) layak mendapat kredit atau tidak. Gaji analis kredit hampir sama dengan analis keuangan, sekitar di atas dari Rp15 juta per bulan.

Kontroler/Controller

Seorang kontroler bertugas mengawasi keuangan perusahaan. Fungsi monitoring dan audit, akunting, manajemen, dan pelaporan keuangan juga harus dilakukannya. Termasuk mengawasi pelaksanaan perpajakan perusahaan. Jangan sampai pelaporan dan pembayaran pajak tidak tepat waktu. Gaji seorang kontroler yang setara manajer ini bisa sekitar puluhan juta rupiah.

Tingkatkan Kemampuan, Keahlian, dan Keterampilan di Bidangnya

Mau sukses, kuncinya harus fokus. Fokus mempelajari, mendalami satu bidang, sehingga menjadi orang yang paham betul dengan bidangnya. Kemampuan, keahlian, dan keterampilan tersebut dapat menjadi nilai tambah buat Anda ketika melamar pekerjaan. Apalagi kalau jam terbang sudah tinggi, Anda berpeluang memperoleh jabatan tinggi dengan gaji besar.

Baca Juga: Bukan Cuma Programmer, ada 9 Peluang Karir IT Lainnya yang Bisa Ditekuni