Mengalami 5 Hal Ini, Artinya Gaji Bulananmu Masih Belum Mencukupi

Topik mengenai gaji, ramai dibicarakan di linimasa Twitter beberapa hari terakhir. Dimulai dari seorang pemilik akun Twitter yang membahas standar gaji di kota tertentu, lalu berlanjut pada pembahasan soal nilai gaji pertama, hingga perdebatan mengenai tabu tidaknya perbincangan seputar gaji.

Berapapun gajimu, yang paling penting jumlahnya mampu untuk memenuhi kebutuhanmu. Tapi, apakah kamu salah satu orang yang merasa gajinya cepat habis di pertengahan bulan? Artinya, kamu harus segera memperbaiki keuanganmu. Tapi sebelum beranjak ke sana, ketahui dulu tanda-tanda bahwa penghasilanmu masih kurang untuk memenuhi kebutuhan.

nabung

1. Kehabisan uang di pertengahan bulan

Gaji sudah habis duluan di pertengahan bulan? Atau lebih parahnya, kamu tak bisa memenuhi kebutuhan pokok harian? Jika sudah begini, artinya penghasilanmu memang tergolong kecil. Solusinya pun hanya dua, yaitu menambah penghasilan, atau mengurangi pengeluaran.

2. Menjadikan layanan kredit sebagai uang tambahan

Kartu kredit, atau pun kredit online memang menjadi solusi bagi siapapun yang membutuhkan bantuan dana. Namun perlu diingat, bahwa layanan kredit adalah salah satu alat pembayaran bukan tambahan uang. Kamu memiliki kewajiban untuk membayarnya kembali. Jika kamu menganggap layanan kredit sebagai uang tambahan, artinya kamu memang merasa tak cukup dengan gajimu. Pemikiran ini harus segera dihilangkan supaya tagihan nggak menumpuk nantinya.

3. Kesulitan dalam membayar tagihan

Pernahkah kamu merasa kesulitan saat memilih tagihan mana yang harus dibayar duluan, karena dana yang kamu miliki terbatas? Inilah saatnya kamu menyadari, bahwa gajimu tak mencukupi. Jangan sampai utang semakin menumpuk, bayarlah tagihan mulai dari tanggal jatuh tempo yang paling dekat. Hindari berutang secara berlebihan. Idealnya, satu keluarga hanya memiliki utang tak lebih dari 30% penghasilan per bulan.

4. Tujuan finansial sulit untuk tercapai

Pastinya setiap orang memiliki tujuan yang ingin dicapai, termasuk tujuan finansial. Ketika gajimu kurang, kamu akan kesulitan untuk mencapai tujuan finansialmu tersebut. Untuk sehari-hari saja kurang, apalagi untuk mencapai tujuan finansial seperti membeli kendaraan, atau membeli rumah?

5. Tak punya dana darurat

Dana darurat berfungsi sebagai back up ketika terjadi hal di luar prediksi. Idealnya, setiap orang memiliki dana darurat di luar tabungan. Tapi ketika gajimu kurang, kamu akan kesulitan memiliki dana darurat dan menggunakan layanan kredit sebagai jalan pintas. Tentu hal ini sah-sah saja, tapi jika kamu selalu mengandalkan layanan kredit, bisa-bisa tagihannya membengkak. Dan ingat, kamu juga harus membayarnya kembali pada akhirnya.

Kelima hal di atas merupakan tanda bahwa kamu sedang mengalami masalah finansial. Jangan lama-lama terlarut dalam masalah ini. Apabila gaji masih kurang, jalan yang bisa ditempuh hanya dua, menambah penghasilan, atau mengurangi pengeluaran. Untuk menambah penghasilan, kamu bisa menjalani pekerjaan sampingan, baik dengan berbisnis atau bekerja paruh waktu di tempat lain. Cek kembali juga pengeluaranmu dan tekan sebisa mungkin pos pengeluaran yang tak begitu penting.

 

Artikel ini merupakan kerja sama Kredivo dan Cermati.com