Mengenal KTA, Apa Keunggulan dan Kekurangannya?

Di zaman sekarang ini, di saat kebutuhan semua orang selalu meningkat setiap tahunnya, ketersediaan akan dana sangat mutlak dibutuhkan. Apapun tujuannya, bila tidak memiliki dana, tentu kebutuhan itu tidak bisa terpenuhi. Hal inilah yang sering menjadi masalah, bagi orang yang sudah memiliki rumah atau mobil, mungkin itu bisa dijadikan agunan ke bank. Namun, bagaimana kalau tidak ada? Tenang saja, Kredit Tanpa Agunan (KTA) bisa dijadikan solusi atas permasalah itu. Produk ini memiliki banyak keunggulan yang sangat membantu masalah pendanaan Anda.

Ya, Kredit Tanpa Agunan. Produk ini adalah pinjaman bank yang diberikan bank kepada nasabah tanpa meminta agunan atau jaminan dari debitur. Apa saja sih keunggulan produk ini? Ini dia ulasannya.

Keunggulan Kredit Tanpa Agunan

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menggunakannya. Kami akan memberikan sedikit informasi keunggulan dari Kredit Tanpa Agunan:

1. Syarat Lebih Mudah Dibanding Kredit Multiguna

Syarat Mudah Lebih

Syarat Mudah Lebih

 

Seperti yang sudah disebutkan, Kredit Tanpa Agunan diberikan tanpa ada syarat pengajuan agunan dari calon debitur kepada kreditur. Karena itu, hal ini sangat membantu kita yang belum mempunyai aset seperti rumah atau mobil. Untuk masalah kelengkapan dokumen, bank biasanya hanya meminta fotokopi KTP, kartu keluarga, dan catatan pembayaran kartu kredit bulan terakhir, serta mengisi formulir.

Dana Tunai Gadai Mobil dan Rumah

Untuk mengisi formulir pun terkadang Anda tidak harus datang ke bank. Sebab beberapa bank sudah menyediakan formulir di website mereka, yang siap diunduh (download). Sangat praktis kan?

2. Masa Pencairan Cepat, Bisa Kurang Dari 3 Hari

Perncairan 3 Hari

Pencairan Cuma 3 Hari

 

Salah satu keunggulan KTA adalah bisa digunakan untuk keperluan dana darurat atau kebutuhan lain yang sifatnya mendesak. Kenapa begitu? Karena bank tidak memerlukan agunan apa pun dari debitur, sehingga dana bisa cair dalam waktu 2-3 hari.

Tentu saja, hal itu bisa terjadi asalkan syarat-syarat yang dibutuhkan sudah terpenuhi. Bagi orang yang sedang membutuhkan pinjaman cepat, tentunya hal tersebut sangat membantu.

Baca Juga: 5 Manfaat KTA yang Membuatnya Banyak Digunakan Orang

3. Hampir Tiap Bank Menawarkan Kredit Tanpa Agunan

Banyak Pilihan Bank

Banyak Pilihan Bank

 

Satu hal yang pasti, Anda tidak perlu bingung mencari produk KTA. Karena sekarang sudah ada banyak bank yang menyediakan jasa Kredit tanpa agunan. Beberapa bank bahkan sangat gencar dalam memasarkan produk ini mengingat pangsa pasarnya yang relatif tinggi. Oleh karena itu, ketika sedang butuh KTA, Anda tinggal menentukan dana pinjaman yang akan dipinjam dan bisa langsung pergi ke lembaga keuangan tersebut atau membandingkannya di situs keuangan seperti Cermati.com.

Ruang Edukasi

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan

Sebagai sebuah produk, pastinya Kredit Tanpa Agunan juga memiliki sejumlah kekurangan. Sehingga dalam beberapa kondisi, dia tidak bisa digunakan secara maksimal:

1. Bunga KTA Relatif Tinggi

Bunga Lebih Tingi

Bunga Lebih Tinggi via pieria.co.uk

 

Salah satu kekurangan yang dimiliki Kredit Tanpa Agunan adalah bunganya yang tinggi. Salah satu penyebabnya karena produk ini tidak menyertakan jaminan sebagai salah satu syaratnya. Sehingga hal itu membuat bunga yang dibebankan menjadi tinggi. Tentunya, hal ini akan sedikit memberatkan Anda ketika dalam proses pembayaran angsuran.

2. Harus Punya Kartu Kredit Lebih Dulu

Harus Punya Kartu Kredit

Harus Punya Kartu Kredit via ppioncreditcards.net

 

Nah ini dia yang sering membuat orang-orang gagal mendapat Kredit Tanpa Agunan. Karena salah satu syarat yang diberikan oleh bank adalah kepemiikan kartu kredit selama 1 tahun. Kalaupun tidak menggunakan kartu kredit, Anda mesti menjadi pengguna layanan payroll bank tersebut. Kebanyakan orang tidak mengetahui kekurangan ini. Meski persyaratan lainnya relatif mudah, namun hal ini mesti diingat karena sangat krusial dalam proses persetujuan.

3. Limit Kecil, Sehingga Masa Tenor Relatif Pendek

Limit Pinjaman Kecil

Limit Pinjaman Kecil

 

Ini dia kekurangan selanjutnya, bank umumnya hanya menawarkan produk kredit tanpa agunannya dengan limit sampai Rp 200 juta. Karena tidak sebesar limit Kredit Multiguna yang bisa disesuaikan dengan harga agunan. Pemberian limit KTA biasanya dilihat dari limit kartu kredit yang dimiliki calon debitur.

Karena limit yang kecil itu, masa tenor tersebut juga ikut dibuat pendek. Sehingga jumlah cicilan yang harus dibayar menjadi sedikit lebih besar.

Baca juga: Sedang Cari Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Perhatikan Plus Minusnya

Tertarik Menggunakan KTA?

Meskipun memiliki kekurangan, tetapi Kredit Tanpa Agunan sebenarnya bisa memberi manfaat yang sangat besar. Tentunya bila digunakan dengan sebaik mungkin. Satu saran dari kami, coba cari produk KTA dari bank atau lembaga lain yang sudah terpercaya karena risikonya lebih kecil. Sementara meminjam uang di lembaga keuangan yang kurang kredibel bisa menghadirkan hal-hal merugikan, salah satunya penipuan. Jadi, bagaimana keputusan Anda?

Baca juga: Layak Dipertimbangkan, 5 Fitur Khusus yang Ditawarkan KTA

Butuh dana? Punya kartu kredit? Dapatkan pinjaman tanpa agunan KTA terbaik disini. Tidak punya kartu kredit, Pilihan KTA Tanpa Kartu Kredit Bisa membantu

Dapatkan Kredit Tanpa Agunan Sekarang