Mengenal Tiga Jenis Anggaran untuk Persiapan Persalinan

Anda seorang ibu muda yang saat ini sedang menunggu persalinan? Perlu diketahui bahwa persalinan tentu akan memerlukan dana khusus yang nilainya tergantung dari jenis persalinan itu sendiri. Jauh hari sebelum masa persalinan tiba, sebagian ibu ada yang sudah mulai mempersiapkan dengan alasan biaya persalinan akan cukup tinggi.

Anggaran tersebut bisa cukup tinggi karena persalinan memiliki tiga anggaran khusus, yaitu saat masa prapersalinan, persalinan, dan pascapersalinan itu sendiri. Ketiga proses ini tentunya terus memerlukan dana cukup agar persalinan ibu berjalan dengan baik, tanpa hambatan.

Maka dari itu, para calon Ibu, terutama ibu muda yang sedang menghadapi persalinan harus memahami mengenai ketiga anggaran tersebut.

1. Masa prapersalinan

Anggaran untuk masa prapersalinan ini sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari, bahkan ketika Anda masih mengalami hamil muda. Anggaran ini terdiri dari dua, yaitu anggaran prapersalinan yang direncanakan dan anggaran persalinan yang tidak terduga. Kedua anggaran ini harus dimiliki oleh Anda karena keduanya memang diperlukan. Anggaran yang direncanakan untuk membeli vitamin, obat untuk ibu, dan keperluan penting lainnya.

Sementara anggaran yang tidak terduga ini sewaktu-waktu akan diperlukan setidaknya untuk membeli keperluan bayi yang mendesak.