Mengapa Kita Perlu Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri? Cari Tahu di Sini

Bagi yang punya mobilitas tinggi, asuransi kecelakaan diri sangat diperlukan. Asuransi kecelakaan diri menanggung kecelakaan, seperti keracunan gas yang terjadi tanpa unsur kesengajaan atau risiko terkena obat bius yang berakibat fatal bagi tubuh. Bahkan, asuransi ini juga menanggung risiko jika Anda terkena zat berbahaya lainnya.

Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa mengambil asuransi kecelakaan diri itu penting seperti yang diulas di bawah ini.

Baca Juga: Manfaat Asuransi Secara Umum dan Khusus

1. Kecelakaan Bisa Datang Kapan Saja sehingga Perlu Adanya Antisipasi

Kecelakaan Kendaraan

Ilustrasi Kecelakaan via shutterstock.com

 

Walaupun sudah sangat berhati-hati dalam bekerja, selalu saja ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan kecelakaan di sekitar kita. Misalnya, meskipun telah menaati seluruh aturan yang ada, tetap saja kejadian-kejadian yang membahayakan bisa menimpa kita di jalan, seperti bersenggolan antar kendaraan atau terserempet kendaraan sewaktu berjalan kaki.

Sulit memperkirakan seberapa besar dampak yang dirasakan akibat terjadinya kecelakaan yang terjadi. Bisa saja kecelakaan tersebut mengharuskan untuk rawat inap di rumah sakit. Dan perawatan di rumah sakit memerlukan biaya yang tidak sedikit. Di sinilah asuransi memainkan perannya dengan memberikan tanggungan atas dampak dari kecelakaan.

2. Apakah Cukup Menggunakan Satu Asuransi?

Asuransi Kecelakaan Diri

Banyak Pilihan Asuransi untuk Melindungi Anda dan Keluarga via shutterstock.com

 

Setiap pekerja biasanya mendapat asuransi dari perusahaan. Akan tetapi, apakah Anda tahu secara detail berapa kisarannya dan mencakup apa saja? Kadang kala kalau terjadi kecelakaan fisik dan ternyata asuransi pekerjaan tersebut tidak bisa menanggung semuanya, bagaimana menutupi kekurangannya? Berbeda jika Anda memiliki asuransi kecelakaan diri. Anda tidak perlu khawatir lagi karena semuanya sudah terjamin.

3. Yakinkah Tabungan Mampu untuk Menanggung Biaya Perawatan?

Tabungan

Ilustrasi Tabungan via shutterstock.com

 

Mungkin Anda sudah mempersiapkan dana tersendiri untuk saat-saat mendesak dan hanya akan menggunakan uang tersebut apabila memang sangat memerlukannya. Akan tetapi, apakah Anda dapat memprediksi, berapa kebutuhan mendesak yang mungkin sangat perlu ditangani segera? Tidak kan.

Lagi-lagi di sinilah asuransi kecelakaan diri berperan. Anda dapat tenang dan tidak perlu memikirkan bagaimana biaya perawatan. Dan uang tabungan Anda pun bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak lain.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan: Manfaat dan Cara Memilihnya

Layanan Dasar Asuransi Kecelakaan Diri yang Perlu Anda Ketahui

Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi Kecelakaan Diri Memberikan Tanggungan atas Kecelakaan via shutterstock.com

 

Jika tertarik untuk mendapatkan asuransi kecelakaan diri, ada baiknya memilih asuransi yang tepat dan cocok bagi Anda. Mungkin beberapa pelayanan dasar asuransi kecelakaan diri di bawah bisa membantu Anda untuk menentukan layanan apa saja yang Anda harus dapatkan ketika mendaftar.

1. Pemberian Proteksi pada Keluarga

Kecelakaan yang terjadi boleh jadi ringan atau berakibat fatal. Karena itu, pastikan perusahaan layanan yang Anda pilih memberikan biaya pertanggungan yang besar, baik untuk kematian maupun cacat permanen.

Dengan begitu, masa depan keluarga Anda akan tetap terjamin. Dan Anda tidak perlu khawatir karena perusahaan asuransi akan memberikan santunan setiap bulannya sesuai perjanjian yang telah disepakati.

2. Tanggungan untuk Hari Tua

Pastikan asuransi yang dipilih terus berlaku hingga hari tua nanti dan tentunya dengan biaya premi tahunan yang murah. Ada beberapa jasa asuransi tertentu yang memiliki batasan usia terhadap pelanggan yang akan ditanggung. Biasanya pada rentang usia 17-60 tahun dihitung ketika mendaftar asuransi.

3. Menanggung Biaya Rumah Sakit

Pastikan jasa asuransi yang dipilih tidak memiliki batasan biaya perawatan, tetapi total untuk selama satu tahun. Dengan begitu, perawatan akan lebih terjamin dan Anda tidak akan mengeluarkan uang pribadi tambahan untuk menanggung biaya perawatan.

Menurut OJK, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda mendaftar pada layanan asuransi kecelakaan diri, di antaranya:

  • Memahami seluk-beluk perusahaan asuransi.
  • Mengecek surat penawaran yang diberikan.
  • Membaca kontrak perjanjian atau polis dengan sesama.
  • Menanyakan semua poin dengan jelas.
  • Mengoreksi jika ada kesalahan dalam penulisan data dalam polis.

Jadi Lebih Tenang dalam Menjalani Aktivitas

Akan lebih baik sebelum memilih layanan asuransi, sebaiknya Anda memerhatikan poin-poin di atas dengan baik supaya tidak menyesal nantinya. Kalau Anda memasukkan asuransi ke dalam anggaran tetap bulanan, Anda bisa menyesuaikan pengeluaran untuk kebutuhan lainnya dan pembagiannya pun menjadi jelas.

Dengan sudah tertanganinya risiko-risiko atas kejadian buruk yang bisa datang tiba-tiba, bukankah Anda akan lebih tenang dalam menjalani aktivitas. Sebab Anda tahu bahwa Anda dan keluarga tidak akan sendiri menghadapi hal tersebut dan ada pihak yang akan menganggung kalau ada risiko yang mengancam Anda.

Baca Juga: Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia, Apa Saja?