Mengenal Lebih Dalam Cara Investasi Emas Di Pegadaian

Investasi emas telah lama menjadi pilihan jenis investasi yang paling stabil dan mudah dalam mendapatkan keuntungan.

Banyak dari investor yang memulai bisnis investasinya dari emas, salah satunya dengan cara membeli emas dalam bentuk fisik dan menjualnya ketika harganya tinggi. Namun, sebagian masyarakat selaku investor memiliki kekhawatiran bahwa menyimpan emas batangan dirasa kurang aman, karena risiko terjadi pencurian.

Jika Anda salah satu yang cemas dengan adanya risiko kehilangan, maka Anda patut mencoba investasi emas di Pegadaian. Saat ini PT. Pegadaian memiliki banyak produk investasi emas, selain itu cabang dan jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia akan membuat Anda lebih mudah melakukan transaksi dan tentunya nyaman karena tidak harus pergi jauh.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berinvestasi emas di Pegadaian. 

Baca Juga: Mengenal Perbandingan Investasi Emas dan Perak

Pahami Jenis Produk Investasi Emas di Pegadaian Biar Tidak Salah Pilih Produk

produk investasi emas di pegadaian
Produk Investasi Emas di Pegadaian via i2.wp.com

Pegadaian adalah BUMN yang dalam perjalanannya ingin menjadi perusahaan yang tidak hanya melakukan transaksi dan bisnis gadai, namun seiring perkembangan bisnis kini meluncurkan produk berbasis logam mulia emas sejak beberapa waktu yang lalu. Ada 3 program investasi emas yang ada di Pegadaian, sebagai berikut ini:

Bagi mereka yang ingin berinvestasi di emas ada beberapa metode yang berbeda untuk melakukannya di pegadaian. Harga emas umumnya akan sama di seluruh dunia, meski bisa berfluktuasi sedikit jika nilai budaya, daya tarik artistik, kemurnian atau spekulasi pasar ikut bermain. Nilai emas batangan ditentukan hampir seluruhnya oleh harga pasar emas pada saat pembelian. Emas batangan datang dalam salah satu dari dua bentuk berikut:

1. Koin Emas

Koin emas atau emas batangan yang dicetak dalam beberapa bentuk dengan satuan gram.  Emas batangan atau biasa dikenal dengan emas Antam disimpan baik yang dimiliki investor atau di tempat penyimpanan. Pegadaian punya produk bernama Mulia dalam bentuk investasi emas batangan yang bisa diangsur dengan membayar sejumlah uang muka dengan masa investasi/angsuran bisa sampai dengan 3 tahun dibayar bulanan.

2. Tabungan Emas

Produk lain dari pegadaian, yakni Tabungan Emas. Sebagian masyarakat yang sudah mengenal istilah inflasi tentu mengerti bahwa meskipun menyimpan uang di bank dalam bentuk tabungan bisa dibilang aman, namun karena faktor inflasi, maka uang tersebut akan tergerus seiring dengan perkembangan waktu. Oleh karena itu, sebagai alternatif penyimpanan dana yang bebas inflasi, maka bisa mencoba investasi logam mulai emas.

Produk Tabungan Emas di Pegadaian adalah suatu produk yang melayani transaksi jual beli emas serta memberikan fasilitas titipan dengan harga yang bersaing. Konsep dari Tabungan Emas sendiri sebenarnya adalah Anda membeli emas dan menitipkannya pada Pegadaian, namun tidak perlu membelinya secara tunai keseluruhan, namun bisa dicicil.

Tabungan emas cocok bagi yang ingin fleksibel dalam memiliki emas dengan cara simpanan bulanan. Satu harga emas naik tinggal dijual saja. Selain itu masih ada produk lain dari pegadaian yaitu sistem konsinyasi emas dimana pegadaian bekerja sama dengan pemilik emas untuk menjualkan emas mereka dimanan pemilik emas membayar sejumlah biaya titip dan jual per akad yang dilakukan.

 

Nikmati Keuntungan Investasi Emas di Pegadaian Berikut Ini

Keuntungan Investasi Emas di Pegadaian
Keuntungan Investasi Emas di Pegadaian

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan apabila berinvestasi emas di Pegadaian adalah bisa mendapatkan logam mulia emas meskipun belum memiliki dana yang cukup. Dengan kredibilitas dan legalitas yang baik di mata masyarakat, tentu menjadi nilai lebih di mata calon investor untuk melakukan investasi emas di Pegadaian.

1. Fleksibilitas dan Sekuritas yang Tinggi

Misalnya Anda ingin melakukan pembelian emas bersertifikat PT. Antam dan ingin sekaligus menyimpannya di tempat yang aman, maka bisa memanfaatkan produk Tabungan Emas yang ada di Pegadaian. Karena emas yang dibeli belum lunas, maka pihak Pegadaian akan menyimpan emas tersebut dengan keamanan yang ketat, sehingga tidak perlu khawatir emas tersebut akan hilang atau dicuri. Sedangkan untuk jangka waktu angsuran sangat fleksibel dimana Anda bisa mengambil cicilan mulai dari 3 bulan sampai 36 bulan.

2. Volatilitas Rendah

Persediaan emas yang terbatas di dunia, telah menciptakan harga eksponensial yang terus meningkat saat permintaan meningkat. Produksi tidak bisa naik untuk memenuhi permintaan yang meningkat, sehingga permintaan / penawaran tidak terpenuhi sehingga secara alami mendorong harga lebih tinggi. Hal ini juga mengurangi risiko devaluasi, karena harga yang lebih rendah kemudian dengan cepat menarik lebih banyak, permintaan baru, yang sekali lagi akan mendorong kenaikan harga. Pegadaian sebagai salah satu tempat resmi membeli emas Antam memiliki banyak produk sesuai dengan kebutuhan.

Pahami Risiko dan Kekurangan Investasi Emas di Pegadaian

Pahami Risiko Investasi Emas
Pahami Risiko Investasi Emas

Praktis setiap investasi memberi sisi positif maupun risiko yang ada di dalamnya. Bila Anda membeli saham, Anda akan menerima dividen. Obligasi memberi Anda pembayaran bunga reguler dengan tingkat kupon yang telah ditentukan sebelumnya. Jika Anda membeli properti, Anda akan mendapatkan uang sewa bulanan. Tapi investasi emas tidak memberi keuntungan. Sebenarnya, dalam kata-kata investor legendaris, Warren Buffett, semua yang dilakukannya adalah menunggu harga emas naik".

Harga emas fluktuatif dan ada risiko turun juga. Di sisi lain butuh tempat penyimpanan khusus jika investasi emas.

Tips Berinvestasi Emas Di Pegadaian Biar Hasilnya Maksimal

Investasi Emas
Investasi Emas

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam investasi emas di Pegadaian, Anda bisa mencoba melakukan tips-tips terkait dengan investasi emas yang ingin dilakukan di Pegadaian.

  • Cari tahulah terlebih dahulu harga emas sebelum datang ke Pegadaian. Anda bisa membuka situs PT Antam untuk mengetahui harga emas yang sebenarnya, sehingga harga tersebut bisa menjadi acuan untuk membeli emas di Pegadaian.
  • Beli emas dengan berat dan ambil jangka waktu angsuran yang disesuaikan dengan kemampuan finansial.
  • Setelah mengambil salah satu produk investasi emas di Pegadaian, maka usahakan untuk tidak pernah telah dalam membayar cicilan, karena hal ini akan menyebabkan Anda dijatuhi denda. Dan yang lebih buruk lagi, bisa jadi emas investasi akan dilelang dan hasilnya akan dipotong 2 persen.

Baca Juga: Cara Investasi Emas yang Lagi Tren Saat Ini

Emas, Instrumen Investasi Paling Aman untuk Para Pemula

Sebagai instrumen investasi yang aman dari serangan inflasi, emas menjadi pilihan yang bijak untuk memulai investasi. Dengan adanya produk investasi emas dari Pegadaian, semakin Anda memiliki banyak pilihan untuk bisa berinvestasi di logam mulia emas, tentu setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang ada pada produk-produk investasi tersebut.

Baca Juga: Semua yang Perlu Diketahui dari Emas Sebelum Dijadikan sebagai Investasi