Meski Sederhana, Lakukan Ini Agar Pernikahan Anda Selalu Terkenang

Bagi yang berencana untuk melangsungkan pernikahan, tentu akan disibukkan dengan berbagai urusan yang cukup beragam. Beberapa urusan ini bahkan harus diselesaikan sejak jauh-jauh hari, sebab pernikahan akan membutuhkan sebuah perencanaan yang cukup panjang. Semua orang ingin momen bahagia tersebut berjalan dengan lancar, sehingga mereka akan mengupayakan untuk bisa menggelarnya dengan sesempurna mungkin.

Bukan sebuah hal baru, jika ternyata setelah menikah seseorang kemudian mengawali rumah tangganya dengan sejumlah tagihan yang luar biasa besar. Hal seperti ini bisa terjadi akibat kurangnya perhitungan dan perencanaan sejak awal, sehingga berbagai biaya di dalam pernikahan tersebut justru melambung tinggi dan tidak dapat terkontrol dengan baik.

Jika sudah begini, maka rumah tangga akan menghadapi sejumlah utang dalam jangka waktu yang panjang, karena itu sangat penting untuk selalu menyesuaikan keuangan dengan pesta pernikahan yang akan dilakukan. Tidak selalu harus besar dan mewah, sebuah pernikahan yang sederhana juga dapat membawa banyak kebahagiaan bagi Anda dan pasangan.

Baca Juga : Tata Cara dan Biaya Nikah di KUA

Pernikahan yang Sederhana

Memilih konsep pernikahan yang sederhana juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan, apalagi jika ternyata hanya memiliki sejumlah dana yang pas-pasan untuk pernikahan tersebut. Mulailah mengatur segala sesuatunya dengan sebuah perencanaan yang tepat, sehingga pernikahan sederhana dapat memberikan kebahagiaan bagi Anda, pasangan, dan juga orang-orang tercinta.

Tidak selalu rumit dan biasa saja, Anda tetap bisa membuatnya terasa istimewa dan berbeda. Simak beberapa tips di bawah ini, yang bisa dilakukan untuk menciptakan sebuah pesta pernikahan sederhana yang membahagiakan:

Baca Juga : Lakukan Tips Ini untuk Mendapatkan Katering Pernikahan Terbaik

1. Tentukan Konsepnya Sejak Awal

konsep pernikahan
Konsep Pernikahan via shutterstock.com

Meski sederhana, pesta pernikahan tetap harus terasa istimewa dan berbeda dari yang lainnya. Awali rencana dengan sebuah konsep pernikahan yang unik, menarik, atau bahkan terlihat sangat tidak biasa. Pemilihan tempat dan juga berbagai dekorasi di dalam pernikahan, sangat mungkin dapat membantu membuat sebuah kesan yang unik tersebut. Tidak harus selalu mahal, Anda bahkan dapat menyusunnya sendiri bersama pasangan tanpa menggunakan jasa wedding organizer

Upayakan untuk membuat segala sesuatunya menarik dan tidak berlebihan, mengingat akan menggelar sebuah pernikahan yang sederhana. Pastikan Anda dan pasangan memiliki gambaran yang jelas mengenai pernikahan impian tersebut, sehingga pemilihan konsep dapat dilakukan dengan lebih mudah sejak awal. Hal ini akan membuat berbagai urusan lainnya menjadi lebih mudah untuk diselesaikan, terutama jika ternyata telah terlebih dahulu membuat keputusan yang matang terkait dengan konsep yang akan digunakan nanti.

2. Susun Anggaran dengan Cerdas

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan bersama dengan pasangan adalah menyusun anggaran pernikahan. Ini akan jauh lebih mudah untuk dilakukan, jika ternyata sejak awal telah menemukan konsep dan merencanakannya dengan matang. Lakukan hal ini dengan teliti dan cerdas, sehingga semua biaya dapat terhitung dengan seksama di dalamnya. Jangan salah, seringkali pasangan yang akan menikah salah dalam menyusun anggaran pernikahan, sehingga pernikahan tersebut meninggalkan sejumlah utang di kemudian hari.

Tidak perlu berlebihan dalam menyusun anggaran ini, Anda bisa membuatnya dengan cermat dan masuk akal. Jangan lupa untuk memprediksi perubahan harga berbagai barang dan juga biaya yang akan dibutuhkan nanti, mengingat pernikahan Anda mungkin saja masih dilakukan beberapa waktu yang akan datang. Ini juga akan menjadi langkah tepat untuk membuat anggaran yang cerdas, di mana tidak akan ada kesulitan keuangan hanya karena adanya pembengkakan biaya yang besar di dalam pernikahan.

3. Jangan Lupakan Dana Darurat

dana darurat mini
Dana Darurat via shutterstock.com

Besar kemungkinan Anda dan pasangan akan menabung selama kurun waktu tertentu, untuk mempersiapkan dana pernikahan tersebut. Hal ini wajar saja terjadi, mengingat pernikahan sederhana sekalipun tentu akan membutuhkan sejumlah dana yang cukup besar.

Jangan lupa untuk menempatkan sejumlah dana darurat di dalam anggaran pernikahan, sebab berbagai kebutuhan dan juga biaya tak terduga sangat mungkin terjadi selama persiapan dan juga pelaksanaan pernikahan tersebut. Sejumlah dana darurat ini akan menjamin Anda dan pasangan bebas masalah keuangan setelah pernikahan, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan berbagai gangguan di dalam keuangan saat memulai rumah tangga yang baru nanti.

4. Gunakan Lokasi yang Tidak Biasa

Menggunakan gedung atau tempat lainnya yang memang dikhususkan untuk acara pernikahan, Anda tentu harus mempersiapkan sejumlah dana yang terbilang besar. Hal ini bahkan dapat bertambah mahal, jika ternyata memilih venue pernikahan yang populer dan begitu banyak peminatnya. Anda tentu tidak ingin membuat pengeluaran membengkak dengan hal tersebut, bukan?

Yang unik dan menarik tidak selalu mahal, terutama jika memang telah sepakat untuk mengadakan pernikahan yang sederhana saja. Pilihan lokasi yang berbeda dari biasanya, misalnya: area kebun di belakang rumah, area taman, pantai, area restoran, bahkan halaman rumah yang memungkinkan untuk acara tersebut. Pemilihan venue seperti ini bukanlah sebuah masalah, selama Anda dapat menata dan menggunakan dekorasi yang sesuai di sana.

5. Batasi Undangan yang Datang

batasi undangan
Batasi Undangan via shutterstock.com

Hal ini juga patut menjadi pertimbangan khusus, sebab  jumlah undangan akan berpengaruh langsung pada jumlah budget yang harus dikeluarkan. Di dalam pernikahan yang sederhana, tidak masalah jika hanya mengadakannya untuk orang-orang terdekat saja, agar suasana menjadi lebih hangat dan akrab.

Ini bukan hanya membuat pernikahan menjadi istimewa, namun Anda dan pasangan juga akan memiliki waktu yang cukup banyak untuk menikmati acara tersebut bersama orang-orang terdekat.

6. Gunakan Dekorasi Menarik

Dekorasi menjadi bagian penting dari sebuah acara, jadi pastikan Anda menggunakan dekorasi yang paling tepat dan sesuai dengan konsep pernikahan yang di inginkan. Dibandingkan dengan pemilihan dekorasi yang mahal, dekorasi yang unik justru akan lebih menjanjikan kesan dan kenangan yang lebih menyenangkan. Upayakan untuk bisa mendapatkan dan menggunakan dekorasi seperti itu, sehingga pernikahan menjadi lebih istimewa.

7. Pilih Momen yang Paling Tepat dan Sesuai

memilih waktu pernikahan
Memilih Waktu Pernikahan via shutterstock.com

Untuk sebagian pasangan, pemilihan tanggal yang “cantik” mungkin menjadi waktu yang tepat untuk melangsungkan pernikahan. Namun anda juga bisa membuat pernikahan menjadi lebih istimewa daripada sekedar pemilihan tanggal yang unik tersebut.

Anda dan pasangan dapat memilih tanggal / hari yang paling istimewa untuk pernikahan ini, misalnya: tanggal pertama kali bertemu, hari ulang tahun, tanggal di mana pertama kali menjalin kasih, dan waktu istimewa lainnya. Ini akan menjadi sebuah hal yang membahagiakan, bahkan kelak Anda dan pasangan dapat merayakan hari pernikahan sekaligus dengan hari istimewa lainnya di waktu yang sama.

Pahami Keinginan Masing-masing dengan Tepat

Berencana untuk melangsungkan pernikahan dengan sederhana, bukan berarti akan melaluinya dengan biasa-biasa saja. Berbagai konsep yang unik dan sederhana dapat digunakan di dalam pernikahan, sehingga Anda, pasangan dan orang-orang terdekat merasa lebih bahagia.

Penting untuk memahaminya dengan baik, konsep sederhana apa sebenarnya yang paling di inginkan. Dengan begitu, pernikahan dapat direncanakan dengan matang, tentunya dengan kesan dan juga kenangan yang kelak membahagiakan.

Baca Juga : Ternyata Ini Keuntungan Pilih Hari Kerja Sebagai Tanggal Pernikahan