Menghasilkan Uang Hanya dengan Sedikit Usaha, Memangnya Bisa?

rupiah

Sejak masa nenek moyang, jalan satu-satunya untuk menghasilkan uang adalah dengan bekerja. Makin keras kita bekerja, makin banyak pula uang yang bisa dibawa pulang. Tapi, itu dulu. Kini hanya dengan sedikit usaha saja, kamu bisa menghasilkan uang. Bagaimana caranya?

Menyewakan kamar di rumah

Kamu punya ruangan kosong di rumah yang tak terpakai? Pertimbangkanlah untuk menatanya menjadi kamar, lalu datangkan pundi-pundi uang dengan menyewakan kamar tersebut. Daripada terbengkalai begitu saja, kamu bisa mendapatkan uang sewa setiap bulannya dengan menyewakan kamar kosong tersebut. Buat pengumuman dari mulut ke mulut atau melalui online. Saat ini sudah banyak situs online penyewaan properti, mulai dari kamar, unit apartemen, hingga rumah yang tak berbayar sama sekali alias gratis. Mudah dan minim usaha kan? Namun tentu saja, siapkan peraturan soal biaya sewa, biaya perlengkapan, dan aturan lainnya untuk meminimalisir risiko.

Menawarkan usaha jasa titip

Kamu gemar traveling ke luar negeri? Daripada pulang dengan kantong kosong, sebaiknya manfaatkan hobimu tersebut untuk mendulang pundi-pundi uang lewat jasa titip. Cara kerjanya mudah. Kamu tinggal membelikan barang yang dititip, lalu konsumen akan memberikan bayaran jasa. Selain bermodal minim, bisnis jasa titip bisa dibilang cukup digandrungi belakangan ini, jadi jangan ragukan keuntungannya. Beberapa barang yang direkomendasikan untuk jasa titip antara lain makeup, skincare, barang fashion, buku, hingga perabotan rumah tangga.

Memenangkan undian besar

Cara lain untuk kaya mendadak secara instan adalah dengan memenangkan undian yang bernilai besar. Salah satu orang Indonesia bernama Oddie Rehatta pernah mendapatkan rezeki nomplok senilai Rp 10 miliar dari Bandara Changi Singapura. Setiap tahunnya, bandara internasional tersebut mengadakan undian “Be A Changi Millionaire”. Pengunjung yang berbelanja di bandara Changi memiliki kesempatan untuk mengikuti undian berhadiah 1 juta dolar Singapura. Oddie pun menjadi salah satu peserta undian dan berhasil memenangkan undian tersebut. Untuk bisa mendapatkan uang dengan cara ini, kamu harus pintar-pintar melihat peluang, dan tentu saja, ada faktor keberuntungan di sana.

Mendapatkan bunga dari investasi

Menyimpan uang di tabungan memang minim keuntungan. Malah, kamu rentan terkena inflasi. Lain halnya jika kamu menyimpan dana yang kamu miliki di instrumen investasi. Tren inflasi yang cenderung selalu naik yang bisa membuat dana yang kamu simpan meningkat dari waktu ke waktu. Untuk kamu para pemula, bisa mulai dari investasi minim risiko seperti emas, deposito, atau reksadana. Dengan begitu, uangmu bisa bertambah dengan sendirinya!

Menyewakan barang

Punya barang pribadi yang jarang digunakan? Misalnya seperti mobil, sepeda motor, atau kamera profesional. Daripada hanya disimpan karena jarang digunakan, lebih baik kamu menyewakannya kepada yang membutuhkan. Selain membantu orang lain, kamu juga bisa menghasilkan uang dari sana. Tapi tentu saja, sebaiknya sewakan barang-barang berhargamu tersebut hanya kepada orang-orang terdekat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Itu dia sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang hanya dengan sedikit usaha. Beberapa memang ada yang bisa diterapkan, tapi ada juga yang tidak. Tentu saja kami menyarankanmu untuk memilih cara yang paling masuk akal.

Apabila kamu mau menambah pundi-pundi uang di luar penghasilan utamamu, menjalani bisnis sampingan juga bisa jadi salah satu solusi yang kami sarankan. Tak perlu khawatir jika kamu kekurangan modal, karena kini mulai banyak pinjaman uang dari berbagai lembaga keuangan online. Bahkan pinjaman uang tersebut bisa didapatkan dalam hitungan menit. Tapi sebelum mengajukan pinjaman, pastikan layanan pinjaman uang yang kamu pilih terjamin keamanannya ya!

 

Artikel ini merupakan kerja sama Kredivo dan Cermati