Meski Suami Kaya Raya, Shandy Aulia Tetap Tekun di Dunia Hiburan dan Kerajaan Bisnisnya

Aktris cantik Shandy Aulia  paling dikenal dari film Eiffel I'm in Love. Perannya sebagai Tita dalam film ini pernah dinominasikan dalam dua kategori MTV Indonesia Movie Awards (MIMA) 2004, yaitu Most Favorite Actress dan Best Crying Scene.

Namun, meski saat ini sudah menikah dengan seorang pengusaha yang kaya raya, wanita kelahiran Jakarta, 23 Juni 1987 ini tetap tekun menggeluti berbagai pekerjaan hingga membangun kerajaan bisnisnya. Berikut kisah perjalanan suksesnya yang bisa dijadikan inspirasi yang telah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Tak Sengaja Jadi Bintang Iklan

View this post on Instagram

A post shared by Shandy Aulia (@shandyaulia) on

Shandy pertama dikenal publik saat jadi bintang iklan produk deodorant. Ketika itu, istilah 'burket' menjadi populer oleh iklan tersebut. Namun tak disangka, ternyata jalan Shandy menuju dunia periklanan itu merupakan sebuah kebetulan.

Saat sekolah sedang libur, Shandy menemani kakak keduanya yang sedang hamil jalan-jalan ke salah satu mall di Jakarta. Di sana, tanpa disengaja seseorang yang tak dikenal malah mengejar Shandy. Tak disangka, ternyata orang itu bekerja di sebuah agensi artis ternama. Dari situlah seorang Shandy Aulia ditawari menjadi bintang iklan.

Kesuksesan 'Eiffel I'm in Love'

Belakangan, putri bungsu dari pasangan Kemas Yusuf Effendy dan Elsye Dopong kembali ditawari untuk bermain sinetron di liburan sekolah selanjutnya. Saat itu, Shandy ditawari untuk menggantikan peran Agnes Monica dalam sebuah sinetron. Namun di saat yang bersamaan, ia juga ditawari untuk ikut casting pemeran utama film Eiffel I'm in Love besutan Nasri Cheppy.

Awalnya, Shandy sempat bingung mau pilih yang mana tapi karena ingin ke Paris, Shandy yang saat itu baru berusia 15 tahun pun akhirnya memilih bermain film.

Film yang sukses tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Semua orang terpikat dengan peran Tita yang diperankan oleh Shandy. 

Debut Eiffel I'm in Love (2003) yang dibintangi Shandy Aulia, Samuel Rizal, Titi Kamal serta Yogi Finanda ini laris manis hingga dibuat sekuel keduanya di tahun 2018.

Giat Tekuni Dunia Akting

View this post on Instagram

A post shared by Shandy Aulia (@shandyaulia) on

Shandy lantas kembali bermain dalam film baru bersama dengan lawan mainnya, Samuel Rizal. Di tahun 2005, mereka beradu akting di film Apa Artinya Cinta? garapan Sunil Soraya.

Sejak tahun 2012, Shandy tak hanya sekadar membintangi sejumlah film. Ia pun berperan merangkap perancang busananya. Sebut saja seperti film berjudul Rumah Kentang (2012), 308 (2013), Moga Bunda Disayang Allah, Mall Klender (2014) hingga Rumah Gurita.

Selain itu, ada juga film Tarot (2015), The Doll (2016), The Doll 2 (2017), Eiffel I'm in Love 2 (2018) dan Rasuk. Di tahun 2019, Shandy kembali bermain dalam film Perjanjian dengan Iblis, Cinta Itu Buta serta Kutuk Maya di mana Shandy merangkap sebagai pemeran utama sekaligus produsernya.

Shandy yang merupakan istri dari pengusaha asal Surabaya, David Herbowo ini juga pernah membintangi banyak sinetron dan film televisi (FTV). Di tahun 2004, ia membintangi sinetron Pacar Khayalan, Sepatu Kaca (2005), Mendadak Kawin (2007), dan Cinema Valentine (2009).

Ia juga bermain dalam Hareem, Inayah dan Nurjannah (2010). Untuk FTV, Shandy melakoni Cewek Cantik Itu Namanya Sarah dan Mengejar Cinta Nayla di tahun 2008. Ia juga membintangi Cowok Buaya, Siapa Bilang Cinta Itu Buta, Buaya Pesta dan Sekotak Pisang Ponti Untuk Cinta di tahun 2019.

Masih di tahun yang sama, Shandy kembali berakting dalam FTV berjudul Cewek, Maafin Gue Donk kemudian He Loves Me, He Loves Me Not dan Misscall.

Banyak judul FTV yang dibintanginya di 2009, termasuk Pacar Gue Sexy Banget, Piring Terbang, Tabrak Lari, Tabrak Lari 2 serta Asyiknya Jadi Cewek Tajir.

Wajah cantik Shandy yang berdarah Palembang-Manado ini juga tampil di video klip Saykoji ft. JayDee - Shadows of My Heart (2014). Lagu ini menjadi soundtrack film Mall Klender yang dibintanginya. 

Ia juga hadir dalam video klip Boy William untuk Stranger in My Bed (2015). Lagu ini merupakan soundtrack film Tarot yang juga dilakoninya.

Baca Juga: Marion Jola, Penyanyi Pendatang Baru yang Nyabet Banyak Prestasi

Menulis Buku Berjudul 'Incomplete'

Di tahun 2014 lalu, Shandy merilis buku mengenai perjalanan karir sukses dan kehidupan pribadinya. Buku berjudul Incomplete itu membeberkan sisi keterpurukan Shandy. Sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara yang orang tuanya bercerai karena beda agama, Shandy pernah terluka.

Tak hanya sering tak naik kelas karena kurang kasih sayang orang tua, bintang iklan 6 versi Rexona (2002-2005), Es Krim Walls Conello (2008) serta Ovale (2018) ini pun pernah mengalami pahitnya percintaan dan gagal menikah.

Meski begitu, berkat usaha dan kasih karunia Tuhan, Shandy berhasil bangkit dari segala keterpurukannya tersebut. Seperti diketahui, ayah Shandy adalah seorang muslim Palembang. Adapun ibunya ialah nasrani asal Manado. Sejak Shandy kecil, keduanya sudah berpisah.

Pada 12 Desember 2011, Shandy Aulia secara tiba-tiba menikah dengan David Herbowo yang berprofesi sebagai pengusaha keturunan Tionghoa. Pernikahan yang dihelat sebuah Kapel Gereja di Bali itu tak dihadiri oleh ayah Shandy.

Sukses Kelola Kerajaan Bisnisnya

View this post on Instagram

A post shared by Shandy Aulia (@shandyaulia) on

Baru-baru ini Shandy mengajak keponakan-keponakannya pergi liburan ke Paris dari hasil keringatnya sendiri. Ternyata Shandy punya banyak pabrik uang yang membuatnya semakin kaya raya.

Dirintis sejak 2006, Shandy mulai berfokus sebagai fashion designer dan membuka sejumlah brand yakni Shandy Aulia Collections, SA YOURS by Shandy Aulia, Shandy Aulia Basic hingga SA Batik by Shandy Aulia yang seluruh target pasarnya berbeda-beda. Tak puas disitu saja, Shandy juga melakukan ekspansi ke bisnis produksi gaun pengantin dan bridesmaid premium yang bernama SA Bridal. Eksklusif, produk yang tersedia dibanderol mulai dari Rp 15-30 jutaan.

Shandy juga merambah bisnis kecantikan bernama SA Beauty by Shandy Aulia. Yang menjadi produk andalannya ialah lipstick. Selain itu, ada pula Aulia Slimming By Shandy Aulia menyediakan produk minuman diet herbal untuk tubuh yang langsing dan indah.

Shandy juga menambahkan bisnis kuliner. Ada iSAy MOO By Shandy Aulia, yakni bisnisnya yang memproduksi minuman susu. Bisnis yang satu ini bahkan mengajak para entrepreneur muda untuk bergabung dengan memberlakukan sistem franchise. Sementara makanan ia mengikuti tren dengan membuka Gepreksay by Shandy Aulia.

Baca Juga: Sukses di Usia Belia, Kisah Perjalanan Prilly Latuconsina Bisa Jadi Inspirasi

Ikuti Kiat Sukses Berbisnis Ala Shandy Aulia

Shandy sudah tekun menggeluti dunia fashion secara offline sejak 2006. Ia memulai usahanya dengan membuka butik kecil di bilangan Kemang, Jakarta. Namun baru di tahun 2010 ia merambah ke e-commerce.

Ia dengan fleksibel beradaptasi dengan digital media yang belakangan ini memang lebih menguasai pasar. Shandy pun berinisiatif membuat website untuk bisnis-bisnisnya. Taktiknya ini ternyata langsung mendongkrak hasil promosi, penjualan maupun akses ke para pelanggannya. 

Selain tekun dan fleksibel menggeluti karir dan rintisan bisnisnya, ia pun membagikan sejumlah kiat lainnya. 

Menurutnya, konsisten dan kreatif poin penting yang utama. Jangan merasa cepat puas dengan pencapaian saat ini. Sebaliknya, teruslah targetkan lebih dan lebih agar bisnis semakin maju. 

Shandy menambahkan, bereksperimen dengan opsi yang inovatif juga dapat membantu target penjualan lebih cepat naik. Dengan inovasi lebih, bisa jadi para calon pembeli akan semakin tertarik untuk melakukan transaksi. 

Setelah melalui banyak tantangan, kini segala jerih payah dan keterpurukannya di masa lalu telah terbayarkan sudah. Semuanya berbuah manis. Kebahagiaannya pun semakin lengkap karena saat ini ia tengah menanti kelahiran anak pertamanya.

Tak hanya cantik dan rendah hati, ternyata sosok Shandy sangat menginspirasi. Ada banyak contoh positif yang bisa diteladani. 

Baca Juga: Nikita Willy, Gadis Imut yang jadi Ratu Sinetron Indonesia