Mengenal Capsule Wardrobe, Cara Hidup Simpel dengan Pakaian yang Sedikit

Pakaian menjadi salah satu kebutuhan utama yang selalu diutamakan pengadaan oleh banyak orang. Sebagian orang bahkan selalu membeli pakaian secara teratur setiap bulannya, bahkan meski pada dasarnya mereka sudah memiliki banyak pakaian di lemari. 

Tidak selalu karena kebutuhan, pembelian pakaian seperti ini bahkan kerap terjadi karena kebiasaan dan kesenangan semata. Namun jika terus dilakukan, maka kebiasaan seperti ini tentu akan membuat jumlah pakaian di lemari akan semakin banyak saja, bukan?

Jika kamu termasuk orang yang suka berbelanja pakaian baru, maka kamu perlu mengenal istilah Capsule Wardrobe. Istilah yang unik ini pertama kali dicetuskan pada tahun 1970-an oleh seorang pebisnis dan sekaligus pemilik “Wardrobe”, sebuah butik ternama di kawasan London. Butik miliknya secara konsisten mengeluarkan pakaian-pakaian yang dapat digunakan sepanjang tahun, sehingga pelanggan tidak perlu membeli berbagai jenis pakaian yang berbeda-beda. 

Di tahun 1985, ide unik tersebut kembali dipopulerkan oleh Donna Karan. Dalam kesempatan tersebut, Donna secara khusus merilis sejumlah capsule collection yang disebut "7 Easy Pieces" dan terdiri dari tujuh pakaian kerja formal dan bisa dikombinasikan antara satu dengan yang lainnya. 

Konsep ini menyarankan agar setiap wanita memiliki capsule wardrobe sendiri, di mana pakaian ini terdiri dari beberapa jenis, yakni: 2 celana panjang berbahan kain, 1 dress atau rok, 1 jaket, 1 jas, 1 blouse, 2 pasang sepatu, dan 2 buat tas. Dengan koleksi ini, penampilan yang menarik sudah bisa didapatkan sepanjang tahun oleh para wanita.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Aturan dalam Capsule Wardrobe

aturan capsule wardrobe

Untuk mengadaptasi konsep capsule wardrobe, Anda tentu harus memahami dengan baik aturan yang diterapkan dalam konsep yang unik ini. Simak beberapa prinsip dasar dalam capsule wardrobe berikut ini sebagai panduan:

1. Menggunakan Warna-warna yang Senada

pakaian warna senada

Pada umumnya, warna pakaian di dalam konsep capsule wardrobe merupakan warna-warna polos dan warna dasar, seperti: coklat, abu-abu, biru tua, hitam, dan juga putih. Ini menjadi warna dasar untuk hampir semua pakaian, mulai dari celana atau rok, jas, jaket, bahkan hingga sepatu dan juga tas. 

Tujuannya tentu jelas, agar seluruh pakaian ini menjadi lebih mudah dipadupadankan. Namun untuk pilihan warna atasan atau blouse, bisa menggunakan warna senada dengan pilihan warna yang cenderung lebih terang dari warna bawahannya. Padanan warna yang seperti ini akan membuat penampilan tetap seimbang, meskipun hanya menggunakan warna-warna dasar saja. 

2. Memilih Pakaian dengan Desain Klasik

desain klasik

Konsep ini juga tidak mengikuti perkembangan dunia mode, sebab pilihan akan jatuh pada pakaian dengan desain-desain klasik yang berumur panjang. Pola pakaian yang simpel dan mudah dikombinasikan merupakan pilihan yang paling tepat, sehingga pakaian bisa digunakan untuk waktu yang lama, tanpa harus gonta-ganti mengikuti tren terbaru di pasaran.

Baca Juga: 10 Setelan Jas Pria Termahal Ini Mampu Membuat Siapa Saja Terbelalak! 

3. Memilih Pakaian yang Menggunakan Bahan Berkualitas

bahan berkualitas

Konsep capsule wardrobe ini bertujuan untuk digunakan dalam waktu yang panjang, sehingga sangat penting untuk memilih pakaian dengan bahan berkualitas baik. Hal ini akan memungkinkan pakaian lebih awet dan tahan lama, meskipun sering dipakai dan dicuci secara berulang-ulang. 

Selain itu, kualitas pakaian yang baik seperti ini akan membuat Anda lebih nyaman ketika mengenakannya sepanjang hari.

Baca Juga: 7 Kondisi yang Akan Memaksa Anda untuk Transaksi Pakai Kartu Kredit

4. Keuntungan Menerapkan Konsep Capsule Wardrobe

keuntungan capsule wardrobe

Pada dasarnya, konsep capsule wardrobe bisa memberikan banyak keuntungan sekaligus. Meski pada awalnya tidak mudah untuk diterapkan, namun jika konsisten, maka lama kelamaan Anda tentu akan terbiasa dan bisa merasakan banyak manfaat dari penerapan konsep unik ini di dalam keseharian.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penerapan konsep capsule wardrobe:

  • Membeli hanya beberapa pakaian saja, Anda tentu akan menghemat banyak uang setiap bulannya. Anda tidak lagi perlu melakukan pembelian pakaian secara rutin, begitu juga dengan item fashion pendukung lainnya, seperti tas dan juga sepatu. Dalam satu tahun saja, Anda sudah bisa menghemat banyak sekali uang.
  • Praktis dan akan menghemat waktu berdandan, sebab Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk sekedar memilih-milih pakaian. 
  • Konsep capsule wardrobe juga bisa membuat hidup dan penampilan menjadi jauh lebih simpel dan nyaman. Anda tidak akan tampil mencolok, sebab pakaian ini pada umumnya cocok untuk berbagai acara sekaligus.
  • Lebih nyaman dan tidak memiliki banyak barang untuk selalu dirapikan. Anda bisa menyimpan lebih banyak waktu dan tenaga, sebab Anda tak perlu mengurusi banyak pakaian di lemari.
  • Tidak perlu sibuk mengikuti berbagai tren fashion terbaru. 

Kenali dan Terapkan dengan Cara yang Menyenangkan

Konsep capsule wardrobe sangat menarik untuk dipahami. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dari konsep pakaian yang unik ini. Kenali dan mulai terapkan konsep capsule wardrobe mulai sekarang, agar bisa lebih mudah dalam menata pakaian dan sekaligus menghemat biaya untuk belanja pakaian itu sendiri.

Baca Juga: Rekomendasi Handphone Gaming Anti Ngelag Rp1 Jutaan