Mengingatkan: Sudahkah Anda Terlindungi Asuransi Perjalanan?

Belum kering air mata, belum sembuh perih duka yang melanda negeri ini, tapi kepedihan kadang datang tanpa kompromi.

Tentu masih segar diingatan kita, bagaimana gempa bumi terjadi di kota wisata Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 29 Juli hingga 19 Agustus lalu. Disusul gempa yang mengakibatkan tsunami menerjang kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, pada 28 September 2018.

Namun musibah sepertinya tak berhenti di situ saja. Duka kembali menorehkan luka di hati masyarakat Indonesia.

Belum lama ini, tepatnya pada 29 Oktober lalu, maskapai penerbangan Lion Air JT 610 yang membawa 178 penumpang, 2 pilot dan co-pilot, serta 5 pramugari, rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di perairan Tanjung Karawang setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

Hanya Mengingatkan: Segala Sesuatu Ada Risikonya!

Travelling Bersama Keluarga
Sudahkah perjalanan Anda dan keluarga terlindungi?

Tentu tak ada satu pun orang yang menginginkan terkena musibah. Tapi tak seorang pun juga tahu apa yang terjadi kemudian hari. Semua hal ada risikonya, baik itu risiko kecil ataupun risiko besar.

Maka mempersiapkan dan mengantisipasi segala sesuatunya jadi kebutuhan mutlak, termasuk urusan perjalanan. Lalu, Apakah perjalanan kita sudah terlindungi?

Bicara perlindungan diri dari perjalanan ke suatu destinasi, maka persiapan dan antisipasi yang diperlukan adalah adanya jaminan akan hal-hal yang mungkin terjadi. Tentu saja, perlindungan ini dibutuhkan dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun keluarga apabila terjadi sesuatu hal yang tak dinginkan.

Jadi, apapun perjalanannya semua ada risikonya. Maka dari itu, perlindungan dari berbagai risiko ini penting untuk diperhatikan.

Seberapa Sering Melakukan Perjalanan?

Travelling Apakah Anda selalu travelling sebulan sekali?

Tak ada jaminan seberapa sering seseorang melakukan perjalanan dengan risiko yang mengintai. Baik itu yang hanya sesekali atau sering melakukan perjalanan, keduanya memiliki risiko yang sama. Sebab setiap mara bahaya itu tak pandang bulu!

Tapi, dengan lebih sering melakukan perjalanan, tentunya semakin banyak pula tingkat risikonya. Bayangkan, jika dalam sebulan melakukan perjalanan ke luar kota atau ke luar negeri hingga 4 kali, maka sebanyak itu pula risiko mengikuti, bukan?

Jadi, alangkah baiknya bila kita ‘sedia payung sebelum hujan’, mempersiapkan dan mengantisipasi segala risiko agar perjalanan lancar, hati pun tenang.

Ada banyak macam asuransi perjalanan untuk melindungi diri dan keluarga tercinta. Bahkan bagi yang sering melakukan perjalanan atau hanya sesekali saja, juga ada pilihan yang tepat.

Maka Anda bisa menyesuaikan pilihan masa berlaku asuransi dengan kondisi atau jumlah perjalanan yang ditempuh. Artinya, seberapa sering melakukan perjalanan, kita bisa menentukan benefit dari asuransi tersebut.

Baca Juga: Wujudkan Mimpi Keliling Dunia, Ini Tips bisa ‘Travelling’ Tiap Tahun

Ke Mana akan Pergi: Ke Luar Kota atau ke Luar Negeri?

Travelling ke luar negeri Ke mana saja destinasi travelling Anda?

Jangan pernah menyepelakan seberapa jauh jangkauan perjalanan yang akan kita tempuh. Ke mana pun perginya, ke luar kota atau ke luar negeri, sama-sama ada risiko.

Namun setidaknya jenis asuransi perjalanan yang bisa dipilih berdasarkan ke mana tujuan perjalanan nantinya. Lihat dan hitung benefit yang ditawarkan serta kebutuhan untuk menemani perjalanan Anda.

Jadi, ke mana kita pergi menjadi hal yang bakal memengaruhi kepemilikan asuransi perjalanan. Selain sebagai perlindungan diri, asuransi perjalanan juga diperlukan untuk memenuhi syarat mengunjungi suatu negara tertentu.

Tengok saja untuk tujuan ke beberapa negara di Amerika, Eropa, bahkan Asia, yang mewajibkan seseorang punya asuransi perjalanan saat mengunjungi negaranya. Lembar kepemilikan asuransi perjalanan ini sebagai syarat mutlak yang harus dipenuhi saat mengajukan visa kunjungan.

Untuk itu persiapkan segala sesuatunya agar perjalanan lancar, menyenangkan, dan aman. Lalu sesuaikan dengan kebutuhan karena asuransi perjalanan ini biasanya bisa dibeli secara harian maupun tahunan.

Di Mana Beli Asuransi Perjalanan?

Beli Asuransi Perjalanan Cara mudah beli asuransi perjalanan secara online 

Setidaknya ada dua cara atau pilihan di mana kita bisa membeli asuransi perjalanan, yaitu saat membeli tiket pesawat atau kereta api, maupun membeli secara terpisah melalui agen penjualan asuransi perjalanan secara langsung di tempat penjualan (offline) dan daring (online).

Beli asuransi perjalanan secara offline atau online bisa disesuaikan dengan keinginan, mana yang dirasa lebih memudahkan. Tentu saja, di era serba teknologi canggih ini kita bisa memanfaatkan cara membeli asuransi secara online. Selain menghemat waktu, juga hemat tenaga, bukan?

Selain itu, ada dua pilihan untuk mendapatkan asuransi perjalanan tersebut, yakni asuransi perjalanan yang biasanya tercantum dalam pilihan saat membeli tiket pesawat, dan asuransi perjalanan secara terpisah dari pembelian tiket. Apa bedanya?

Beli asuransi saat membeli tiket:

Asuransi perjalanan yang terdapat pada tiket, baik pesawat maupun kereta api juga kapal laut biasanya sudah tercantum pada saat proses pembelian atau pemesanan tiket. Namun asuransi perjalanan pada tiket ini -sebut saja tiket pesawat- bersifat opsional dan nama asuransinya sudah ditentukan oleh pihak maskapai penerbangan.

Artinya, kita mendapat penawaran apakan akan menggunakan asuransi perjalanan atau tidak? Jika ya, kita tinggal mencentang kolom yang tersedia sebagai pilihan menyetujui. Kalau tidak ingin membeli asuransi perjalanan, kita tinggal melewatinya.

Jika kita memilih menggunakan asuransi perjalanan tersebut, maka biaya akan otomatis tercantum dalam total tagihan pembelian tiket yang harus dibayarkan. Jadi biaya asuransi perjalanan ini akan dibayarkan saat memesan tiket, tapi kita tidak bisa memilih dari mana pihak penerbit asuransi tersebut.

Beli asuransi secara terpisah dengan tiket:

Tentu saja, membeli asuransi perjalanan yang terpisah dengan tiket pesawat atau kereta api dan kapal laut berbeda dengan yang sudah termasuk dalam tiket tersebut. Artinya, pembelian asuransi perjalanan yang terpisah dengan tiket ini berarti kita bisa memilih atau menentukan siapa penerbit asuransinya.

Dengan demikian kita bisa memilih dan mengetahui benefit apa saja yang dibutuhkan. Sehingga manfaatnya bisa kita sesuaikan dengan apa yang diinginkan. Sebab masing-masing asuransi perjalanan tentunya memiliki kebijakan dan benefit yang berbeda.

Baca Juga: 'Traveller' Wajib Punya Kartu Kredit ini, Kenapa?

Jangan Bingung, Inilah Macam-Macam Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan
Pilih asuransi perjalanan yang diinginkan dan sesuai kebutuhan

Ada banyak pilihan asuransi perjalanan. Masing-masing memberikan keuntungan dan manfaat yang berbeda-beda, mulai dari nominal yang ditanggung hingga jenis yang dijamin atau dilindungi, bahkan ketentuan dan kebijakan biaya serta klaim.

Berikut ini Cermati.com rangkum beberapa asuransi perjalanan yang bisa dijadikan perbandingan untuk menentukan pilihan:

1. Asuransi Perjalanan Travellin Adira

Keuntungan dan besar premi yang ada pada asuransi perjalanan Travellin Adira ini di antaranya:

  • Ada beberapa pilihan produk, seperti paket internasional, paket domestik, dan paket travellin syariah yang terdiri dari Paket Basic, Paket Regular (silver, gold, dan platinum), serta Paket Khusus (haji plus)
  • Harga premi asuransi perjalanan internasional mulai dari US$1,5/hari hingga US$3,25/hari, perjalanan dalam negeri atau domestik Rp10.000/hari paket silver dan Rp12.000/hari paket gold.
  • Pembelian bisa menggunakan kartu kredit, online banking, transfer/virtual account, dan e-wallet/pulsa.
  • Layanan klaim 24 jam
  • Jaringan mitra rumah sakit lokal dan internasional
  • Berlaku dan bisa diajukan di negara-negara Schengen
  • Pembayaran klaim cashless untuk paket internasional
  • Manfaat yang diberikan mulai dari santunan kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan, biaya perawatan medis, biaya evakuasi medis darurat dan pengembalian jenazah akibat kecelakaan, kerugian pembatalan perjalanan, kerusakan dan kehilangan bagasi, kehilangan barang pribadi, penggantian keterlambatan perjalanan, kehilangan dokumen pribadi, dan ganti rugi tanggung gugat pribadi.

2. Asuransi Perjalanan AXA

Manfaat atau keuntungan serta perlindungan pada asuransi perjalanan AXA adalah:

  • Nama produknya adalah AXA Smart Traveller
  • Pilihan jenis asuransinya terdiri dari dua yakni untuk individu dan kelompok
  • Layanan asuransi perjalanan domestik dan internasional
  • Layanan klaim 24 jam
  • Pembayaran premi bisa menggunakan kartu kredit, transfer, dan lainnya
  • Jaminan yang ditanggung mulai dari penggantian keterlambatan atau penundaan perjalanan, perlindungan barang pribadi, biaya pengobatan, dan kehilangan bagasi.

3. Asuransi Perjalanan Simasnet

Keuntungan dan manfaat yang diberikan dari asuransi perjalanan adalah:

  • Nama produknya adalah Asuransi Travel Domestik dan Asuransi Travel Overseas
  • Pilihan jenis asuransinya terdiri dari dua yakni untuk individu dan kelompok
  • Layanan asuransi perjalanan domestik dan internasional
  • Layanan bantuan dan klaim 24 jam
  • Jaringan pelayanan rumah sakit ternama di seluruh dunia
  • Menjamin kehilangan dan keterlambatan bagasi serta barang pribadi, biaya pengembalian ke Tanah Air, pertanggungan kecelakaan mulai dari kehilangan anggota tubuh hingga meninggal dunia, biaya perawatan medis akibat kecelakaan, penggantian ganda untuk kecelakaan yang terjadi di atas pesawat, kehilangan deposit dan pembatalan perjalanan, pembajakan pesawat, kehilangan dokumen pribadi, perlindungan rumah, dan masih banyak lagi.

Tentu bukan hanya ketiga macam asuransi perjalanan itu saja, namun masih ada banyak lagi yang bisa Anda pilih. Sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan serta premi yang cocok di kantong Anda.

Sendiri atau Bersama Keluarga, Perjalanan Nyaman dengan Asuransi

Baik itu melakukan perjalanan sendiri atau rombongan, misalnya bersama keluarga maupun teman-teman, pastinya akan terasa lebih nyaman karena terlindungi oleh asuransi perjalanan. Jangan pernah ragu dan berpikir dua atau tiga kali untuk melindungi diri dan keluarga tercinta dengan asuransi perjalanan.

Bagaimana pun juga, bisa menikmati perjalanan dan nyaman ke mana pun kita pergi itu jadi bagian penting yang menyertainya. Ingatlah, bahwa keluarga menanti di rumah. Belum punya asuransi perjalanan? Temukan di sini. Selamat menikmati perjalanan Anda, semoga selamat sampai tujuan!

Baca Juga: Rupiah Tembus Rp14.000an, ini Tips Hemat ‘Travelling’ ke Luar Negeri