Milenial Tertarik Punya Kartu Kredit? Yuk, Lengkapi 5 Syarat ini

Kartu kredit bukan barang langka yang hanya dimiliki oleh segelintir orang saja. Saat ini, pengguna kartu kredit semakin banyak, bahkan penggunanya didominasi oleh kaum milenial. Hal ini sangat wajar mengingat gaya hidup milenial yang modern menuntut kemudahan, efektivitas, dan efisiensi dalam bertransaksi.

Bila Anda adalah salah satu milenial yang tertarik punya kartu kredit, sebelum mengajukan permohonan pembuatan kartu, sebaiknya penuhi dulu lima syarat-syarat berikut ini agar proses pembuatan kartu kredit semakin cepat dan lancar tanpa adanya penolakan dari pihak bank.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pilih Bank yang Proses Pengajuannya Mudah

bank
Pilih bank yang proses pengajuannya mudah

Mengajukan kartu kredit untuk pertama kalinya bukan hal yang mudah, karena pengajuan Anda kemungkinan besar akan ditolak. Untung saja bank yang menyediakan fasilitas apply kartu kredit ada banyak. Jika pengajuan di bank yang satu ditolak, tak ada salahnya mencoba mengajukan permohonan kepada bank yang lain.

Namun, sebelum itu sebaiknya cari tahu terlebih dahulu bank manasajakah yang menerima pengajuan kartu kredit pertama. Biasanya bank penerbit yang menawarkan proses pembuatan kartu kredit secara mudah, seperti bank-bank swasta. Cukup melengkapi syarat yang diminta, maka keinginan untuk punya kartu kredit akan segera terwujud.

2. Pastikan Usia Sudah Cukup Matang

kartu kredir
Pastikan usia sudah cukup matang

Usia minimum untuk apply kartu kredit adalah 21 tahun. Kurang dari 21 tahun, maka pengajuan otomatis akan ditolak. Pada usia ini, seseorang sudah dianggap matang dan mandiri untuk mengurusi keuangannya. Berbeda dengan anak yang masih berusia 17 atau 18 tahun yang cenderung labil dan ceroboh dalam menyimpan barang.

Kalaupun ada anak yang sudah punya kartu kredit di usia 17 atau 18 tahun, dapat dipastikan kalau kartu kredit itu adalah milik orang tuanya. Jadi, kartu yang digunakan si anak adalah kartu tambahan. Sebelum digunakan untuk bertransaksi, si anak pun harus meminta persetujuan orang tuanya terlebih dahulu.

Baca Juga: Alasan Kuno Seseorang Ragu Gunakan Kartu Kredit, Ini Cara Mengatasinya

3. Sudah Punya Pekerjaan dan Pendapatan Tetap

kerja
Sudah punya pekerjaan dan pendapatan tetap

Tanggung jawab pengguna kartu kredit sangat besar. Selain bertanggung jawab menjaga kerahasiaan kartu, pengguna wajib membayar tagihan kartu kredit secara rutin. Jika tidak, maka ada sanksi yang harus ditanggung, baik berupa denda atau ancaman pemblokiran kartu kredit.

Itu sebabnya kenapa kartu kredit hanya ditujukan untuk orang-orang yang sudah bekerja. Karena pada dasarnya mereka sudah mempunyai penghasilan tetap untuk melunasi tagihan kartu kredit. Alhasil, pembayaran cicilan selalu lancar setiap bulannya.

4. Mempunyai Buku Tabungan Sendiri

tabungan bank
Mempunyai buku tabungan sendiri

Bagi yang belum punya kartu kredit, Anda wajib melampirkan fotokopi buku tabungan tiga bulan terakhir. Tujuannya untuk memastikan kondisi finansial yang sebenarnya. Apabila catatan transaksi di buku tabungan sehat, maka permohonan pembuatan kartu menjadi semakin mudah.

Nah, bagi yang sudah punya kartu kredit, Anda harus melampirkan fotokopi riwayat tagihan kartu kredit selama tiga bulan terakhir. Tujuannya pelampiran ini sama seperti buku tabungan, yaitu permohonan kartu kredit yang baru bisa mudah.

5. Cerdas dalam Mengelola Keuangan

atur uang
Cerdas dalam mengelola keuangan

Jangan coba-coba apply kartu kredit apabila riwayat keuangan Anda buruk. Hal ini sama saja dengan memasukkan diri sendiri ke lubang buaya, karena dengan memiliki kartu kredit hanya akan menambah masalah. Lebih baik pilih alternatif pembayaran lain yang tak kalah bagusnya dalam urusan fasilitas.

Apabila riwayat kredit macet, bukannya tidak mungkin jika penerbit akan menyita barang-barang berharga, seperti rumah atau mobil sebagai jaminan pelunasan. Jadi, lakukan pertimbangan dulu sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit.

Baca Juga: Keuangan Makin Hemat Pakai Kartu Kredit, Cermati Promo Kartu Kredit Terbaru 2019

Kartu Kredit Apa yang Dibutuhkan?

Kartu kredit terdiri dari berbagai jenis, ada kartu kredit jenis silver, gold, platinum, titanium, dan kartu jenis spesial. Setiap jenis kartu memiliki keistimewaan masing-masing. Sebelum apply kartu kredit, tentukan dulu kartu kredit jenis apa yang Anda butuhkan. Agar semakin mudah mengambil keputusan, berikut sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis kartu kredit:

1. Kartu Kredit Silver

Kartu kredit silver paling sering dijumpai karena jumlah pemiliknya sangat banyak. Limit kartu kredit jenis ini antara Rp 4 juta – Rp 7 juta dalam sebulan. Bagi Anda yang memiliki penghasilan pas-pasan, kartu kredit jenis ini sangat cocok untukmu.

2. Kartu Kredit Gold

Kartu kredit gold lebih eksklusif dibandingkan yang berjenis silver. Untuk limitnya sendiri berkisar Rp 10 – Rp 40 juta dalam sebulan. Jumlah limit yang lumayan besar membuatmu lebih bebas saat berbelanja. Tapi, kartu ini bisa dimiliki jika punya penghasilan antara Rp 5 – 10 juta per bulan.

3. Kartu Kredit Platinum

Naik ke level yang lebih tinggi, ada kartu kredit jenis platinum yang bisa dimiliki kalau Anda punya penghasilan di atas Rp 25 juta dalam sebulan. Mengingat jumlah penghasilan besar, maka limit kartu kreditnya juga besar yaitu mencapai Rp 1 miliar. Fantastis, bukan?

4. Kartu Kredit Titanium

Mau punya kartu kredit titanium? Anda harus menjadi orang hebat dulu, ya! Sebab, kartu ini diperuntukan bagi yang berprofesi sebagai akuntan atau pengusaha. Selain profesi, pihak perbankan juga akan memperhatikan jumlah kekayaanmu. Jika mencukupi, maka proses pembuatan kartu kredit menjadi lebih mudah.

5. Kartu Kredit Spesial

Di atas langit masih ada langit. Itulah kalimat yang tepat untuk kartu jenis ini. Yup, kartu ini hanya ditujukan bagi kalangan tertentu karena jumlah penerbitannya juga terbatas. Seseorang yang berprofesi sebagai penulis atau artis terkenal biasanya memilih kartu kredit spesial ini untuk memudahkan setiap transaksi.

Bijak Saat Memilih Kartu Kredit

Produk dan keuntungan yang ditawarkan kartu kredit berbeda-beda, tergantung jenis dan kebijakan masing-masing pihak penerbit. Pilihlah kartu kredit secara bijak yaitu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan agar Anda bisa menikmati manfaat kartu kredit secara maksimal.

Baca Juga: Tips Berhasil Membuat Kartu Kredit Pertama Bagi Milenial