Milenial Wajib Tahu Keuntungan Punya Dompet Digital dengan Sistem QR Payment

Setelah e-money dan kartu kredit, sistem pembayaran baru yaitu QR Payment sekarang sudah menjadi salah satu pilihan banyak orang-orang saat ini. QR payment adalah sistem pembayaran yang menggunakan sebuah barcode atau QR (Quick Response) Code yang akan discan setiap akan melakukan transaksi pembayaran.

Kepopuleran QR Code ini memuncak ketika salah satu startup aplikasi kendaraan online melakukan diskon besar-besaran untuk setiap pembelian menggunakan fasilitas dompet digitalnya pada setiap merchant yang telah bekerja sama. Keberadaan QR Payment ini pun bisa dikatakan lebih efisien, praktis dan juga sama amannya dengan kartu kredit.

Dari banyaknya aplikasi dompet digital dengan sistem QR payment di Indonesia. Ini dia beberapa nama aplikasi yang sedang populer dan banyak digunakan saat ini:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Go-Pay

Logo Go-Pay
Logo Go-Pay via gudrillogo.com

Ini dia, fasilitas pembayaran online yang terpopuler diantara yang paling populer saat ini. Awalnya saldo di Go-Pay hanya bisa digunakan untuk membayar pemesanan Go-Ride dan Go-Food. Tapi setelah memiliki sistem QR Code, saldo Go-Pay sekarang bisa digunakan sebagai pembayaran langsung untuk setiap merchant yang telah bekerja sama dengan Go-Jek.

Walaupun bukan yang pertama, Go-Pay bisa dikatakan yang membuat sistem pembayaran ini semakin dikenal secara luas oleh orang-orang. Dengan berbagai diskon dan promo yang gencar dilakukan Go-Jek, membuat Go-Pay menjadi alat pembayaran baru yang paling banyak diincar manfaatnya dan keuntungannya saat ini.

2. Tcash

Logo Tcash
Logo Tcash via localhackers.com

Tcash bisa dikatakan yang paling awal menerapkan sistem pembayaran QR Code. Terobosan yang dilakukan oleh salah satu provider telpon selular di Indonesia ini bahkan sering memberikan banyak diskon menarik di beberapa merchant jika membayar menggunakan Tcash.

Memang tidak seperti QR Payment yang sekarang banyak digunakan dengan menunjukan gambar barcode dan baru meng-scannya. Tcash menggunakan chip yang ditanamkan pada sticker nfc (near field communication) yang biasa di tempelkan pada hp.

Sebenarnya penggunaan QR Payment pada Tcash lebih mudah daripada jenis dompet digital yang lain dan tidak perlu download aplikasi ataupun koneksi internet. Namun Tcash hanya bisa digunakan oleh para pemilik nomor dari provider Telkomsel saja.

Baca Juga: QR Payment, Cara Bayar Kekinian ‘Newbie’ di Indonesia

3. Sakuku

Logo Sakuku
Logo Sakuku via marketeers.com

Sakuku adalah salah satu e-wallet yang diluncurkan oleh bank BCA pada tahun 2016 yang awalnya menargetkan para nasabah usia muda yang sangat akrab dengan teknologi dan internet. Sakuku pun telah banyak digunakan, mengingat banyaknya nasabah bank ini. Kelebihan yang dimiliki Sakuku yang membedakan dia dari e-wallet lain adalah adalah kamu bisa tarik tunai di ATM BCA manapun tanpa perlu pakai kartu debit.

4. OVO

Logo OVO
Logo OVO via youtube.com

OVO adalah salah satu aplikasi dompet digital yang paling baru. OVO semakin menjadi populer karena bekerja sama dengan aplikasi kendaraan online Grab Indonesia sebagai sistem untuk pembayaran onlinenya.  Selain itu OVO juga sebelumnya telah memiliki kerjasama dengan banyak merchant baik itu online shop, tempat makan, apotek, salon kecantikan, tempat hiburan dan masih banyak lagi.

5. Dana.id

Logo Dana.id
Logo Dana.id via dribble.com

Baru benar-benar dikenal masyarakat beberapa bulan terakhir, Dana.id berhasil populer karena promosi buy 1 get 1 tiket nonton di XXI Cinema setiap hari Rabu. Sebelumnya Dana.id tidak memiliki aplikasi sendiri seperti OVO atau dompet digital lainnya.

Mengusung konsep open platform, Dana akan muncul secara otomatis di setiap merchant online sebagai pilihan metode pembayaran jadi para user tidak perlu mendownload aplikasi lagi secara terpisah. Tapi sekarang Dana.id akhirnya meluncurkan aplikasi onlinenya sendiri meskipun konsep open platformnya masih berjalan sampai sekarang.

Selain kelima e-wallet di atas ada beberapa aplikasi online lain yang cukup populer juga dikalangan masyarakat Indonesia seperti Uangku, Doku, FavePay dan Mandiri E-cash.

Baca Juga: 9 Pembayaran Unik dan Canggih di Dunia!

Keuntungan Memakai Dompet Digital sebagai Alat Pembayaran Utama

Dompet digital

1. Super Praktis dan Efisien

Sekarang banyak dari aplikasi online dompet digital yang tidak hanya sekedar buat bayar makan atau pesan ojek online. Tapi juga bisa untuk bayar tagihan listrik, air, internet bahkan sampai untuk membayar BPJS Kesehatan dan beli pulsa. Tidak ada lagi acara pergi ke ATM terdekat atau ke kantor agen pembayaran PLN hanya untuk bayar listrik karena semuanya bisa dilakukan dalam satu aplikasi e-wallet saja.

2. Lebih Aman

Hilang dompet artinya hilang juga SIM, KTP, ATM, kartu kredit dan pastinya UANG. Tapi jika handphone kamu yang hilang, saldo e-wallet kamu belum tentu ikut raib juga. Hampir seluruh aplikasi e-wallet dengan QR Payment ini selalu mengharuskan pemiliknya untuk mengetik PIN transaksi terlebih dahulu setiap akan melakukan pembayaran.

Jadi jika handphone kamu tiba-tiba hilang, kamu bisa langsung download lagi aplikasinya di hp yang lain untuk log out aplikasi pada hp lama. Atau kamu bisa mengdowloand aplikasi khusus untuk mengunci aplikasi dompet digital kamu.

3. Bertransaksi Bisa Dimana Saja Tanpa Uang Tunai Lagi

Disitu ada handphone maka disitu juga kamu bisa melakukan pembayaran hanya dengan sekali akses. Baik itu untuk bayar belanjaan online, beli tiket nonton, pesan makanan bahkan sampai bayar tagihan listrik atau air, yang penting handphone kamu ada akses ke internet maka semua kebutuhan transaksi pembayaran bisa dipenuhi di detik itu juga. Praktis banget kan?

4. Top Up Saldo Bisa Dimana Saja

Selain isi saldo dari mobile banking atau ATM. Kebanyakan e-wallet juga bisa top up saldo di gerai-gerai offline seperti Alfamart, Indomaret, Hypermart dan masih banyak lagi. Ini membuktikan bahwa punya e-wallet tidak harus punya rekening bank dulu, dan semuanya bisa menggunakan aplikasi dompet digital asal mengerti aturan dan cara pakainya.

5. Banyak Promo dan Diskon Layaknya Kartu Kredit

Tidak hanya kartu kredit saja yang bisa memanjakan nasabahnya dengan berbagai reward dan diskon. Aplikasi e-wallet juga bisa memberikan hal yang sama untuk para penggunananya. Mulai dari point reward seperti OVO, cashback besar-besaran seperti Go-Pay, Buy 1 Get 1 tiket nonton seperti Dana. Belum lagi ada program diskon di hari gajian, promo khusus di merchant-merchat pilihan dan masih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat pengeluaran kamu.

Kelemahan QR Payment yang Harus Diingat

Setiap sistem pasti punya kelemahan, begitu juga dengan QR payment. Nah, agar kamu lebih nyaman dalam menggunakan sistem pembayaran baru ini, pelajari dan ketahui juga kelemahannya berikut ini:

1. Tidak Bisa Digunakan Jika Koneksi Internet Tidak Stabil

Kebanyakan QR payment yang digunakan saat ini adalah jenis QR Code pada smartphone yang membutuhkan koneksi internet untuk setiap transaksi pembayaran. Jika koneksi internet terganggu atau tidak terhubung sama sekali, tentu saja akan menjadi masalah buat kamu. Hal inilah yang membuat QR Payment jenis scan QR Code menjadi tidak efisien jika digunakan di tempat-tempat yang agak jauh dari perkotaan yang tidak kuat sinyal internetnya, atau ketika cuaca sedang buruk sehingga mengganggu kualitas jaringan.

2. Masih Banyak Merchant yang Belum Menggunakan Fasilitas Pembayaran dengan QR Payment

Belum semua orang mau menggunakan QR payment artinya belum semua tempat berjualan juga menyediakan fasilitas pembayaran ini. Sehingga mau tidak mau kamu harus tetap menyiapkan uang tunai atau kartu debit dan kredit di dompet. Kewajiban memiliki smartphone dan koneksi internet jika ingin menggunakan sistem QR Payment masih menjadi mindset untuk banyak orang, terutama dikalangan ibu rumah tangga dan orang-orang tua yang membuat QR payment ini belum bisa digunakan secara menyeluruh oleh berbagai toko.

Jadi Cashless Society yang Bijak dan Pintar

Kemudahan yang sekarang banyak teknologi pembayaran tawarkan terkandang bisa membuat kita terlena dan menjadi boros. Jadi cukup manfaatkan teknologi seperti e-wallet dan QR Payment untuk membuat kegiatan transaksi pembayaran menjadi lebih cepat dan keuangan menjadi lebih mudah diatur dan diawasi pengeluarannya.

Baca Juga: Keuntungan, Cara dan Syarat Jadi Lender di P2P Lending untuk Milenial