Mie Samyang, Alat Bisnis Paling Ampuh untuk Peluang Usaha Kuliner Pedas

Terkenal sebagai mie instan no.3 terpedas di dunia. Mie asal Korea selatan ini berhasil menarik perhatian banyak orang sejak tahun 2016 lewat berbagai challenge video yang menjadi trend di Youtube. Visualnya yang menarik dan rasanya yang sangat pedas tapi nikmat menjadi daya tarik utama produk Samyang.

Sering muncul di drama dan berbagai macam variety show di Korea membuat mie Samyang terkenal dan akhirnya menarik minat para food broadcaster dari berbagai negara baik untuk video review, challenge, prank hingga eksperimen. Saking populernya di Indonesia, membuat masing-masing dari seluruh varian rasa dari produk Samyang memiliki penggemar yang hampir sama besarnya dengan produk mie instan original dari Indonesia dengan varian rasa soto, ayam bawang dan goreng.

Nah, untuk kamu yang sedang bingung cari peluang usaha kuliner dengan modal kecil, bisa memanfaatkan kepopuleran Samyang yang masih banyak diminati hingga saat ini dengan membuka usaha kuliner dengan memasukan mie Samyang sebagai menu utamanya.

Ini dia beberapa jenis usaha kuliner yang memanfaatkan kepopuleran mie instan Samyang yang bisa jadi inspirasi bisnis kuliner kamu nantinya:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Pasta Samyang

Pasta Samyang
Pasta Samyang via ramenregretrater.com

Selain memasak dengan paket bumbu instan yang ada didalam kemasan. Ternyata mie samyang dapat juga diolah menjadi berbagai jenis menu pasta. Salah satu yang sudah banyak dilakukan bahkan banyak dijual adalah menu Samyang carbonara. Campuran bumbu pedas samyang dengan saus carbonara dan parutan keju parmesan diatasnya membuat menu ini tidak hanya bisa dinikmati oleh pecinta makanan pedas tapi juga para pecinta pasta.

2. Seblak Samyang

Seblak Samyang
Seblak Samyang via picdeer.com

Seblak adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang saat ini menjadi populer dikalangan muda-mudi saat ini sebagai jajanan murah / street food di berbagai tempat nongkrong populer. Semakin populer semakin banyak juga inovasi yang dilakukan terhadap makanan asal Jawa Barat ini.

Salah satu inovasi seblak yang telah banyak memiliki penggemar adalah seblak samyang yang diolah dengan mencampurkan bumbu untuk memasak seblak dengan bumbu pedas samyang dan menggunakan mie samyang bersama dengan toping-toping lain sebagai penambah kenikmatan dalam menyantap seblak.

Baca Juga: Ingin Punya Coffee Shop Sendiri? Lakukan Hal ini Dulu

3. Samyang Keju Telur Kornet

Samyang Keju Telur Kornet
Samyang Keju Telur Kornet via youtube.com

Untuk kamu yang sering nongkrong di warkop-warkop gaul pasti tidak asing dengan menu mie instan (indomie) yang dimasak dengan keju, telor dan kornet. Memang tidak terlalu ‘wah’ tapi ternyata di berbagai tempat nongkrong murah di Jakarta seperti Waroenk Upnormal dan What’s Up yang terkenal dengan menu olahan mie instan juga memiliki olahan samyang dengan paduan keju, telur dan kornet.

Produk mie samyang yang digunakan untuk menu ini adalah samyang kuah. Rasa yang tidak kalah pedas dengan yang goreng dan paduan familiar antara keju, telur dan kornet tentu menjadi menu yang tidak sulit untuk meraih popularitas dikalangan pecinta kuliner mie pedas.

4. Omelet Samyang

Omelet Samyang
Omelet Samyang via IDN Times

Menu omelet samyang tadinya hanya sebagai salah satu eksperimen masakan di banyak video masak di Youtube. Tapi siapa sangka menu satu ini bisa dijadikan sebagai ide bisnis yang menarik. Cara memasaknya yang mudah dan rasanya yang enak dan familiar tentu akan membuat menu satu ini menjadi sangat populer, terutama di kalangan pecinta kuliner pedas.

5. Burger Samyang

Burger Samyang
Burger Samyang via pinterest

Sama dengan burger ramen dari Jepang. Burger samyang memiliki cara yang hampir sama dalam pengolahannya. Bedanya tentu burger samyang akan terasa lebih pedas dibandingkan burger ramen. Paduan kedua jenis makanan ini tentu akan sangat digemari. Selain rasanya yang unik, penyajiannya pun akan sangat menarik. Ingat, visual dari sebuah makanan bisa jadi daya tarik tersendiri untuk sebuah bisnis yang bisa menjaring banyak calon pelanggan baru.

6. Martabak Telur Samyang

Martabak Telur Samyang
Martabak Telur Samyang via IDN times

Siapa yang tidak suka dengan martabak telur? Makanan khas Indonesia ini tidak hanya jadi jajanan favorit saja, tapi juga buah tangan favorit. Bayangkan kenikmatan martabak telur bersama mie Samyang? Pasti tidak hanya unik dan fresh tapi juga lezat mengingat kegurihan martabak telur dan pedas nikmatnya bumbu samyang dipadukan menjadi satu.

Martabak telur samyang pun sudah cukup populer dikalangan pecinta fusion food dan tidak sulit lagi ditemukan tapi untuk level restauran besar/tempat nongkrong gaul dan tentu harganya kurang terjangkau. Melihat hal ini, kamu bisa jadikan peluang untuk menambahkan menu martabak telur samyang dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga: Hal Penting dalam Menjalankan Bisnis Kuliner Warung Tenda

Tips Memulai Bisnis Kuliner Samyang

Mie Samyang

1. Membuat Akun Instagram

Dari sekian banyak akun sosial media yang ada instagram adalah pilihan yang paling tepat. Instagram saat ini menjadi sosial media nomor 2 paling banyak penggunanya di Indonesia. Selain itu Instagram memiliki banyak fasilitas dan kelebihan yang menunjang promosi jenis bisnin kuliner. Seperti 2 pilihan upload media video dan gambar, hashtag yang bisa berfungsi sebagai keyword dan insta story.

2. Menggaet Influencer dan Food Blogger

Jika kamu memiliki modal lebih, kamu bisa siapkan sekitar Rp2-3 juta untuk mengendorse food blogger atau instagram inluencer untuk memasarkan produk kamu. Jika kamu jeli dalam mencari masih banyak food blogger atau influencer dengan belasan ribu followers yang bisa diendorse dengan harga yang lumayan murah untuk mengiklankan produk kamu.

3. Membuat Youtube dengan Konten Menarik

Dengan video yang berdurasi panjang dan berkualitas tinggi tentu akan terlihat lebih appealing untuk makanan dagangan kamu. Dalam video tersebut kamu bisa mengupload lagi video para food blogger dan influencer yang telah mencicipi makanan kamu baik yang berbayar atau yang memberi review gratis. Selain itu dengan video kamu bisa berkreasi menampilkan cara memasak menu-menu baru yang hanya bisa ditemukan di tempat makan kamu.

4. Bekerja Sama sebagai dengan Aplikasi GoFood dan GrabFood

Daftarkan tempat usaha makan kamu sebagai salah satu merchant di aplikasi kendaraan online seperti GoFood dan GrabFood. Jika tempat usaha kamu terpilih sebagai merchant yang kena promo baik cashback atau free ongkir secara tidak langsung usaha kamu akan dipromosikan secara gratis. Lumayan kan menghemat biaya untuk promosi?

Pasang Harga sesuai dengan Lokasi Dagang

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha kuliner, lakukan dulu survei di lokasi tempat kamu akan berdagang. Survei lokasi penting untuk mematok berapa harga makanan yang harus di pasang agar dagangan bisa laku dan terjangkau untuk dibeli oleh orang-orang yang tinggal di sekitar tempat dagang kamu.

Jika kamu berdagang di daerah kampus maka pasang harga cukup murah untuk kantong anak kampus antara Rp20 ribu – Rp30 ribu. Jika kamu berdagang di lokasi dimana banyak tempat nongkrong lain dan cukup populer kamu bisa memasang harga sedikit mahal antara Rp35 ribu – Rp50 ribu.

Baca Juga: Belajar Jadi Orang Kaya Dari Ruben Onsu, Pemilik Geprek Bensu