Mengenal Layanan UOB Internet Banking

Saat ini Internet banking telah banyak ditawarkan oleh bank di Indonesia, tak terkecuali Bank UOB Indonesia. UOB Internet Banking atau yang biasa dikenal dengan UOB Personal Internet Banking adalah layanan dari PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) yang memberikan kemudahan bagi setiap nasabah terutama perseorangan atau individual untuk dapat mengakses berbagai layanan perbankan secara online.

UOB Internet Banking sendiri memberikan kemudahan bagi setiap nasabahnya untuk melakukan transaksi finansial dimana pun dan kapan pun selama terhubung dengan koneksi internet. Oleh karenanya UOB Internet Banking cukup bermanfaat bagi yang memiliki mobilitas tinggi dengan akses penuh selama 7X24 jam.

Layanan UOB Internet Banking sendiri adalah web application yang dapat diakses oleh setiap nasabah yang telah mendaftarkan diri di bank UOB melalui browser. Hal ini membuat Anda tak perlu menginstall berbagai macam aplikasi yang sering kali justru membuat nasabah terutama yang tidak begitu memahami sistem komputer semakin kewalahan. Cukup buka situs www.uob.co.id, klik Login dan klik link UOB Personal Internet Banking yang sudah disediakan.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Kelebihan Internet Banking Bank UOB

  • Internet banking bank UOB pun menawarkan kenyamanan dalam setiap transaksinya dimana Anda bisa melakukan transaksi pembayaran di lebih dari 400 merchant yang telah bekerja sama.
  • UOB menawarkan kemudahan dalam mengarsipkan setiap laporan bank secara elektronik dalam jangka waktu 5 tahu sejak menjadi nasabah Bank UOB.
  • Bisa menghemat biaya transaksi hingga 50% saat membeli barang atau mengirimkan uang melalui sistem online. Untuk mendapatkan kelebihan kelebihan tersebut cukup dengan mendaftar menjadi nasabah kartu kredit maupun nasabah tabungan bank UOB.

Fitur

Form Pendaftaran UOB Internet Banking dari website
Form Pendaftaran UOB Internet Banking dari website via uob.com.hk

Setiap jenis produk atau layanan yang di miliki oleh sebuah bank pastinya memiliki fitur tertentu. Berikut ini adalah fitur-fitur yang terdapat di Internet Banking Bank UOB yang dapat Anda nikmati setelah mendaftarkan diri menjadi pengguna Internet Banking Bank UOB :

1. Keamanan 7X24 Jam

Salah satu tingkat keamanan yang di buat oleh Bank UOB adalah setiap transaksi yang di lakukan dengan menggunakan Internet Banking UOB, Anda diwajibkan memasukkan pin yang di dapat melalui token SecurePlus. Token SecurePlus sendiri memberikan autentikasi keamanan tambahan dengan cara melindungi akun serta informasi pengguna internet banking.

Bank UOB pun juga melindungi setiap transaksi yang dilakukan dengan menggunakan internet banking melalui sistem enkripsi autentikasi dua faktor (2FA)..

Sebagai contohnya, Anda akan diminta memasukkan kata sandi yang unik yang diambil melalui SecurePlus Token untuk bertransaksi online. Selain itu, Bank UOB juga menerapkan Firewall yang berguna untuk menghalangi penyusupan. Bank UOB pun telah menerapkan Sistem Socket Layer (SSL) 128-bit.

Anda pun cukup memasukkan nama pengguna serta kata sandi untuk dapat mengakses layanan Internet Banking UOB. Salah satu kelebihan dari Internet Banking UOB adalah memberikan layanan UniAlerts, yakni dengan memberikan pemberitahuan berupa SMS kepada nasabah untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui Internet Banking UOB.

Pihak Bank UOB akan mengirimkan SMS tersebut apabila Anda menerima pembayaran baru atau transfer masuk dana dengan catatan dengan batas tertentu. Selain itu, untuk menjamin setiap transaksi yang di lakukan oleh nasabah Bank UOB, sistem Internet Banking UOB pun secara otomatis akan log out dan mewajibkan Anda untuk memasukkan username dan password kembali.

2. Mobile Cash

Fitur berikutnya yang bisa Anda dapatkan di internet banking UOB yakni fitur Mobile Cash. UOB Mobile Cash sendiri adalah inovasi dari Bank UOB yang memudahkan setiap nasabahnya untuk mentransfer uang dengan aman melalui nomor handphone. Uang yang diterima pun dapat ditarik di ATM Bank UOB tanpa memerlukan kartu ATM Bank UOB atau yang biasa dikenal dengan istilah cardless.

3. Berinvestasi dalam Unit Trust

Diversifikasi portofolio investasi dengan Unit Trust, saat ini pun telah di layani oleh bank UOB secara online.

4. eStatements

Untuk yang tidak memiliki tabungan di Bank UOB namun mendaftarkan Internet Banking untuk kartu kredit Bank UOB, Anda pun akan mendapatkan fasilitas eStatements. Pihak bank UOB akan secara otomatis mengarsipkan eStatement untuk jangka waktu 5 tahun.

5. RTOL (Real Time OnLine)

RTOL adalah sistem yang memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi secara realtime. Beberapa jenis layanan yang diberikan oleh UOB Internet Banking diantaranya adalah RTGS atau yang biasa dikenal sebagai Real Time Gross Settlement dan TT atau Telegraphic Transfer. RTGS sendiri memungkinkan dana yang dikirimkan oleh setiap nasabah dengan nominal yang cukup besar. Sedangkan Telegraphic Transfer adalah transaksi pengiriman uang dengan nominal mata uang asing.

6. Catatan Transaksi  Bisa sampai 90 Hari Kebelakang

Berbeda dengan internet banking pada umumnya yang hanya mampu menampilkan sejarah transaksi selama 14 hingga 30 hari kebelakang. Sedangkan untuk Anda nasabah bank UOB, Anda pun bisa mengakses sejarah transaksi selama 60 hari kebelakang jika tanpa melalui UOB Internet Banking.

7. Quick Fun Transfer atau Quick Pay

Fitur ini memungkinkan Anda sebagai nasabah untuk melakukan transaksi seperti transfer tanpa perlu mendaftarkan rekening tujuan. Hal tersebut sedikit berbeda dengan internet banking atau mobile banking yang ditawarkan oleh bank lain dimana Anda harus mendaftarkan rekening tujuan transfer untuk dapat melakukan transaksi untuk pertama kali.  

Fitur ini juga memberikan kemudahan bagi nasabah untuk menyesuaikan limit transaksi yang dapat di lakukan melalui UPB Internet Banking sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Mengenal Mobile Banking, Apa Keunggulan dan Kekurangannya?

UOB Internet Banking dengan Sistem Keamanan Berlapis 

Keamanan Terjamin dan Berlapis
Keamanan Terjamin dan Berlapis

Layanan perbankan yang menyangkut keuangan tentunya membuat kita untuk selalu waspada untuk menggunakannya. Jika salah memilih tentunya dapat mengancam pundi-pundi keuangan yang kita miliki. Oleh karenanya UOB Internet Banking pun menyediakan berbagai sistem keamanan berlapis untuk menjamin setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabahnya aman.

Secara umum, UOB Internet Banking memberikan keamanan bertransaksi yang dapat diandalkan. Salah satunya yakni dengan penggunaan SSL-128bit yang memungkinkan setiap transaksi yang dilakukan melalui UOB Internet Banking ter-enkripsi dan hanya dapat dibaca oleh penerima maupun pengirim informasi.

Selain menggunakan token untuk mengakses layanan yang disediakan oleh UOB, Anda pun akan mendapatkan SMS One Time Passcode atau OTP. Fitur ini memungkinkan untuk melindungi setiap transaksi benar-benar hanya dilakukan oleh pengguna dari nasabah bank UOB itu sendiri.

Baca Juga: Fakta atau Mitos Seputar Keamanan Cyber untuk Pengguna Internet 

Syarat & Ketentuan

Sebagai salah satu entitas bisnis, tentunya PT Bank UOB Indonesia memiliki berbagai syarat dan ketentuna yang harus Anda ketahui apabila menggunakan layanan UOB Internet Banking. Berikut ini adalah beberapa syarat dan ketentuan yang harus Anda perhatikan saat menggunakan maupun hendak mendaftar sebagai user UOB Internet Banking :

  • Untuk yang hendak mendaftarkan diri sebagai user UOB Internet Banking, pastikan Anda memiliki minimal 1 produk Bank UOB Indonesia. Beberapa jenis produk bank UOB diantaranya adalah tabungan, giro, dan kartu kredit. Sedangkan yang menjadi nasabah tabungan deposito, hingga saat ini Bank UOB masih belum mengijinkan untuk menggunakan rekening deposito untuk menjadi pengguna UOB Internet Banking.
  • Sedangkan untuk yang hendak mendaftar sebagai UOB Personal Banking, pastikan Anda adalah nasabah perorangan atau nasabah dengan tipe joint accpunt OR.
  • Syarat dan ketentuan selanjutnya, pastikan memiliki nomor handphone yang telah terdaftar pada sistem Bank UOB Indonesia.
  • Memiliki alamat email yang sudah terdaftar pada sistem Bank UOB Indonesia.

* alamat email digunakan sebagai media penyampaian informasi transaksi yang sudah dilakukan di PIB serta informasi status transaksi tersebut.

Demikian lah beberapa hal yang perlu diketahui tentang UOB Internet Banking. Dengan sistem keamanannya yang berlapis, saat ini Anda tak perlu ragu untuk mendaftarkan diri sebagai salah satu user UPB Internet Banking.

Baca Juga: Bank UOB dan Nomor Call Centernya